pentas yamaha

Pentas Hasil Kursus Gitar

Kemarin (Minggu, 18/9) adalah pertama kalinya Yudhis melakukan penampilan gitar di atas panggung bersama teman-teman sekelasnya dalam acara konser para murid Yahama Musik. Acaranya berlangsung di Amadeus Hall Premier Music, Jl. Rajawali 1, Cipinang Indah 2, Jakarta Timur.

Kegiatan pentas ensemble gitar ini merupakan bagian penutup dari periode kursus gitar yang diikuti Yudhis. Bersama dengan Yudhis, ada pementas-pementas lain yaitu para siswa untuk beragam kursus di Yahama, mulai kursus vokal, electone, piano, flute, drum, saxophone, dan lainnya.

Setelah pementasan ini, anak-anak akan naik ke level berikutnya.

***

Kegiatan kursus gitar di Yamaha Musik yang diikuti Yudhis ini merupakan bagian dari program homeschooling kami untuknya. Banyak hal yang menjadi harapan kami dari kegiatan ini. Selain untuk sosialiasi, kegiatan kursus ini memberikan benih dan pijakan yang lebih kuat untuk keterampilan bermain gitarnya. Juga, latihan mental melalui pentas-pentas musik yang biasa diselenggarakan.

Kebetulan, Premier Music yang menyelenggarkan kursus musik Yamaha di Jakarta Timur ini baru dibuka sekitar 6 bulan yang lalu. Karena letaknya berada di kompleks perumahan yang ada di sebelah tempat tinggal kami, mudah bagi kami untuk menjangkaunya.

***

Bagi teman-teman yang ingin mengkursuskan anaknya musik, ini ada beberapa informasi mengenai les/kursus musik Yamaha (yang semoga bermanfaat).

  • Les/kursus musik biasanya terbagi kelas/privat
  • Belajar dilakukan 1 minggu sekali @1 jam untuk kelas dan @1/2 jam untuk privat
  • Jumlah siswa di setiap kelas beragam, biasanya maksimal 10 siswa
  • Biaya beragam tergantung jenis les/kursusnya; range-nya sekitar Rp. 250 ribu/bulan untuk kelas dan Rp. 350 ribu/bulan untuk privat.
  • Pendaftaran kelas bulan Februari & Agustus

Ada beberapa jenis kursus musik yang diselenggarakan di Yamaha Music School:

a. Music Wonderland (usia 3 tahun)
Music Wonderland merupakan pengalaman pertama anak berkenalan dengan keyboard. Mereka akan belajar mencintai musik dengan mendengarkan, bernyanyi, merasakan irama, dan bermain dengan keyboard. Setelah tahap ini, anak akan masuk ke Junior Music Course (JMC)
Masa belajar: 1 tahun (40 pertemuan, 1x seminggu @50 menit), belajar kelompok dengan partisipasi orangtua/pendamping.

b. Junior Music Course (JMC)
Program ini untuk anak usia 4-5 tahun. Anak belajar musik melalui mendengar (hearing), bernyanyi (singing), bermain (playing) dan membaca (reading).
Masa belajar: 2 tahun (40 pertemuan, 1x seminggu @60 menit), belajar kelompok dengan partisipasi orangtua/pendamping.

c. Junior Step Fundamental Course (JSFC)
Program belajar musik untuk anak usia 6-8 tahun. Kursus ini untuk mengembangkan kemampuan dasar memainkan tuts sambil memperkenalkan kesenangan bermain musik. Kursus ini mengarahkan anak untuk ke level yang lebih tinggi (kursus Piano Junior atau Electone Junior).
Masa belajar: 1 tahun (40 pertemuan, 1x seminggu @60 menit), belajar kelompok dengan partisipasi orangtua/pendamping.

d. Kursus Piano dan Junior Piano
Kursus piano Yamaha menggunakan buku “Pianoforte”. Textbook Pianoforte terdiri 12 buku. Waktu standar untuk menyelesaikan satu buku adalah 6 bulan, namun juga tergantung kemampuan dan ketekunan murid. Ke-12 buku itu dibagi menjadi 8 grade, yaitu grade 13 hingga grade 6. Usia anak mulai 6 tahun hingga dewasa.

e. Kursus Electone dan Junior Electone
Yamaha Electone Study Course menggunakan 8 buku. Volume 1-4 untuk mengenal pengetahuan dasar mengenai cara bermain electone. Volume 5-6 mengajari siswa membuat aransemen. Volume 7 pelajaran tentang Fake dan Ad-lib. Volume 8 summary seluruh materi level sebelumnya.
Masa belajar: 5 tahun

f. Junior Guitar Course
Perkenalan dengan ketukan nada-nada tunggal dan akord; permainan solo, duet, trio dan/atau ensemble gitar. Gitar yang digunakan Yamaha tipe CS-40 yang ukurannya 3/4 ukuran standar.
Materi pelajaran menggunakan textbook Junior Guitar Course step 1 & 2
Usia: 6-11 tahun, masa belajar 3-4 tahun.

g. Yamaha Guitar Course
Menggunakan gitar senar nilon dengan teknik petikan jari secara klasik, kocokan (strumming). Musik yang dimainkan selain klasik adalah pop, country, bossanova dan flamenco (lanjutan).
Materi pelajaran menggunakan 5 buku: textbook Fundamental, 1A, 1B, 2A, 2B
Usia: 12 tahun ke atas, masa belajar 3-4 tahun.

h. Violin dan Junior Violin
Sistem belajar violin di Yamaha menggunakan Minus One Disk sebagai background musik yang membuat bermain violin menjadi lebih menyenangkan dan membuat sense of rhythm lebih mudah dicapai.
Usia untuk kursus Junior Violin: 6 tahun ke atas, untuk kursus Violin: 12 tahun ke atas.
Masa belajar 3-4 tahun.

i. Kursus Vokal
Kursus vokal termasuk dalam seri Yamaha Popular Music Course. Materi pelajaran: textbook, minus one system disk, repertoire, singing position, breath control, vocal producation, mic control.
Masa belajar 3-4 tahun.

j. Kursus Flute
Kursus flute termasuk dalam seri Yamaha Popular Music Course. Materi pelajaran: textbook volume 1-3, minus one system disk, repertoire.
Masa belajar: 3 – 4 tahun.

k.Kursus Keyboard
Keyboard course termasuk dalam seri Yamaha Popular Music Course untuk belajar musik dengan santai dan cepat. Isinya: belajar bermain keyboards, menggunakan PSR, bermain repertoire keyboard dilengkapi chord.
Materi pelajaran: New Keyboard Course 1, 2, 3; minus one system disk, repertoire
Masa Belajar: 3-4 tahun

l. Kursus Piano Pop
Pop Piano Course termasuk dalam seri Yamaha Popular Music Course untuk belajar musik dengan santai dan cepat. Isinya mengembangkan kemampuan siswa menjadi pemain profesional dan tampil di muka umum sebagai pemain solo piano, pengiring penyanyi/musik, pemain band.
Materi pelajaran: Textboook vol. 1, 2, 3; minus one system disk, repertoire
Masa Belajar: 3-4 tahun

m. Kursus Gitar Akustik
Acoustic Guitar Course termasuk dalam seri Yamaha Popular Music Course untuk belajar musik dengan santai dan cepat. Isinya: belajar style, chord, menggunakan jari dan pic, teknik bernyanyi sambil bermain gitar.
Fasilitas: Yamaha Folk Guitar APX 500, textbook, XG data minus one with PSR, song lyric and diagram chord, shure mic.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.