Lion's Share

Singa si Raja Hutan

Lion's ShareDahulu kala, Singa, Rubah, Jackal dan Srigala setuju untuk berburu bersama dan berbagi hasil buruannya, apapun yang mereka peroleh.

Suatu hari, Srigala mengejar dan mendapatkan seekor rusa dan segera memanggil teman-temannya untuk berbagi hasil buruan. Tanpa diminta, Singa menempatkan dirinya pada bagian kepala dan mencabik-cabiknya. Dengan menunjukkan rasa keadilan yang tinggi, dia mulai menghitung.

“Yang pertama adalah diriku, Singa,” katanya. “Yang kedua adalah adalah Srigala. Yang ketiga Jackal, dan keempat adalah Rubah.”

Dia kemudian dengan hati-hati membagi rusa menjadi empat bagian yang sama besarnya.

“Aku adalah Singa sang Raja,” katanya setelah selesai membagi buruan menjadi empat bagian,”jadi tentu saja mendapatkan bagian yang pertama. Bagian kedua menjadi milikku karena aku adalah yang paling kuat; dan yang ini bagianku karena aku adalah yang paling berani.”

Dia kemudian memandang yang lainnya dengan tatapan mata tajam. “Jika ada diantara kalian yang ingin mengklaim bagian yang tersisa,” katanya sambil mengaum dan mengeluarkan kukunya dengan penuh arti,”sekarang adalah waktunya bagi kalian untuk bicara.”

“Kekuatan membuat sesuatu menjadi benar”

Source: Aesop for Children (c) Project Gutenberg

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.