Social Media

Mengapa Belajar tentang Media Sosial?

Salah satu harapanku di tahun 2012 ini adalah mulai belajar tentang media sosial lebih serius, setelah mulai berkenalan dengan Facebook, Twitter, dan Google+ di tahun 2011 yang lalu.

Mengapa belajar tentang media sosial ini penting buatku?

Perkembangan terbaru teknologi
Media sosial adalah bagian dari revolusi teknologi Internet dan cara kita berinteraksi menggunakan Internet. Teknologi baru menuntut mindset baru, cara pandang baru, ilmu baru, dan bukan hanya sekedar tools baru.

Belajar dengan benar
Mempelajari teknologi baru bukan hanya mengenai teknologinya itu sendiri, tetapi juga tentang bagaimana memanfaatkannya secara dengan cara yang benar. Sebagai blogger yang selama ini menekuni dan menikmati proses memproduksi content, medial sosial adalah sebuah ranah pelajaran baru; bukan hanya sekedar perpanjangan dari blog yang sudah ada.

Alat pemasaran
Media sosial adalah alat pemasaran baru, baik pemasaran gagasan, produk, maupun kegiatan. Sifatnya bisa profit, bisa non-profit. Perkembangan inisiatif sosial yang terlahir melalui Twitter dan juga peluang-peluang bisnis yang muncul sepanjang tahun 2011 sangat menarik untuk dieksplorasi.

Nah, sebenarnya tujuan yang ketiga itulah yang paling memicuku belajar tentang media sosial. Motifnya adalah mencari ilmu dan peluang baru. Peluang seperti apa yang akan diperoleh, aku tidak mematoknya. Yang penting terjun, belajar dengan serius, dan sekaligus terjun ke lapangan.

Sebagaimana sewaktu menekuni blogging, aku masuk tanpa ekspektasi tertentu. Niatnya berbagi informasi. Ternyata, banyak sekali manfaat dan keuntungan (baik finansial maupun non-finansial) yang aku peroleh dari kegiatan blogging.

***

So, mari kita mulai.

Ketika murid siap, guru dan ilmu akan datang. Aku percaya itu.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.