Internet by Engadget

5 Pertanyaan untuk generasi online

Internet by Engadget

Ketika anak sudah semakin besar dan semakin melek teknologi, rentang jarak antara orangtua dan anak semakin lebar. Orangtua tak bisa hanya diam berpasrah diri, tapi perlu belajar tentang apa yang sedang mereka tekuni. Setidaknya, orangtua perlu mengetahui apa yang sedang mereka sukai dan lakukan.

Berikut itu panduan dari Internet Sehat mengenai tips mengajukan 5 pertanyaan awal yang bisa dipakai orangtua untuk “mengorek” informasi mengenai kegiatan online yang dilakukan anak-anak.

1. Apa yang teman-temanmu lakukan ketika berinternet?
Pertanyaan ini untuk menghindarkan kecurigaan anak-anak bahwa Anda akan menginterogasi mereka. Percakapan ini untuk menetralkan pembicaraan dan membuatnya sebagai pembicaraan biasa. Untuk pertanyaan ini, biasanya Anda akan mendenagr jawaban: untuk main game, chatting, dan Facebook-an.

2. Situs apa yang baru dan yang sedang ngetren?
Tanyakan kepada anak Anda mengapa memilih situs tersebut. Anda juga bisa menanyakan situs apa yang sudah tidak populer lagi dan mengapa.

3. Apa saja situs favoritmu?
Nah, di sini Anda sudah mulai masuk ke dunia online anak. Mulai dari pertanyaan yang biasa dan tidak menggurui. Biarkan anak-anak bercerita, namun jangan lupa tanyakan mengapa dia memilih situs tersebut.

4. Apakah pernah menemukan kejahatan di Internet?
Anak mungkin tidak mengerti artinya, namun setidaknya mereka tahu contoh-contoh kejahatan yang mungkin terjadi dari Anda. Ceritakan tentang berita kejahatan Internet yang Anda ketahui, seperti virus, pencurian data pribadi, akun palsu di facebook, penipuan uang, penculikan setelah janjian pertemuan di Internet, gambar/foto tidak senonoh, kata-kata kasar (bullying), dan sebagainya.

Tanyakan kepada anak Anda apakah mereka mengetahuinya dan membacanya. Intinya adalah memastikan agar anak mengerti apa jenis dan dampak kejahatan di Internet. Hal ini ampuh untuk membuat mereka mengetahui dan waspada terhadap kejahatan yang mungkin mereka alami.

5. Apakah pernah melihat/mengalami hal yang membuat tidak nyaman ketika sedang online?
Ini adalah tahap diskusi dengan anak lebih mendalam tentang kejahatan Internet. Anda bisa membahaskan tentang perilaku buruk di Internet, semisal pornografi, penghinaan rasis. Bangunlah kepercayaan mereka kepada Anda sehingga jika sesuatu terjadi di Internet, mereka bisa sharing ke Anda dan tidak merasa segan.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.