LombaFotoOASE2

Belajar Fotografi dari Orangtua Homeschooling

Dalam model persekolahan, salah satu sumber belajar utama adalah guru yang biasanya mengampu satu atau lebih mata pelajaran.

Dalam homeschooling, sumber belajar tidak otomatis kemudian bergeser pada orang tua. Orang tua fungsi utamanya lebih sebagai fasilitator kegiatan belajar anak-anak.

Proses belajar dalam homeschooling juga tidak dalam bentuk klasikal seperti di ruang kelas.

Komunitas sebagai Ruang Berbagi

(c) Faizal Kamal

Salah satu infrastruktur penting dalam homeschooling adalah komunitas homeschooling yang berisi kumpulan praktisi yang sama-sama menjalani homeschooling. Komunitas homeschooling bukan penitipan anak untuk berkegiatan.

Dalam Komunitas Homeschooling, para orang tua bisa berbagi pengetahuan dan keahliannya. Jadi, komunitas fungsinya bukan sekedar sosialisasi anak dan orangtua.

Seperti yang kami alami beberapa waktu yang lalu bersama Klub Oase.

Belajar & Lomba Fotografi

Pada saat camping Pramuka OASE bulan Maret 2017, salah satu agendanya adalah belajar fotografi. Yang mengajar adalah mas Rian Ridha Arianta, seorang fotografer profesional, yang juga orang tua anak HS yang homeschooling dan berkegiatan di Pramuka OASE.

Dalam salah satu acara Camping Oase, mas Rian menjelaskan tentang dasar-dasar fotografi, seperti ISO, aperture, shutter speed, komposisi, dan lainnya.

Anak-anak kemudian langsung praktek foto di lapangan dan diberikan 2 tema utama yaitu: Nature & Human Interest.

Foto itu kemudian dinilai oleh mas Rian bersama para juri lain, yaitu para orangtua. Hasilnya menjadi sarana refleksi dan proses untuk meningkatkan kapasitas belajar fotografi.

Foto selengkapnya: https://www.instagram.com/explore/tags/campingoase2017wf/

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.