fbpx

8 Keterampilan Penting Dimiliki Remaja Sebelum 18 Tahun

Pendidikan adalah proses untuk menyiapkan anak untuk menjalani hidup dengan baik, saat ini maupun dimasa depan. Ketika mereka sudah lebih besar maka mereka perlu siap untuk menjalankan hidup sebagai manusia dewasa, baik itu di ranah sosial maupun professional.

Julie Lytjcoot-Haims, mantan dekan Stanford University mengatakan bahwa ada 8 keterampilan penting yang perlu dikuasai oleh remaja sebelum masuk usia 18 tahun, yaitu:

1. Dapat Berkomunikasi Dengan Orang Baru

Kemampuan untuk berbicara dengan orang asing menjadi semakin penting terutama bagi anak-anak zaman sekarang yang sangat erat dengan gawai.

Keterampilan tersebut penting, baik itu untuk keadaan ketika tidak ada gawai, ketika masuk ke lingkungan baru, maupun pada dunia kerja nanti.

2. Bisa Pulang

Mungkin terlihat sederhana, namun penting bagi anak untuk bisa menentukan tujuan dan sadar akan sekitar agar tidak tersesat. Untuk itu kesadaran terhadap lingkungan dan kemampuan untuk mengenali penanda sangat penting.

Keterampilan tersebut berhubungan dengan keterampilan pertama terutama apabila sedang berada di kota atau negara yang baru.

3. Mengelola Beban Kerja

Kemampuan time management, mengetahui batas diri sendiri, dan bagaimana cara menangani stress diperlukan agar dapat bertahan di dunia yang semakin sibuk.

4. Berkontribusi Pada Pekerjaan Rumah

Pekerjaan rumah tangga menjadi tangga belajar tanggung jawab dan skill yang biasa dianggap sederhana namun penting. Buang sampah, nyapu, baju bersih, makanan tersedia, semua hal tersebut tidak datang begitu saja.

Anak-anak perlu tahu bahwa pekerjaan rumah memerlukan kerja keras sehingga anak dapat lebih mengapresiasi hal tersebut.

5. Mengatasi Masalah Personal

Keterampilan interpersonal penting untuk dibangun. Sering kali ketika anak sedang ada masalah dengan temannya, orang tua ingin ikut campur.

Asal tidak membahayakan, anak perlu dibiarkan untuk menangani masalah dengan temannya secara mandiri agar terlatih.

6. Bisa Mengatasi Pasang Surut

Anak-anak perlu belajar cara mengalami pasang surut emosi, baik itu senang maupun sedih. Orang tua perlu menahan diri untuk tidak selalu menghibur anak ketika sedang mengalami hal yang menyedihkan.

Olahraga merupakan salah satu alat bantu yang bagus karena pasti ada yang menang dan kalah sehingga anak dapat belajar untuk menerima kekalahan.

7. Menghasilkan dan Mengelola Uang

Kemampuan untuk menghasilkan dan mengelola uang penting agar anak lebih menghargai uang.

Ketika anak sadar bahwa ketika mereka sudah bekerja keras mereka hanya mendapatkan sejumlah uang yang tidak sebanyak bayangannya, anak menjadi lebih sadar tentang uang.

8. Keberanian Untuk Mengambil Risiko

Tidak saja berdiam di zona nyaman. Proses bertumbuh dan belajar perlu dilakukan dan memang tidak nyaman.

Selengkapnya, silakan dengarkan podcast “Ngobrol Bareng Rumah Inspirasi” di Spotify dan Anchor melalui link berikut ini:

Spotify:

Anchor:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

belajar homeschooling

Pengantar
Legalitas
Sosialisasi
Kurikulum
Sumber Belajar
Komunitas
Kunci Berhasil
Keseharian

Buku Homeschooling

Sekolah ada model pendidikan yang paling umum di masyarakat, tapi bukan satu-satunya.

Buku ini sangat penting untuk orangtua yang sedang menimbang homeschooling, pendidik & pemerhati pendidikan, serta masyarakat yang ingin mengetahui konsep homeschooling dengan jelas.

artikel terbaru

tulisan lain