speedtest

Kecepatan Internet Dunia

Bagaimana kecepatan Internet dunia saat ini? Bagaimana posisi rata-rata kecepatan Internet di Indonesia dibandingkan negara lain?

Menurut data Akamai yang dikutip situs Pingdom.com, kecepatan rata-rata Internet dunia saat ini adalah 1.8Mbit/s. Sementara itu, kecepatan rata-rata Internet di Indonesia hanyalah 0.63 Mbit/s.

Prestasi ini menempatkan kecepatan rata-rata Internet di Indonesia di nomor 47 dari 50 negara. Posisinya sedikit di atas Nigeria dan Iran yang berada di bawahnya. Posisi terbaik dipegang oleh Korea Selatan yang menduduki nomor 1 di dunia dengan kecepatan 16.63 Mbit/s, jauh meninggalkan negara-negara lain.

Rata-rata kecepatan Internet di dunia

Yang menarik, dari 50 negara ini ada 3 negara Asia yang menduduki tempat tertinggi, yaitu Korea Selatan, Hongkong, dan Jepang. Kecepatan rata-rata Internet mereka berada di atas Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara Eropa.

**

Berdasarkan distribusinya, yang membuat kecepatan rata-rata Internet di Indonesia masih rendah karena masih banyak yang dial-up ataupun “broadband” yang seadanya alias tidak benar-benar broadband. Masih menurut data Akamai ini, di Indonesia belum ada Internet berkecepatan di atas 5 Mbit/s. Bandingkan dengan Korea Selatan yang justru kebalikannya: sekitar 75% diantaranya berkecepatan lebih dari 5 Mbit/s dan mereka tak memiliki jaringan Internet yang kecepatannya di bawah 256 kbit/s.

Distribusi Kecepatan Internet di tiap negara

Tulisan menarik lainnya

WEBINAR
MENIMBANG & MEMULAI HOMESCHOOLING

Apakah Anda sedang menimbang Homeschooling?
Apakah Anda baru memulai Homeschooling?

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.