Survey-Eksplorasi2

Bagaimana keseharian anak homeschooling?

Homeschooling itu kegiatannya ngapain saja sih? Kalau anak-anak tidak pergi ke sekolah sejak pukul 7-12, apa saja yang mereka lakukan?

Tidak ada jawaban sederhana untuk pertanyaan itu. Berbeda dengan sistem sekolah yang terstandardisasi dengan ketat, homeschooling memiliki model yang sangat beragam, mulai yang sangat terstruktur serupa sekolah (school-at-home) hingga yang sangat tidak terstruktur (unschooling). Dalam prakteknya, setiap keluarga homeschooling memilih dan menjalani model yang berbeda-beda sesuai visi pendidikan keluarga dan kebutuhan anak-anaknya.

Nah, keluarga kami menjalani homeschooling dengan model yang tidak terlalu terstruktur, sangat dekat dengan unschooling. Kegiatan anak-anak sebagian besar tak berbasis buku pelajaran (textbook), tetapi berbasis kegiatan di dunia nyata (project-based learning).

(c) Photo by Nina Pierre

Seperti contoh kegiatan yang sedang dilakukan Yudhis (16 tahun) & Tata (13 tahun). Mereka sedang mempersiapkan kegiatan OASEksplorasi 2017, sebuah kegiatan ekspedisi ke pulau untuk melakukan riset tentang sebuah hal tertentu.

Dalam kegiatan ini, anak-anak menjadi panitia untuk teman-temannya sekaligus menjadi peserta. Sebagai panitia, mereka belajar merancang dan mengorganisir kegiatan. Sebagai peserta, mereka belajar merancang output yang mereka hasilkan selama eksplorasi. Ada yang memilih output berupa peta hijau, video dokumentasi, buku ilustrasi, dan sebagainya.

Selama kegiatan ini, ada sejumlah mentor yang menjadi partner belajar mereka, baik dalam hal berorganisasi maupun dalam hal menghasilkan output. Para mentor dan narasumber OASEksplorasi ini sebagian besar adalah para orangtua yang berdedikasi dan bekerja keras bersama-sama untuk mendukung proses belajar anak-anak mereka.

Dokumentasi kegiatan OASEksplorasi yang dapat dilihat di: http://kluboase.com/oaseksplorasi-2017/

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.