KejurdaCatur01

Hari Pertama Kejurda Catur DKI Jakarta

Hari ini (Sabtu, 8.07.2017) adalah hari pertama Kejurda Catur DKI Jakarta. Duta mengikuti kompetisi catur ini sebagai pengalaman dan proses belajarnya.

Kejurda Catur DKI Jakarta 2017

Kejurda Catur DKI Jakarta 2017 dilaksanakan tanggal 8-10 Juli di Wisma Catur KONI DKI, Jl Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Selain pertandingan kelompok senior dan veteran, ada pertandingan kelompok umur.

Dalam Kejurda Catur ini, Duta masuk ke grup F (kelompok umur 9) putra. Ada 22 anak yang bertanding di kelompok umur ini. Menurut rencana, pertandingan akan dilangsungkan dalam 6 babak.

Pemenang pertama hingga ketiga akan dikirimkan sebagai wakil DKI Jakarta dalam Kejurnas Catur 2017 yang akan berlangsung pertengahan Juli ini. Yang dibiayai penuh adalah juara pertama. Sedangkan juara kedua dan ketiga bisa ikut dengan biaya mandiri.

Kejurda Catur ini merupakan pengalaman kedua Duta mengikuti kompetisi catur. Walaupun harapannya dilambungkan setinggi-tingginya untuk menang, kami menyadari bahwa Duta masih “hijau” karena baru belajar catur kurang dari setahun.

Pertandingan Catur Babak Pertama & Kedua

 

Di babak pertama, Duta berhadapan dengan Baren. Duta terlihat sangat tegang menjalani pertandingan perdana karena dia pernah dikalahkan Baren dalam kompetisi JAPFA Chess Festival yang lalu. Ketika dia berhasil memaksa pertandingan berakhir seri, Duta terlihat sangat bahagia dan lega.

Di babak kedua, Duta mendapatkan keberuntungan. Duta menang WO karena lawannya tak muncul hingga batas waktu 15 menit.

Dalam aturan Kejurda Catur ini, pemenang mendapatkan poin 3, seri mendapatkan poin 1, dan kalah mendapatkan poin 0. Dengan kondisi ini, Duta hari ini mendapatkan poin 4.

Pertandingan akan dilanjutkan esok hari. Masih ada 4 babak pertandingan yang harus diselesaikan untuk menentukan pemenang kompetisi catur ini.

Apapun hasil akhir kompetisi ini, kami menerimanya sebagai proses belajar Duta.

***

PS: sebagai penambah motivasi untuk Duta, kami memberikan insentif berupa 1 jam tambahan bermain Minecraft jika menang dan 1/2 jam jika draw. Karena hari ini poin Duta adalah 1.5, pulang dari bertanding Duta langsung menikmati bonus 1.5 jam main Minecaft kesukaannya 🙂

(Lanjut: Kejurda Catur hari ke-2)

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Hari Pertama Kejurda Catur DKI Jakarta”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.