fbpx

Surat Edaran Mendiknas tentang Status Hukum Ijazah Paket/Kesetaraan

Tahun 2006, Menteri Pendidikan Nasional membuat surat edaran yang menegaskan bahwa ijazah Paket A/Paket B/Paket C setara secara hukum dengan ijazah SD/SMP/SMA.

Surat-Edaran-Mendiknas

Surat bernomor: 107/MPN/MS/2006 tersebut ditujukan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Kepala Staf TNI AD, TNI Al, TNI AU, Kapolri, Kepala BKN, dan Rektor Universitas/Direktur Politeknik/Ketua Sekolah Tinggi.

Isi dari surat edaran itu menegaskan tentang status hukum Ijazah Paket A (setara SD), Paket B (setara SMP), dan Paket C (setara SMA) yang harus diperlakukan setara secara hukum dengan ijazah sekolah.

[Tweet “Eligibilitas Ijazah Paket A/B/C di mata hukum setara dengan ijazah sekolah“]

Pokok-pokok isi dalam surat edaran Mendiknas:

  1. Setiap orang yang lulus ujian kesetaraan Paket A, Paket B atau Paket C masing-masing memiliki hak eligibilitas yang sama dan setara dengan berturut-turut pemegang ijazah SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK untuk dapat mendaftar pada satuan pendidikan yang lebih tinggi.
  2. Status kelulusan program pendidikan kesetaraan Paket C memiliki hak eligibilitas yang setara dengan pendidikan formal dalam memasuki lapangan kerja.
  3. Setiap lembaga diminta mematuhi ketentuan perundang-undangan tersebut di atas agar tidak diindikasikan melanggar Hak Asasi Manusia.

Download Surat Edaran Mendiknas

1,071 thoughts on “Surat Edaran Mendiknas tentang Status Hukum Ijazah Paket/Kesetaraan”

  1. Anak saya telah ditolak mentah2 dan terang2an oleh salah satu PTS di jakarta dgn alasan tdk jelas dan seolah2 penyepelekan kwalitas lulusan paket C.
    Anak saya minta dites saat itu jg, tetap saja mrk menolak.
    Saya kecewa krn mereka menolak tanpa mengetahui kemampuan anak saya.
    Kemana saya hrs melaporkan hal tsb?

    1. Penolakan Ijazah Paket C adalah pelanggaran hukum. Sertakan surat edaran dari Mendiknas dan rekam respon dari PT yang bersangkutan. Jika tetap menolak, ancam untuk dibuka ke Internet. Kirimkan surat pembaca, laporan ke Diknas, dan melalui media sosial dengan bukti yang kuat.

      1. Pak mau nanya, umur saya sekarangkan mau 26 thn dan ijazah saya paket c thn 2010 kalo saya ikut tes di politeknik negeri apakah bisa…??
        Mohon penerahannya terimakasih

        1. @Anto: ada ujian yang mensyaratkan usia ijazah 3 tahun dan ada yang tidak mensyaratkan. Coba cek di syarat pendaftaran politeknik..

          1. pak ijazah paket B saya hilang…dan saya udah masuk perguruan tinggi..low untuk PNS/ Sertifikasi bisa ga ya…

          2. Pak ijazah paket b sy hilng pak gmn baik nya ,,sdngkn sy btuh bgt ijzh itu ?? Poto copy msih ada .tpi sy sedang butuh yg asli .

          3. Pendaftaran ujian Paket dilakukan kurang lebih setahun sebelumnya. Pendaftaran biasanya sekitar bulan Agustus untuk ujian tahun berikutnya.

