Tantangan-Parenting2

Tantangan “Merancang Kegiatan Parenting 2018”

Dalam rangka mengakhiri 2017 dan mengawali 2018, Rumah Inspirasi mengadakan kegiatan online berupa tantangan “Merancang Kegiatan Parenting 2018“.

Bersikap Reflektif dan Berencana

Tujuan tantangan ini adalah:

  • meningkatkan kesadaran bagi orangtua untuk bersikap atentif (penuh perhatian) dalam menjalani proses parenting bersama anak-anak. Proses atentif dilakukan dengan kesediaan dan kesadaran untuk melakukan refleksi dan perencanaan.
  • meningkatkan keterampilan melakukan refleksi & perencanaan. Keterampilan evaluasi/refleksi dan perencanaan bukan hanya dilakukan dalam konteks perusahaan, tapi sangat bisa dan bermanfaat dilakukan dalam konteks keluarga.
  • meningkatkan keterampilan orangtua mengelola lintasan gagasan. Gagasan bukan hanya mengawang-awang dan melintas di pikiran, tetapi dituliskan agar menjadi jelas dan supaya menjadi material/nyata.
  • meningkatkan keterampilan pendampingan remaja dalam proses perkembangannya.

Bentuk kegiatan

Rumah Inspirasi akan melakukan serangkaian kegiatan dalam rangka tantangan “Merancang Kegiatan Parenting 2018”, yaitu:

  • Facebook Live di page Rumah Inspirasi pada Selasa, 26 Desember 2017 pukul 20.00-21.00 WIB
  • Mentoring & sharing di Facebook Group tanggal 26-30 Desember 2017
  • Mentoring & sharing di Telegram Group tanggal 26-30 Desember 2017
  • Disediakan 2 ebook (gratis) berupa buku kerja (workbook) sebagai alat membantu peserta. Workbook bisa diunduh di Facebook Group atau Telegram Book (gunakan tagar #workbookmerancang2018. Workbook bisa diisi secara langsung secara digital menggunakan Adobe Reader atau di-print kemudian diisi menggunakan alat tulis.

 

Rencana aksi dan Follow Up

Peserta dipersilakan mengunduh, mengisi dan memanfaatkan workbook dan panduan yang sudah kami sediakan.

Bagi Anda yang sudah selesai mengisi workbook, kami ucapkan selamat atas proses dan konsistensi Anda. Mohon berkenan mengisi komentar di bawah ini mengenai pengalaman Anda menggunakan workbook yang akan kami gunakan sebagai bahan evaluasi.

 

UPDATE:

Bagi teman-teman yang meninggalkan pesan sebelum tanggal 9 Januari, workbook lengkap sudah kami kirim ke email masing-masing. Semoga tahun ini menjadi tahun yang produktif & penuh berkah bagi kita semua.

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

69 thoughts on “Tantangan “Merancang Kegiatan Parenting 2018””

  1. Lius Jaya Saputra

    Sy senang bergabung dg Rumah Inspirasi krn sy bs belajar byk ttg Homeschooling. Sy berharap Rumah Inspirasi terus menjadi Inspirasi untuk keluarga kami n keluarga2 di indonesia yg ingin melakukan homeschooling.

  2. Sangat membantu saya dan suami yang sedang mulai merencanakan pendidikan bagi anak kami yang baru memasuki pendidikan usia dini. Mau ya mba work book nya.

    1. Terima kasih mbak Amatul Afiah, ditunggu sharingnya di grup telegram ataupun FB, supaya kita bisa saling menguatkan. Aku catat ya emailnya yaa, kami akan kirimkan workbook lengkapnya di awal 2018 πŸ™‚

      1. Iya mba Lala senang bisa kenalan… sangat menginspirasi…. sesuai dgn namanya, Rumah inspirasi…. πŸ™‚
        Btw, itu bisa diedit ya Mba? Supaya paperless… :).. editnya pake apa? Adobe reader hanya bisa read doang…

        Terima kasih sudah diijinkan pake workbooknya…

  3. terimakasih untuk workbook 2018. Kami belum bisa mengevaluasi yang 2017 karena belum terstruktur. Kami tunggu versi lengkapnya.
    Terima kasih

    1. Diisi saja di tempat hal2 yang tidak direncanakan. Inti refleksi, untuk mengingat2 apa yang sudah dilakukan, mensyukurinya dan menjadikan itu bagian dari pelajaran untuk melangkah ke tahap berikutnya. Emailnya sudah kami catat yaa.. Kami akan kirimkan workbook lengkapnya di awal 2018 πŸ™‚

  4. Mas Aar dan mba Lala.. terimakasihh… kereen banget panduan dan workbook nya.. sangat bermanfaat… membuat jadi semangat membersamai anak.
    pengen belajar journaling sama mba Lala, rapiih banget mba Lala journaling nya πŸ™‚
    saya juga siap dikirimin 9workbook lanjutannya
    terimakassihh πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚

    1. Terima kasih suntikan semangatnya Bunda Kelik Menik, aku catat ya emailnya. Kami akan kirimkan workbook lengkapnya di awal 2018 πŸ™‚

  5. Marlina Baharuddin

    Terima kasih wordbook nya mas aar dan mba lala…
    Saya terbantu sekali,
    Mau yang selanjutnya yang mba…😊

  6. Winny Pramesywari

    Mas Aar dan Mbak Lala, terimakasih untuk tiap usaha yang terus menginspirasi. Saya sangat terbantu dengan workbook ini. Sangat menanti versi lengkapnya. Ditunggu di email saya, mbak Lala 😊

  7. Hallo Mas Aar dan Mbak Lala,

    Banyak yang kami lewatkan karena kebanyakan agenda akhir tahun πŸ™ˆ. Baru selesai mengisi tantangan yang disediakan. Suka dengan templatnya khususnya bagian rencana aksi. Kami menunggu sisa templatnya yang. Terima kasih telah melakukan tantangan ini. Sukses terus dan selamat mengawali tahun 2018 dengan kebahagiaan.

    1. Terima kasih apresiasinya mas Ian. Semoga tahun 2018 juga menjadi tahun yang penuh berkah untuk mas Ian sekeluarga. Aku catat emailnya ya. Workbooknya akan kami kirim akhir minggu ini setelah refleksi πŸ™‚

  8. Bergabung dengan Rumah Inspirasi adalah salah satu moment berharga untuk saya. Belajar bagaimana memulai HS dan memahami makna HS. Menjadi semakin termotivasi untuk berada di jalur HS. Semoga bisa terua belajar dan keluarga Mas Aar dan Mbak Lala yang luar biasa. Makasih ya Mbak udah mengingatkan saya untuk melakukan refleksi ditahun ini dalam membersamai anak anak. Salam hangat

    1. Terima kasih mbak Endah, kami bahagia kalau tantangan ini bisa menjadi alat yang mempermudah proses parenting di keluarga mbak Endah. Aku catat emailnya ya. Workbooknya akan kami kirim akhir minggu ini setelah refleksi πŸ™‚

  9. Selamat malam mbak Lala, apa saya juga bisa dapat workbook nya? Saya ibu dengan putri yg masih berusia 9 bulan, saat ini sedang belajar Hs untuk anak usia dini. Terima kasih sebelumnya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.