readingclub3-150x150

Ide Kegiatan Anak: Klub Membaca

Beberapa waktu yang lalu, Klub Oase mulai mengadakan kegiatan Klub Membaca (Reading Club). Kegiatan ini diikuti oleh anak-anak homeschooling yang sering berkegiatan bersama di Klub Oase.

 

Tunjukkan dan Ceritakan Buku Favoritmu

Kegiatan pertama Klub Membaca adalah “Show and Tell”. Inti kegiatannya adalah setiap anak membawa buku yang pernah dibacanya yang menjadi favoritnya. Tiap anak membawa 3-4 buku.

Buku kesukaan anak itu kemudian “dipajang” sehingga semua anak bisa saling melihat buku kesukaan teman-temannya. Anak-anak saling bertanya dan mengobrol secara alami tentang buku mereka. Demikian pun orangtua ikut terlibat dalam percakapan yang antusias tentang buku-buku dan pengalaman membaca anak-anak.

Klub Membaca

Presentasi buku favorit

Kegiatan selanjutnya adalah setiap anak melakukan presentasi untuk menceritakan buku favoritnya. Anak-anak mengambil posisi melingkar dan setiap anak maju bergiliran untuk bercerita sambil membawa bukunya.

Dalam sesi presentasi ini, teman-temannya boleh mengajukan pertanyaan yang dijawab langsung oleh anak yang presentasi.

Untuk menghidupkan suasana, orangtua yang memimpin acara harus memastikan suasana santai dan cair terus berlangsung selama acara melalui komentar-komentar dan pertanyaan ringan yang disampaikannya.

Reading Club

Saling-Meminjam/Meminjamkan buku 

Kegiatan terakhir dalam Klub Membaca adalah saling meminjam dan meminjamkan buku. Setiap anak mencatat di atas kertas tentang buku yang dipinjamnya. Jangka waktu peminjaman 2 minggu, selaras dengan jangka waktu pertemuan Klub Membaca yang dua mingguan.

Kegiatan saling meminjam-meminjamkan buku adalah kegiatan yang agak sensitif bagi anak. Untuk kegiatan meminjam buku ini, perlu komitmen yang jelas dari orangtua bahwa mereka akan menjaga buku yang dipinjam dari temannya. Bukunya tidak boleh rusak dan kotor (karena itu adalah buku kesayangan temannya), apalagi hilang.

Ini bukan sekedar uang dan mengganti buku yang kotor/rusak/hilang.

Yang utama adalah membangun trust anak-anak bahwa meminjamkan benda kesayangannya kepada teman lain itu tidak apa-apa. Mereka belajar mempercayai orang lain. Buku yang dikembalikan dalam keadaan rusak dan kotor akan merusak kepercayaan anak-anak pada kegiatan ini.

 

readingclub3

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

6 thoughts on “Ide Kegiatan Anak: Klub Membaca”

  1. Pak, anak saya tidak homeschooling, tapi sepertinya kegiatan di klub oase ini menarik, bisa ikutan juga ga si? Salam kenal.

  2. Fauzi Yudiashari

    Trims infonya. Ini kegiatan sederhana tapi sangat penting karena menumbuhkan kecintaan terhadap buku, bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain. Mudah2an di Bandung juga semakin banyak kegiatan semacam ini.. Cheers.

  3. terima kasih mbah, semoga pengetahuan dan pengalaman tersebut memberikan inspirasi pada kami dalam menciptakan kultur membaca di keluarga dan lingkungan saya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.