          4. Pa sya mau tanya kalo kalo sya memiliki rapor SMA kls 2 bisa ka ikut ujian paket c jawabannya plis

          5. Mau nanya kalo ijasah hilang padahal PKBM tempat ujian dulu sdh ga dibuka lagi terus mintanya ke mana ya

          6. Pak sya mau tanya sya lulusan paket c 2017 tapi ijazah blm di ambil sampe 2020 skrng apakah masih bisa

          7. Pak umur saya sekarang udah 15 tahun pak jadi saya masih kls 2 smp apaa saya bisa ambil paket B pak untuk naik ke tinggkat smk pak soal nyaa temen”syaa udh pada kls 3 pak trus thun besok mau smk dia pak tapi syaa masih smp pak syaa mau sederajat smaa mereka pak saya ambil paket B apakah bisa pak

          8. Syarat Ujian Paket B adalah usia ijazah Paket A/SD + 3 tahun.

            Yang penting itu bukan hanya soal umur, apalagi cuma beda 1 tahun. Yang penting Anda mengasah skills yang penting untuk kehidupan Anda. Itu yang seharusnya perlu menjadi fokus.

          9. Pa saya konsultasi :
            Anak saya putus sekolah ketika masuk di SMK formal, Kemudian saya masukan ke sekolah paket untuk ikut sekolah 1 tahun pada kelas III nya…
            Ketika mau ikut ujian katanya tidak masuk karena masih setara dengan Sekolah formal dan harus melewati 1 tahun dulu apakah ini benar atau tidak aturannya seperti?
            Mohon informasinya….?

          10. Saya tidak pernah mendengar ada aturan seperti itu. Aturan Ujian Paket C = menyelesaikan materi belajar dan ijazahnya 3 tahun setelah Paket B/SMP

          11. Mau tanya pak tahun 2007 saya telah lulus paket c dan sudah dapat ijasah paket c..karena ijsah paket c zaman dulu blm ada nisn maka saya mengikuti lg paket c tahun 2019 dan lulus tahun 2021..apakah punya ijasah 2 d bolehkan

          12. Jika ijazah Paket C Anda resmi dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan, berarti bisa. Yang penting selanjutnya Anda konsisten menggunakan 1 ijazah Paket C yang versi terakhir.

          13. Bisa kak Yoga. Proses Ujian Paket A dilakukan melalui PKBM. Silakan mencari informasi PKBM di kota Anda dan mendaftar untuk mengikuti Ujian Paket A

          14. Saya putra mau tanya saya punya sertifikat Pkl kelas 2 di smk tpi saya putus di kelas 3 dan habis itu saya melanjutkan di paket c .apakah masih berlaku sertifikat PKL DI KLAS 2 NYA TRIMA KASIH

          15. Halo Putra, PKL tidak dihitung sebagai materi untuk Paket C. Jika kamu punya rapor kelas 1-2, berarti kamu bisa ujian tahun depan. Syaratnya kamu harus daftar ke PKBM sekarang dan mengikuti prosesnya supaya bisa punya rapor kelas 3

          1. Bisa. Prosesnya setelah ujian Paket C melalui jalur SBMPN.

            Kalau ingin belajar, bisa membaca buku “Pembelajar Mandiri” yang berisi cerita anak pemegang Paket C kuliah dan diterima di Fakultas Ekonomi UI

          2. Ass. Pak AAR apa bisa ikut ujian paket c meski blom da pndaftarn utk ujian trsebut.. Mhon info ny pak?

          3. Wa’alaikum salam wr wb

            Kalau mau ikut Ujian Paket harus daftar dulu di PKBM. Pendaftaran kurang lebih setahun sebelum ujian.

          4. Ijazah SMA mestinya bisa diminta salinannya di sekolah lama. Kalau mau ujian Paket C, syaratnya punya ijazah SMP. Bisa daftar sekarang di PKBM untuk Ujian Paket C depan.

          5. Saya mau tanya pak anak saya sekolah di sekolah formal trs pindah home schooling apakah harus ada surat cabut nisn terimakasih

          1. saya mau bertanya apakah ijazah paket C memang tidak menerbitkan STTB ? Ijazah Paket C hanya ada SKHU.dan apakah SKHU mewakili STTB?

          2. Selamat siang pak, ada hal yang ingin saya tanyakan saya sudah lulus smk (3tahun lalu) dan saya ada niatan untuk melanjutkan kuliah apakah bisa saya mengambil sekolah paket c untuk melanjutkan kuliah?

