fbpx

Menulis Jurnal untuk Kesehatan Anak Selama Pandemi Corona #dirumahsaja

Menulis jurnal (journaling) adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan anak selama pandemi Corona dan tinggal #dirumahsaja.

Journaling dan Kesehatan Mental

Salah satu hal yang perlu diperhatikan orangtua dalam situasi #dirumahsaja karena pandemi Corona adalah menjaga kesehatan mental bersama, baik orangtua maupun anak.

Untuk itu aku dan mas Aar membuat jurnal untuk anak yang tidak hanya berfungsi sebagai alat mengisi kegiatan selama di rumah, tapi juga untuk mengembangkan kesehatan mentalnya.

Jurnal ini diperuntukkan bagi anak usia SD – SMP walau ternyata ketika dibagikan di newsletter via whatsapp RumahInspirasi beberapa waktu yang lalu ternyata banyak juga disukai oleh anak-anak usia dini. Ada yang digambar-gambar, ada yang menjadikan jurnal ini sebagai pemantik diskusi dengan anak dan kemudian membantu menuliskannya di buku jurnal.

Tidak ada benar salah dalam mengisi jurnal ini. Jadikan jurnal ini sebagai proses berlatih mengenali diri. Semakin jujur dan apa adanya semakin baik.

Di halaman awal, minta anak memilih teman menjurnal untuk menjadi pembimbing sekaligus menjadi orang yang dipercaya untuk menceritakan hal-hal yang dituliskannya. Teman menjurnal ini bisa ibu, bapak, kakak, om, tante atau orang lain yang ada di rumah yang dipercaya anak.

Play Video

Apa tugas teman menjurnal?

Tugasnya menjadi mentor yang memberikan rasa aman dan nyaman pada anak dengan mendengarkan anak dan mengajukan pertanyaan untuk menjelaskan materi jurnal dan memperdalam penjelasan pada anak.

Anda tidak perlu cemas tidak bisa menemani anak dalam proses menjurnal. Kami sudah memberikan petunjuk perhalaman tentang materi yang ada dalam jurnal ini.

Biarkan anak mengisinya dengan bahasanya sendiri dalam kapasitasnya. Ini contoh jurnal yang diisi anak kami yang ketiga (Duta – 11th). Isinya lucu-lucu apalagi di bagian kegiatan baru yang dilakukan selama di rumah saja, Duta mengisinya dengan “seperti biasa sih, hehe” karena mungkin baginya kegiatannya tidak banyak berubah kecuali tidak bisa keluar buat ke klub Basket & nonton ke bioskop.

Tips mengisi jurnal

  • Jurnal ini berukuran A5. Anda bisa mencetak (print) langsung di kertas A5 (A4 dibagi 2), atau memakai blank loose leaf ukuran A5 atau memakai kertas A4 yang diprint dengan setting booklet lalu dijahit seperti ini.
Play Video
Jurnal ini sebelumnya adalah materi eksklusif peserta Newsletter via Whatsapp RumahInspirasi. Newsletter ini berisi artikel inspiratif seputar parenting & homeschooling yang dikirim melalui pesan WhatsApp. 
 
Newsletter ini gratis, bisa Anda ikuti dengan mendaftar dalam form berikut ini.

Selamat menjurnal. Semoga kita semua diberikan kekuatan, kesehatan & kelapangan melewati masa-masa sulit ini.

Salam sayang
Aar & Lala

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.