takita

Bukik, Takita, dan Aplikasi Pendidikan

Setelah meluncurkan inisiatif Indonesia Bercerita, Budi Setiawan atau biasa dikenal dengan nama panggilan Bukik, meluncurkan aplikasi pendidikan berjudul Takita. Saat ini Takita ada untuk sistem operasi iOS 7 (iPhone dan iPad).

Takita adalah aplikasi untuk mengetahui jenis kecerdasan anak yang dikembangkan berdasarkan teori Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) Howard Gartner. Menurut teori tersebut, ada 8 jenis kecerdasan anak, yaitu: kecerdasan logika, kecerdasan bahasa, kecerdasan inter-personal, kecerdasan intra-personal, kecerdasan musik, kecerdasan kinestetik, kecerdasan spasial, dan kecerdasan alam/lingkungan.

Pemakai aplikasi Takita adalah orangtua yang ingin membimbing anaknya yang berusia 6-12 tahun. Takita membimbing orangtua melalui beberapa pertanyaan yang harus dijawab orangtua berdasarkan pengamatannya terhadap anak. Jawaban-jawaban itulah yang digunakan sebagai input awal untuk memetakan jenis kecerdasan anak.

Selain itu, aplikasi Takita juga menyediakan tantangan-tantangan kegiatan untuk anak sesuai dengan jenis kecerdasannya dan jejaring dengan teman-temannya yang lain.

takita

***

Senang melihat inisiatif seperti Takita ini. Apalagi mendengar kisah di balik layar dan visi mas Bukik untuk Takita sebagaimana yang diceritakannya minggu lalu, saat beliau menyempatkan diri untuk mampir ke Rumah Inspirasi dalam rangkaian kegiatannya di Jakarta.

Takita merupakan ide terpisah, tetapi merupakan kelanjutan pengembangan kegiatan “Indonesia Bercerita” yang dirintis mas Bukik dan teman-teman. Benang merahnya sama, yaitu: anak, keluarga, dan pendidikan.

Takita terlahir sebagai buah dari kompetisi Indigo Incubator 2013, yang membuat mas Bukik harus tinggal selama 6 bulan di Bandung untuk belajar sambil mengembangkan Takita. Kini, Takita sudah mulai diluncurkan dan bisa diunduh gratis melalui iTunes di: http://bit.ly/Takita

Setelah versi pertama diluncurkan pada 9 November, mas Bukik dan tim sudah menyiapkan pengembangan berikutnya, diantaranya aplikasi untuk anak-anak yang akan segera diluncurkan. Beberapa visi dan skenario untuk pengembangan Takita sudah disiapkan. Beberapa kerjasama dan kolaborasi juga terus dijajagi untuk pengembangan Takita di masa datang.

Selamat dan semoga sukses untuk Takita!

Share this post

1 thought on “Bukik, Takita, dan Aplikasi Pendidikan”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.