Digital Mommy: Kuliah Spesial Ibu Profesional di @America

DigitalMommy-aMerayakan ulang tahun pertama gerakan Ibu Profesional sekaligus memperingati Hari Ibu tanggal 22 Desember, Ibu Profesional baru saja menyelenggarakan kuliah umum spesial di Pusat Kebudayaan Amerika @America (dibaca: at amerika), Jakarta pada Sabtu, 22 Desember 2012.

Kuliah spesial ini mengambil tema “Digital Mommy” untuk menyegarkan semangat para Ibu agar dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu aktivitasnya. Selain berisi sharing melalui teleconference bersama 3 Ibu Indonesia dari 3 benua, kuliah spesial Ibu Profesional juga berisi ceramah oleh Prof. Rhenald Kasali, guru besar Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Sebagai pemandu acara, mbak Septi dan aku membawakannya secara bergantian. Aku menjadi moderator untuk sesi teleconference bersama ibu-ibu diaspora Indonesia. Mbak Septi menjadi moderator untuk sesi ceramah Digital Mommy yang dibawakan oleh pak Rhenald Kasali.

***

Senang sekali melihat semangat para peserta yang hadir dalam acara Ibu Profesional di @America ini. Banyak ibu-ibu dari berbagai kota yang berjuang secara khusus untuk hadir. Ada rombongan dari Salatiga, Yogyakarta, Malang, Karawang, Bandung, Bekasi, Depok, Tangerang, Jakarta, Singapura dan kota-kota lainnya. Betul-betul mengagumkan melihat semangat belajar para ibu-ibu ini!

Dalam sesi teleconference bersama ibu-ibu diaspora Indonesia dari 3 benua, tampil mbak Ratu Vanda Wardani (Oregon, Amerika Serikat), mbak Mieke Nurmalasari (Stockholm, Swedia), dan mbak Endang Prasdianti (Singapura). Mereka bercerita tentang tantangan yang mereka hadapi sebagai ibu yang tinggal jauh dari Indonesia dan bagaimana mereka memanfaatkan teknologi untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka.

DigitalMommy05a

DigitalMommy2aDalam sesi selanjutnya, ada ceramah dari pak Rhenald Kasali, penulis produktif yang juga tokoh manajemen bisnis serta penggerak social entrepreneurship di Indonesia. Ceramah pak Rhenald Kasali mengambil tema tentang perlunya “DNA Perubahan” untuk membuat para ibu bisa menjadi agen perubahan untuk masyarakat Indonesia.

Dalam ceramahnya, pak Rhenald banyak memberikan kritik terhadap model pendidikan di Indonesia yang membuat anak-anak hanya menjadi passenger (penumpang) untuk hidupnya sendiri. Padahal, seharusnya pendidikan mampu melahirkan driver (pengemudi) yang mampu mengarahkan hidupnya untuk menuju arah yang dicitak-citakannya.

Sebagai ibu dengan 3 anak yang belajar di rumah, ceramah pak Rhenald terasa pas sekali. Menghantarkan anak menjadi pembelajar mandiri yang mampu menjadi pengemudi bagi kehidupannya adalah bagian dari rangkaian doa & harapan kami. Pertanyaannya adalah bagaimana? It takes a village to raise a child. Kalau dalam era teknlogi seperti ini, maka berjejaring dengan sesama ibu yang memiliki visi & mimpi yang sama menjadi sangat penting. Kami bisa saling belajar, bertukar inspirasi & penguatan satu sama lain.

Inilah alasan terbesarku bergabung dengan Ibu Profesional, aku ingin membangun jaring-jaring persahabatan dengan banyak ibu-ibu di dalam dan luar negeri. Salah satu mimpi besar Ibu Profesional adalah adanya program pertukaran pelajar antara anggota Ibu Profesional.

***

 

Ibu-Profesional-aO iya, dalam acara ini juga ada peresmian karya tulis ibu-ibu anggota Institut Ibu Profesional yang menjadi buku. Judul bukunya adalah: “Hei Ini Aku: Ibu Profesional”. Buku ini merupakan antologi karya para ibu yang telah dipilih dan diseleksi dari tulisan-tulisan yang dibuat para ibu. Dengan peluncuran ini, buku antologi Ibu Profesional ini sudah bisa dipesan.

Pemasanan buku bisa dilakukan via Online di sini atau telp/sms langsung ke Leutikaprio (0819 0422 1928).

Usai acara yang berlangsung pukul 11.00-13.00, saatnya para ibu yang tergabung dalam Institut Ibu Profesional untuk berjejaring. Pertemanan yang biasanya terselenggara secara online kini tersambung lebih dekat melalui tatap muka dan tatap hati. Jadinya makin semangat menempa diri untuk saling belajar dan berkolaborasi.

 

DigitalMommy03a

***

Acara Kuliah Umum Spesial Ibu Profesional ini didokumentasikan dengan baik oleh @America. Rekaman video acara bisa dilihat di sini.

Watch live streaming video from at_america at livestream.com

Foto-foto dalam posting ini adalah dokumentasi @America. Dokumentasi lengkap foto kegiatan bisa dilihat di Facebook Page AtAmerica atau Facebook Page Ibu Profesional Jakarta

***

Catatan:
Bagi yang belum mengetahui, Institut Ibu Profesional (IIP) adalah gerakan sosial untuk meningkatkan kapasitas Ibu agar menjadi profesional di bidangnya, baik dalam manajemen diri, pendampingan pendidikan anak, manajemen keluarga, serta dalam kemampuan berkarya untuk masyarakat.

IIP ada di berbagai kota: Salatiga, Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Tangerang, Karawang, Pekalongan, Depok, dan Singapura. IIP menyelenggarakan berbagai kegiatan antara lain berupa kuliah umum, baik offline maupun online.

Untuk mengetahui dan mengenal lebih dekat dengan IIP, silakan bergabung di forum Ibu Profesional.

Tulisan menarik lainnya

About Lala

Lala suka main musik, main game, main sama anak-anak, bikin-bikin, baca buku, nonton film yang seru, jalan-jalan, internetan dan masak-masak. Salah satu mimpi besarnya adalah menjadikan virtual distance learning bisa dinikmati anak-anak Indonesia sampai ke seluruh plosok tanah air. Lebih lengkap tentang Lala bisa dilihat di sini :D

Komentar

  1. Keren banget mba Lala, komunitas Ibu Profesional nich. Saya mau tanya, IIP yang di Jogja dimana ya alamatnya?

  2. masih adakah kesempatan tuk bergabung mba bagaimanakah caranya??

Tinggalkan komentar Anda

*