World Education Games

World Education Games

World Education Games

Beberapa hari yang lalu, Yudhis dan Tata mengikuti World Education Games. World Education Games adalah kompetisi online tahunan untuk anak-anak usia 4-18 tahun. Tahun 2012 ini, ada 3 hal yang diperlombakan, yaitu Spelling Competition, Math Competition, dan Science Competition. Kompetisi dilaksanakan tanggal 6-8 Maret 2012 dan didukung oleh UNICEF, yang menjadi Official Worldwide Partner.

Peserta kompetisi ini dikelompokkan berdasarkan rentang usia. Ada 4 kelompok usia, yaitu: 4-7, 8-10, 11-14, dan 14-18. Kompetisi dilaksanakan selama 3 hari, hari pertama Spelling Competition, hari ke-2 adalah Math Competition, dan hari ke-3 adalah Science Competition.

***

Senang melihat Yudhis dan Tata menikmati proses kompetisi ini. Walaupun kami tak memberikan target tertentu, ternyata mereka sangat bersemangat mengikuti perlombaan online ini. Sayangnya, proses kompetisi yang dijalani anak-anak tidak berjalan mulus. Mereka berhasil menyelelesaikan kompetisi hari pertama (spelling) dan kedua (math), tetapi gagal mengikuti hari ketiga karena koneksi Internet memburuk sehingga situsnya susah diakses.

Dari sisi hasil, ternyata lumayan juga. Nilai spelling Tata adalah 1.694. Tidak masuk 100 besar, tetapi jaraknya tak terlalu jauh dari peserta lainnya. Sementara itu, nilai spelling Yudhis adalah 872.

World Spelling Day

Nah, kalau ini adalah hasil kompetisi matematika. Hasilnya relatif jauh dibandingkan nilai yang diraih 100 besar. Nilai Tata:  871, sementara Yudhis: 1011.

World Math Day

***

Kompetisi ini menarik. Peserta tahun ini adalah 1.57 juta dari berbagai negara.

Bagi kami, kompetisi ini menjadi proses pembelajaran yang menyenangkan. Selain proses kompetisi itu sendiri yang merupakan bagian dari pembelajaran mental untuk anak-anak, hasil nilai yang mereka peroleh setidaknya dapat menjadi feedback dan alat evaluasi bagi kami. Salah satu yang kami dapatkan, kami perlu memperkuat kemampuan anak untuk menghitung lebih cepat pada proses aritmatika (tambah, kurang, kali, bagi).

Mudah-mudahan tahun depan kompetisi ini ada lagi.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

4 thoughts on “World Education Games”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.