seminar-online-poster

Catatan webinar homeschooling

Seri webinar homeschooling yang diadakan Rumah Inspirasi akhirnya selesai. Rabu (29/6) adalah sesi ke-6 yang juga menjadi sesi terakhir seminar. Dalam sesi terakhir itu, pembahasannya adalah mengenai Manajemen Keseharian Homeschooling, bagaimana tips dan pengalaman mengelola keseharian, mulai manajemen keluarga (dibandingkan keluarga yang anaknya sekolah), manajemn materi belajar, proses belajar, dan time management dalam homeschooling.

Terima kasih teman-teman semua atas kesertaannya dalam sesi-sesi seminar homeschooling. Semoga ada hal-hal bermanfaat yang bisa diambil untuk Anda dan keluarga.

***

Webinar ini memberikan banyak sekali pelajaran buatku. Setiap sesi seminar, aku dipaksa belajar lagi serta berusaha menstrukturkan pengetahuan/pengalaman homeschooling. Paksaan ini bagus buatku, membuatku harus membaca ulang literatur sambil mereleksikan apa-apa yang sudah kami jalani selama ini. Juga, seminar ini berhasil memaksaku untuk menulis makalah dan membuat presentasi setiap minggu.

Rasanya lumayan capek, menguras banyak waktu dan energi. Tapi puas dan lega. Kepuasan terbesar adalah karena bisa membantu keluarga-keluarga Indonesia yang ingin mengetahui tentang homeschooling, tapi selama ini tidak terjangkau karena mereka tinggal di luar Jakarta. Dengan adanya seminar online ini, kendala jarak fisik jadi bisa diatasi, biaya seminar menjadi terjangkau, dan banyak lagi fleksibilitas lainnya (tanpa macet, santai, bisa dinikmati seluruh keluarga, dsb).

Walaupun terkadang merasa capek, semua kecapekan selama persiapan biasanya sirna saat bertemu para peserta yang antusias mengikuti seminar. Obrolan di chat box rame dan penuh semangat, juga cerita-cerita lucu tentang seminar yang disambil menyusui anak, menidurkan anak, memakai pakaian santai, tiduran, sesekali ditinggal ke dapur, dsb. Mana ada seminar yang bisa seperti ini? hehehehe

Ada juga cerita tentang perjuangan untuk bisa masuk ke ruang seminar. Ada yang internetnya sambung-putus tak ada habisnya. Ada yang kecewa karena listrik tiba-tiba mati. Ada juga yang sampai harus jalan beberapa kilometer dan berganti-ganti warnet supaya bisa mengikuti seminar. Mengharukan.

Aku sendiri tak mengira bahwa seminar ini diikuti oleh peserta dari berbagai kota di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Ada 34 kota asal peserta dan 5 negara di luar Indonesia (Brunei, Singapore, Belanda, Qatar, dan China). Mudah-mudahan diantara para peserta seminar juga terbentuk jejaring dan kontak-kontak personal yang saling menguatkan.

***

Banyak hal positif dalam seminar. Tapi aku sendiri masih merasa belum puas dengan kualitas seminar online ini. Aku baru menyadari bahwa kualitas internet di Indonesia ini masih belum merata kualitasnya. Walaupun semuanya menggunakan broadband Internet (Speedy dan wireless), ternyata kualitas koneksinya tidak stabil. Suara di dalam seminar juga putus-sambung dan naik-turun kualitasnya. Dan itu membuat seminar kurang nyaman.

Untunglah, para peserta seminar online ini sangat baik. Mereka tidak komplain dengan kondisi yang ada ini dan melihat kondisi naik-turunnya kualitas suara sebagai bagian dari resiko seminar online. Terima kasih teman-teman atas kesabaran dan pengertiannya.

Mengenai platform yang digunakan, Wiziq, aku punya beberapa catatan. Secara umum, aku suka platform ini: simple, lengkap, dan cepat. Hanya saja ada beberapa kendala teknis yang terjadi beberapa kali selama seminar, yaitu tidak bisa mengirimkan undangan.

***

Sekali lagi terima kasih teman-teman atas kesertaannya. Mudah-mudahan suatu saat ada seminar lagi (baik online maupun tatap muka). Juga, mudah-mudahan ada media lain yang bisa menjadi sarana yang lebih baik untuk memfasilitasi teman-teman yang ingin belajar mengenai homeschooling. Melalui posting ini, izinkanlah saya memohon maaf atas segala kekurangsempurnaan kami dalam proses melayani teman-teman sekalian.

Sampai berjumpa di acara-acara Rumah Inspirasi berikutnya. 🙂

Tulisan menarik lainnya

Share this post

9 thoughts on “Catatan webinar homeschooling”

  1. senang sekali saya bisa berpartisipasi di webinar HS. banyak hal yang saya dapatkan dari webinar ini. saya juga bisa mengenal para praktisi HS dengan berbagai pengalamannya. sebagai masukan, ternyata bagus lho kalo mb lala ikut bicara. sesi terakhir kemarin benar2 memberikan kepuasan tersendiri.. makasih p aar, mb lala.. 🙂

  2. wuaaa..sy ampe blm ikut..coz jaringan lemot bgt…moga ada jalan lain dan ke depan bisa ikut…:)). btw, thx buat mb. lala dan keluarga..

  3. Aduh, saya terlambat mengetahui tentang webinar homeschooling. Ada rekamannya? Jika ada saya ingin sekali punya. Terima kasih.

    Valleria

  4. Mas Aar, saya hanya bisa ikut 2 sessi dari 6 sesi webinar. padahal, materinya sangat sy butuhkn terutama karna sy msh meraba-raba HS.
    ditunggu event seperti itu lagi ya, Mas (ngarep banget dot com) 🙄

  5. Terimakasih banyak…Setelah webinar ini kini jadi bisa berkomunikasi lebih baik dengan banyak teman sesama homeschooling…

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.