2017-01-12 Duta Belajar Learning Skills

Duta Belajar Learning Skills

Salah satu keterampilan belajar yang kami siapkan untuk anak-anak adalah kemampuan belajar mandiri (learning skills). Diantara prosesnya adalah anak-anak terampil belajar dengan menggunakan tutorial yang ada di Internet.

Saat ini, kami sedang membimbing Duta (8 tahun) untuk melakukan proses ini. Caranya adalah dengan belajar menggunakan tutorial.

Yudhis dulu memulai dengan belajar tutorial Photoshop, Tata belajar tutorial menggambar, craft & memasak.

Saat ini kami memilih tutorial Sketchup sebagai awal proses pembelajaran Duta. Tutorial Sketchup yang kami pilih adalah dari Channel Youtube Sangguru.

Duta-Sketchup
Proses ini masih awal dan Duta masih terbata-bata memulai proses belajarnya. Proses ini akan berlangsung setahap demi setahap, selama bertahun-tahun.

Tapi kami bahagia karena prosesnya ini sudah dimulai.

Share this post

2 thoughts on “Duta Belajar Learning Skills”

  1. Keren banget 8 th sudah belajar Sketchup .. mau tanya mas Aar bagaimana agar menumbuhkan minat anak. Misal mau ajak anak belajar sketcup ini, dicoba trus bosan..

    1. @Reni: berangkat dari hal yang diminati anak, kemudian dicari bentuk produktif apa yang bisa dilakukan. Awalnya anak selalu diberi contoh dan didampingi, tidak bisa dilepas. Kalau bosan, berarti anak belum bisa melihat daya tarik kegiatan itu. Nah, salah satu tugas orangtua adalah menghadirkan daya tarik kegiatan tersebut

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.