Bonita-adoy01

Konser Menuju Festival Musik Rumah

Minggu, 11 Februari 2018, Rumah Inspirasi berkesempatan menyelenggarakan konser rumah “Familia Home Concert” dengan penampilan spesial dari Bonita & Adoy.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan menuju Festival Musik Rumah yang puncaknya akan berlangsung pada 17-19 Agustus 2018.

Bahagia rasanya, Rumah Inspirasi bisa menjadi tuan rumah pentas mbak Bonita dan mas Adoy, pasangan musisi keren yang sangat berdedikasi.


Festival Musik Rumah

Home concert malam ini merupakan rangkaian kegiatan menuju Festival Musik Rumah yang puncak acaranya akan berlangsung pada tanggal 17, 18, 19 Agustus 2018 sebagai bentuk syukur atas 73 tahun kemerdekaan NKRI.

Pada tanggal-tanggal tersebut akan ada rangkaian konser rumah (home concert) dari berbagai rumah yang dinikmati oleh keluarga & handai tulan, dan juga disiarkan melalui FB Live.

Spirit Festival Musik Rumah adalah mempererat persaudaraan dan merawat kebersamaan bersama keluarga, sahabat dan pertemanan melalui musik. Festival Musik Rumah membuka untuk partisipasi dari keluarga-keluarga Indonesia di manapun berada.

Musisi yang akan terlibat dalam Festival Musik Rumah adalah Bonita & Adoy, Celticroom Bali, Curly & Me, Denny Dumbo, Dima Miranda, Endah Laras, Familia Home Concert, Gabriel Mayo, Imada Hutagalung, Jason Ranti, Jubing Kristianto, Junior Soemantri, Kartika Jahja, Komunitas Teras Musik Jepara, MaryJane, Nissa Fortz, Nonaria, Rull Darwis, dan Zio. Jumlah ini diperkirakan akan bertambah seiring waktu persiapan menuju Festival Musik Rumah 2018.

Anda bisa menjadi host atau menyelenggarakan konser rumah dan menjadi bagian Festival Musik Rumah. Silakan like dan meninggalkan pesan di FB Page Festival Musik Rumah.

Familia Home Concert

Bagaimana asal mula Rumah Inspirasi bisa menyelenggarakan home concert dan terlibat dalam Festival Musik Rumah?

Diawali dengan keinginan untuk mendorong Lala lebih aktif dalam dunia musik yang menjadi bahasa dan ekspresi alaminya, kami berinteraksi dengan mas Setiaji Wijaya & mbak Maria Lia.

Dari satu obrolan ke obrolan, kami kemudian sepakat untuk mengadakan konser rumah berupa Facebook Live yang digelar hari Minggu malam. Mulailah home concert pertama digelar pada 14 Januari 2018 yang diberi nama Familia Home Concert dengan anggota Lala, Wahyu Andito, Setiaji Wijaya, dan Maria Lia.

Spirit dari Familia Home Concert adalah menghadirkan hiburan untuk keluarga, mengajak keluarga untuk memulai proses-proses reriungan sederhana, berkumpul bercakap-cakap materi ringan yang menghangatkan hati dan menguatkan persaudaran. Bernyanyi bersama dapat menjadi sarana untuk menautkan momen seperti ini.

Tak lama setelah proses Familia Home Concert, tiba-tiba ada inisiatif mas Adoy untuk menyelenggarakan Festival Musik Rumah. Timing-nya pas. Jadilah kami langsung menyambut inisiatif ini.

Persiapan Home Concert

 

Karena pada dasarnya Familia Home Concert adalah sebuah kegiatan Facebook Liva yang sederhana, kami tak memiliki resource yang mumpuni. Tapi karena kata mas Adoy nggak masalah, kami pun berjalan dengan fasilitas yang ada.

Sarana utama yang kami miliki adalah koneksi Internet. Kami tak memiliki sound system untuk pertunjukan live music sehingga berusaha memaksimalkan alat-alat yang ada.

Untuk lighting, kami bahkan menggunakan lampu tambahan berupa lampu belajar anak-anak supaya cahaya menjadi lebih terang.

Alhamdulillah, puji syukur, acara konser rumah Familia bersama Bonita & Adoy berlangsung lancar. Semoga bisa menjadi pembuka jalan untuk konser-konser rumah yang lain, menjadi virus inisiatif yang asyik untuk menghangatkan keluarga dan pertemanan melalui kegiatan musik rumah.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.