p_1581_1211_D0A6BA3A-EA6D-470C-A5FD-EA4449A32FE3.jpeg

Paper Craft Rumah Batak Toba

Bagi teman-teman yang suka membuat kriya kertas (papercraft), ada papercraft tentang Rumah Batak Toba yang bisa didownload gratis. Papercraft ini adalah produk kedua hasil kerjasama antara Rumah Inspirasi dan Paper-Replika tentang ikon-ikon Indonesia. Sebelumnya, ada papercraft Jam Gadang – Padang.

Rumah adat Batak Toba disebut juga Rumah Bolon. Rumah ini besar, bisa dihuni oleh 5 hingga 6 keluarga.

Bentuk atapnya khas, melengkung mirip rumah gadang, rumah Batak Toba tampil cantik dengan berbagai ornamen yang memenuhi sekujur rumah itu. Rumah Batak Toba berdiri di atas tiang-tiang yang tinggi, terkadang hingga 1.75 meter di atas tanah. Untuk memasuki rumah, orang harus naik tangga yang berada di bagian depan tengah rumah itu. Sementara bagian bawahnya digunakan sebagai kandang ternak.

**

Aku kemarin mencoba membuat papercraft ini bersama anak-anak, sambil mengisi waktu karena listrik PLN mati. Ini pertama kalinya aku bikin. Biasanya Lala yang menemani Yudhis membuat papercraft.

Awalnya aku bikin papercraft bersama Tata (5.5), tapi dia ternyata masih kesulitan untuk memotong dengan rapi. Padahal, materinya kecil-kecil sehingga kalau guntingannya tak rapi sedikit saja akan kelihatan. Kemudian Yudhis bergabung. Dia membuat bagian bawahnya, sementara aku membuat atapnya.

Karena kepanasan, Yudhis tak mampu bertahan lama. Dia berhasil menyelesaikan bagian bawah, tapi tak terlalu rapi karena buru-buru pengin selesai. Sementara bagian atap yang kukerjakan ternyata tak semudah yang kuperkirakan. Ada bagian-bagian yang terlalu kecil sehingga sulit dilipat dan ditempel. Dibutuhkan ketekunan ekstra untuk melakukannya dan kali ini aku belum berhasil, he..he.. Jadinya aku lewati bagian ornamen kecil-kecil yang sebenarnya bagus itu.

Overall, papercraft rumah Batak Toba ini keren. Terima kasih mas Julius.

Lain waktu, mudah-mudahan mas Julius bisa membuat materi yang komponennya agak besar dan tak terlalu rumit. Supaya pemula papercraft seperti aku bisa mengerjakan. Juga, supaya anak-anak tetap semangat bikin papercraft dan tidak berhenti di tengah jalan karena kesulitan.

Download: Papercraft Rumah Batak Toba
Download: Papercraft Jam Gadang Padang

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Paper Craft Rumah Batak Toba”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.