memulai-homeschooling-homeschooling-legal-di-indonesia

13 Homeschooling Legal di Indonesia

 

Sekarang mari kita bahaskan sedikit tentang sisi legalitas homeschooling di dalam sistem hukum di Indoensia.

Apakah homeschooling di Indonesia diperbolehkan? Bagaimana aturan hukum homeschooling (sekolahrumah)?

Jawabannya: homeschooling di Indonesia legal

Ada aturan hukum yang memayungi homeschooling di Indonesia.

Payung hukum homeschooling ada 2, yaitu: UU Sistem Pendidikan Nasional dan Permendikbud SekolahRumah.

UU Sistem Pendidikan Nasional

Dalam UU no 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dikenal 3 jalur pendidikan, yaitu: formal, nonformal, dan informal. Jalur pendidikan formal adalah sekolah, jalur nonformal adalah lembaga pendidikan non-sekolah seperti kursus, PKBM, Bimbel, dll; jalur pendidikan informal adalah pendidikan mandiri oleh keluarga dan masyarakat.

Homeschooling (sekolahrumah) masuk dalam jalur pendidikan informal. Jalur pendidikan informal diatur dalam pasal 27 mengenai Pendidikan Informal, yang bunyinya “Pendidikan informal yang dilakukan oleh keluarga dan lingkungan berbentuk kegiatan belajar secara mandiri.”

Menurut pasal tersebut, hasil pendidikan anak di jalur informal bisa disetarakan dengan jalur pendidikan formal (sekolah) melalui ujian kesetaraan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Payung hukum ke-2 adalah Permendikbud no 129/2014 tentang SekolahRumah. Peraturan ini membahas secara khusus tentang sekolahrumah. Jadi, istilah sekolahrumah sudah ada dan dikenal oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

(Baca: Permendikbud tentang SekolahRumah)

Walaupun peraturan ini belum ideal dan membutuhkan perbaikan, peraturan ini sudah menegaskan eksistensi sekolahrumah (homeschooling).

(bersambung)

Salam,
Aar+Lala

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.