            Terimakasih

        2. Pak saya mau nanya saya kemarin ikut ujian di thn 2019 sampai saat ini ijazah saya belum ada kata nya tidak lulus..
          Lalu dia sampaikan ke saya bahwa sanya bisa langsung ikut ujian paket C walaupun tdk ada paket B nanti paket B nya menyusul dan di usahakan kata pengurus PKBM wilayah makassar apakah benar bisa pak?? Atau ini hanya ke bohongan??

          1. mohon maaf pak…mu tanya..tahun kemaren sya ikut paket B.
            tp sampai sekarang ijazah saya blm keluar…tp sebagian teman saya sudah ad yng keluar…
            apa memang keluar ijazah it satu satu pak..dan apa beda nya saya dengan teman sya …tempat skolah kami sama.
            tp knp ijazah kami ad yng keluar ad yang blum..
            kata kepala PKBM kami…dari pusat nya yang blm keluar…
            mohon penjelasan nya pak..
            saya dari PKBM kalianda lam-sel

          2. Saya tidak tahu mas. Blanko ijazah biasanya dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan di kota. Biasanya sih satu paket/rombongan yaa..

          3. Ersa amina yonari

            Assalamu’alaikum pak
            Saya mau tanya saya lulusan paket c mau kuliah tapi enggak punya biaya ,di kampus di daerah saya ada yg menyediakan kuliah gratis cuman harus ijazah resmi bukan paket .
            Saya kecewa pak saya ingin sekali masuk perguruan tinggi .apakah harapan saya pengen kuliah itu tidakkan tercapai

          4. Wa’alaikum salam wr wb,
            Untuk kuliah, banyak jalan yang bisa dilakukan. Anda bisa mulai bekerja dulu, mengumpulkan uang, dan kemudian menggunakan uang untuk kuliah. Anda juga bisa kuliah di Universitas Terbuka (UT).

          5. Pak bagaimana lq ijazah sma saya 2010 sedangkan saya masuk kuliah 2009..saya dulu tidak lulus sma dan ujian paket c…mohon infox..

          6. Untuk selanjutnya, yang dipakai ijazah Paket C saja. Yang penting pastikan kuliah Anda selesai karena yang dilihat biasanya hanya ijazah terakhir.

        3. saya mau tanya pak, apakah di benarkan penerbitan kejar paket B dan paket C selisih cuman 2 tahun, kejar paket B di tahun 2003 sedangkan kejar paket C di terbitkan tahun 2005

          1. Setiap tahun aturannya berubah. Tahun ini tidak bisa karena harus berjarak 3 tahun. Pada waktu tahun 2005 saya tidak tahu aturannya bagaimana

        1. Pa skrg usia 21 klo ikut paket B bisa gak dan klo spertinya sdh dpt ijasah paket B , masuk smk negri apa bisa pa trimakasih

          1. Ikut ujian Paket B bisa. Untuk daftar SMK saya tidak tahu, kelihatannya dibatasi usia.
            Jika tidak bisa ke SMK, berarti prosesnya lanjut ke Paket C Kejuruan

          2. Asslaikum pak,,kalo nilai rapot paket c bisa gak buat daftar kuliah lewat jalur PMDK

          3. Saat ini tidak ada jalur undangan untuk anak PKBM/Paket. Jalur undangan hanya untuk anak sekolah.

          4. Ass,pak .apakah masih bisa di ambil raport SD yg sudah 18th belum di ambil di sekolah.saya mau lanjut paket b.tapi raport SD masih di sekolah saya putus sekolah kls 6 sd

          5. Silakan bertanya ke sekolahnya jika mau ambil rapor SD.

            Kalau usia di atas 20 tahun dan mau Ujian Paket A, langsung saja ke PKBM (tidak perlu rapor SD)

        2. Assalamualaikum saya mau nanya apakah siswi yg ijazahnya paket C bisa dan akan diterima jika daftar ke fakultas swasta di jurusan kedokteran, keperawatan ataupun kebidanan?

