google-plus-one-1-button

Tutorial Memasang Tombol Google +1

Google mengeluarkan sebuah layanan yang katanya akan mengalahkan Facebook. Aku sendiri baruuu saja mencoba dan masih berusaha memahami “cara kerja” Google+ ini. Walaupun masih sangat baru dan sampai sejauh ini aku merasa bahwa Google+ adalah tantangan serius buat Facebook. Cukup besar kemungkinan buat Google +1 untuk mampu menyaingi FB.

Ada banyak fitur yang ditawarkan Google+. Dari sekian fitur yang menarik, yang paling menarik menurutku adalah pengelompokan teman dengan fitur lingkaran (Circle). Kita bisa dengan jelas mengelompokkan pertemanan sejak awal sehingga kita bisa menentukan dengan siapa kita berbagi apa dan seberapa berbagi. Menurutku itu menyenangkan dan prosesnya lebih jelas dan natural daripada Facebook.

Akhir-akhir ini, terang terang aku suka agak malas buka Facebook karena wall teman2 dipenuhi dengan iklan yang mau tidak mau harus terbaca juga olehku. Walau aku sendiri berusaha melindungiku dengan hanya berteman dengan manusia (bukan toko), tapi tetap saja teman-teman yang kena tag foto terikut dalam feed FB.

Dengan adanya fitur pengorganisasian lingkaran, izin yang lebih ketat (apakah kita mengizinkan tag tertentu atau tidak) ditambah lagi dengan terintegrasinya Google+ ini dengan berbagai fasilitas yang dimiliki Google: email, Blogger, Calendar, Google Doc, Picasa &  anak dari Google lainnya, sepertinya akan membuat Google+ menjadi tempat yang jauh lebih menyenangkan dari FB.

Salah satu yang menarik juga adalah adanya fitur Tombol Google +1 yang sedikit mirip dengan Facebook Like tapi terintegrasi kuat dalam Google+. Secara sosial, tombol ini bisa memberikan informasi tentang apa yang disukai teman-teman kita. Secara SEO, tombol ini penting bagi pemilik blog karena dapat menunjukkan kualitas posting. Dengan tambahan informasi Google +1, mesin pencari bisa menghasilkan pencarian informasi yang lebih berkualitas (tak hanya penuh situs2 sampah hasil mainan trik SEO).

Bagi yang tertarik, syaratnya adalah memiliki akun Gmail. Saat ini keanggotaan Google+ masih masa percobaan dan terbatas, hanya bisa masuk melalui undangan. Itupun sekarang sedang ditutup karena overloaded. Tapi, sebentar lagi pasti akan menjadi fasilitas untuk semua.

Buat pemilik blog, aku mencoba membuat video tutorial tentang bagaimana memasang tombol Google +1 di dalam website

  • Secara Manual
  • Dengan plugin – WordPress
  • ke Blogger.com

Sampai ketemu di Google+ teman2 🙂

Jangan lupa klik tombol +1 di web ini untuk tulisan-tulisan yang Anda sukai, karena hal ini akan membantu naiknya rating situs ini pada mesin pencari Google

Tulisan menarik lainnya

Share this post

7 thoughts on “Tutorial Memasang Tombol Google +1”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.