Mengisi huruf

Ketrampilan mencari informasi

Salah satu ketrampilan yang berusaha kami ajarkan kepada anak-anak adalah kemandirian mencari informasi. Itulah bagian dari pokok pembelajaran homeschooling kami. Buat kami, tujuan besar pendidikan dalam homeschooling adalah menyiapkan anak menjadi pembelajar mandiri. Oleh karena itu, berbeda dengan sekolah yang sangat mengutamakan penguasaan content (mata pelajaran), fokus kami lebih pada penguasaan learning skills.

Mengisi hurufKetrampilan mencari informasi di kamus/ensiklopedia adalah hal yang kami ajarkan kepada anak. Proses yang kami lakukan mengenalkan urutan huruf melalui berbagai latihan dan permainan.

Kebetulan, aku sedang diminta Mami Ria untuk membantu proses belajar beberapa anak dengan permainan. Jadilah aku dan Lala kemudian menyiapkan materi berupa lembar kerja (worksheet) untuk anak-anak.

Ada beberapa tahapan proses/permainan belajar yang kami rencanakan:
1. mencari huruf yang hilang
2. mengurutkan huruf
3. korelasi huruf dan angka
4. membandingkan huruf
5. sandi angka/huruf
6. mencari kata di kamus
7. lomba mencari kata

Ada cukup banyak lembar kerja yang kami siapkan. Usai mengajar kemarin, kami mendapat feedback untuk menyempurnakan lembar kerja itu.

Berikut ini sampel lembar kerja (worksheet) mencari huruf yang hilang (free download). Lembar kerja selanjutnya menyusul. Mudah-mudahan bisa segera dibuat, diujicoba dan dimuat di situs ini.

Mencari Huruf yang Hilang

Tulisan menarik lainnya

Share this post

4 thoughts on “Ketrampilan mencari informasi”

  1. Hebat.. keren bgt.. saya izin ya Pak/Bu, ambil gambar diatas..

    Trima kasih banyak..

    Salam untuk Yudis, Tata & Duta 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.