Aku Cinta Indonesia

Hari #16 Tantangan Klub Oase

Hari #16 Tantangan Klub Oase

Hari ini menjadi pengalaman pertama Yudhis, Abby & Tata mengibarkan bendera. Mereka belajar mengikat tali bendera serta kerja tim di pagi hari.

Sore hari kembali mereka berlatih menurunkan bendera. Besok akan coba lagi supaya semakin lancar.

Menghargai Bendera
Menghargai Pusaka
Menghargai Indonesia

Belajar mengibarkan dan menurunkan Bendera

Hari ini Abby mengumpulkan 10 pahlawan yang menurutnya “menarik” untuk dikenal lebih dekat, Tata menggambar apa-apa yang menurutnya menjadi ‘lambang’ bangsa ini. Sementara Yudhis membuat ikon “I Love Indonesia”

***

Sepenggal percakapan tadi pagi,
“Apa yang membuat kalian mencintai Indonesia?” tanya bapak Aar,
“Soalnya aku hidup dan tinggal di Indonesia” jawab Tata.
“Karena warna benderanya kesukaannya aku dan mama. Aku merah, mama putih” jawab Abby.
“Karena aku lahir di Indonesia” jawab Yudhis.

Percakapan pun mengalir dengan tanya-jawab di antara kami semua. Dari mulai kenapa ada bangsa yang menjajah bangsa lain sampai apakah Indonesia sekarang ini sudah merdeka.

“Kalau gitu, para koruptor dan kawan-kawan itu penjajah dong” celetuk salah satu dari mereka yang diiringi derai tawa. Duuuh, anak-anak aja ngerti…

Walau sederhana, semoga percakapan ini cukup membekas di hati nurani mereka, sehingga mereka tidak akan menjadi koruptor ketika mereka dewasa nanti.

Aku Cinta Indonesia

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.