statistik

Facebook, a huge community and market

statistikMengapa orang berjualan di pasar? Mengapa orang berjualan di mall yang ramai? Mengapa selalu ada pasar kaget di tengah kerumunan; sholat Jumat, pengajian, kongres partai, dan sebagainya? Karena banyak “calon pembeli” di sana.

Para pebisnis selalu mencoba melihat peluang. Orang bisnis selalu melihat di mana calon pembeli berkumpul. Semakin banyak calon pembeli di satu tempat, semakin kompatibel calon pembeli dengan produk yang dijualnya, semakin besar peluang produknya untuk laku.

Fenomena pasar dan bisnis fisik itu sama saja dengan bisnis online. Pebisnis online juga melihat dan mencari tempat berkumpul para pembeli potensialnya.

Dan salah satu pasar (kumpulan manusia) di ranah dunia maya adalah Facebook. Inilah factsheet dan statistik facebook, yang isinya adalah orang beneran (bukan mesin):

Jumlah pemakai Facebook
Jumlah pemakai Facebook di seluruh dunia lebih dari 400 juta pemakai aktif, menghabiskan waktu 500 juta jam per bulan di Facebook. 50% dari anggota aktif Facebook melakukan login setiap hari. Mereka rata-rata mempunyai 130 teman.

Diantara pemakai Facebook itu, Indonesia menempati tempat ketujuh (menurut data Checkfacebook). Pemakai Facebook di Indonesia berjumlah 11.8 juta.

Aktivitas di Facebook
Rata-rata anggota Facebook terhubungan dengan 60 halaman (pages), kelompok (groups), dan kegiatan (events). Rata-rata pemakai facebook membuat 70 materi (posting, dll) setiap bulan.

Mobile User di Facebook
Jumlah pemakai Facebook dari alat bergerak (mobile devices) seperti handphone berjumlah lebih dari 100 juta. Mereka lebih aktif dua kali lipat dibandingkan anggota yang tidak bergerak.

Untuk update, lihat Facebook Statistic

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.