          1. Wa’alaikum salam wr wb. Sampai saat ini tidak pernah terdengar masalah. Untuk lebih tepatnya, coba dicek di PT Swasta yang Anda minati

          2. Hallo pak mau nanya kan sekarang umur saya 21 tahun dan udah selesai pakek a di tahun 2018 dan sekarang saya sudah 21 saya mau ikut pakek b tapi pas saya sudah lulus paket b bisa kah ikut paket c tampah menempuh 3tahun terima kasih

          3. Aturan yang ada saat ini adalah ujian sebelumnya + 3 tahun. Tapi untuk yang sudah lebih dari 20 tahun, mungkin ada pertimbangan berbeda. Coba dicek langsung ke PKBM

          1. Betul, tidak bisa langsung ujian. Harus daftar dulu di PKBM untuk ikut Ujian Paket. Kalau Anda pindah dari sekolah, harus langsung daftar (mutasi) ke PKBM

        3. Maaf pak saya mau nanya, kalo saya mau ikut paket b tapi ijazah saya nama nya beda sm nama saya sekarang, karena waktu pas saya putus sekolah SMP mamah saya nyuruh saya ganti nama karena sering sakit. Ktp saya sm kk udh pakai nama yg sekarang. Kira2 bisa gak ya pak? Terima kasih

          1. Harus dikonsultasikan ke PKBM, mbak. Kalau perubahan nama di KTP dan KK itu dasarnya apa? Penetapan pengadilan? Kalau iya, berarti bisa tidak ada masalah.

          2. PAk, sy mau brtnya.ijasah sy SMP THN 2004, paket C THN 2006. Waktu tempuh skolah 2 tahun. Trus ijasah S1 THN 2014. Apakah TDK masalah ijasah paket C saya yang hanya 2 thn? Dan sy mengikuti tes ASN ..kl misalx lulus… Apa ijasah paket saya tidak masalah

          3. Setiap tahun aturan yang dikeluarkan berbeda. Jika Anda memperoleh ijazah dengan cara yang sah dan ijazahnya resmi, mestinya tidak ada masalah.

      2. izin bertanya pak.. kalau kita memiliki 2 ijazah yg setingkat itu boleh? contoh punya ijazah UN SMA dan punya ijazah PAKET C IPA, makasih..

          1. Mohon izin pak
            Saya mau bertanya
            Tahun berapa pertama kali diterbit Kan Ijazah paket b oleh kemendikbud?

          2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Pak, apakah ijazah paket A bisa lolos utk persyaratan masuk sekolah kedinasan seperti akmil dan sejenisnya? Tks

          3. Wa’alaikum salam wr wb,

            Saya tidak update dengan perkembangan terbaru, kak. Dulu sempat bermasalah, kemudian boleh. Saya tidak tahu yang sakarang. Anda bisa coba tanyakan ke instansinya langsung.

        1. Mohon penjelasannya pak, Ade saya punya ijazah paket B, ikut seleksi bola pas di verifikasi ijazahnya trnyata NISN nya tidak terdaftar, gimana solusinya pak,?
          Apakah itu ijazah palsu?

          1. Yg blm saya temukan jawaban nya skrg adlh brpa lama waktu untuk menempuh paket c itu jika sebelum nya punya ijazah SMA..??

          2. Cek di PKBM karena ijazah SMA-nya tidak diakui kalau mau ujian paket C. Syaratnya data Anda harus terdaftar di sistem Dapodik dan menyelesaikan proses belajar. Jadi, Anda harus mengerjakan modul dan punya rapor juga di PKBM.

          1. Bisa. Kuncinya, sekolah yang dituju ada kursi kosong untuk Anda.
            Pastikan ikut PKBM yang ada ujian dan raportnya.

          2. Pak, saya seorang guru dan ijazah SMP saya Paket B sedangkan syarat mengajukan NUPTK scan Ijazah dari SD sampai PErguruan tinggi, kira² bisa apa egk ya pak ? Mohon sarannya

          3. Mohon maaf, saya tidak tahu dan tidak punya jawabannya, kak Mutiara. Secara hukum ijazah Paket B itu setara dan harus diperlakukan setara dengan ijazah SMP.

      3. Pak mohon penerangannya ijazah terakhir saya paket C, saya daftar polri hasilnya di tolak mentah-mentah itu gimana pak apakah bisa saya menuntut hak saya agar bisa menjadi seorang polisi negara.

          1. mohon penjelasanya…
            dulu saya pernah keluar sekolah pada thn 2000 (SMA kls 2).
            apakah bisa kira² saya melanjutkan lg agar mendapat ijazah sma di sekolah yg sama .
            raport saya masih di sekolah itu.
            trm ksh.

          2. Saya tidak punya informasinya. Kalau umur di bawah 20 tahun, mestinya bisa dilanjutkan di sekolah. Coba ditanyakan ke sekolahnya..

      4. Pak sya lulus SMP tahun 2016,saya sekarang baru kelas 2 SMA ,tapi saya sudah malas untuk lanjut SMA ,kalau tahun ini saya ikut ujian paket c apa bisa pak?berapa lama saya bisa ijasah paket c

          1. Pak saya mau bertanya kalau dulu saya sekolah sd dan smp tapi ijazahnya paket pak tapi saya pindah ke smk. apa kah saya bisa mendaftar menjadi polri walau ijazah sd ku dan smp qu ijazah paket

            Balas pak……

          2. Saya tidak punya informasi yang akurat, mas. Lebih baik pertanyaan ini Anda tanyakan langsung ke panitia pendaftaran kepolisian. Kalau secara hukum seharusnya tidak masalah. Tapi perlu dipastikan dengan menanyakan pada panitia

      5. Selamat malam pak arr, saya mau tanya saya tahun 2010 ambil paket c dan saya kuliah lulus tahun 2017. Pertanyaannya saya tidak ambil paket B, dan sekarang saya butuh ijazah SMP atau setara Paket B. Apakah di usia yang sekarang apalagi sudah punya ijazah paket c dan ijazah perguruan tinggi s1 masi bisa mengurus ijazah paket B. Trimakasi sebelumnya.

        1. Secara legal, syarat untuk mengikuti Ujian Paket C adalah memiliki ijazah Paket B atau ijazah SMP. Saya tidak tahu alasan PKBM bisa memberikan Anda izin mengikuti ujian Paket C. Ujian Paket B bisa diikuti dengan syarat punya ijazah SD/Paket A. Tapi akan jadi aneh karena ijazah Paket B-nya tahunnya lebih mudah. Coba dikonsultasikan dengan PKBM tempat Anda ujian dulu

          1. Selamat malam, mau bertanya pa. Saya sekarang baru lulus SMK, saya ada niat mau masuk taruna pelayaran, tapi harus SMA atau paket C, apa bisa saya mempunyai 2 ijazah setingkat sekaligus? Dan saya baca2 komen diatas sepertinya banyak yg menolak paket c. Mohon penjelasannya pak, salam sejahtera.

          2. Pak, anak saya akan mendaftar SMA dengan ijazah paket B, namun menurut SMA yg akan dituju, lulusan dg ijazah paket B tidak bisa langsung masuk SMA karens tidak terdaftar di dapodik. Mohon sarannya bagaimana solusinya Pak.

            Terima kasih

          3. Coba dikonsultasikan dengan Dinas Pendidikan setempat karena aturannya boleh. Anda bisa mencari Peraturan Pemerintah (PP) no 17 Tahun 2010 tentang “Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan”, untuk perpindahan dari PKBM ke sekolah ada di pasal 71, 73, dan 81.

          4. Pak apakah benar … Saya sekarang ikut paket C … Tp katanya ijazah paket C itu menunggu 1 tahun setelah ujian baru bisa keluar … Padahal awal tahun pelajaran baru besok saya mau mendaftar kuliah … Apakah benar itu pak … Mohon solusinya

          5. Pak saya mau bertanya saya kn ngambil ijazah paket B tahun 2019 apakah bisa saya mengambil ijazah paket C ditahun 2020 karna seharusnya saya sih Uda tamat sekolah pak

          6. Aturan yang ada sekarang tidak bisa. Ujian Paket C berjarak 3 tahun dari SMP/Paket B. Untuk kepastian, coba tanyakan ke PKBM

          7. Wahida Nur Aini

            Selamat malam pa AAR, izin bertanya.. kebetulan saya sudah lulus MA atau sama seperti SMK Dipondok pesantren tahun 2021 dan setahun ini saya mengabdi dipondok niat saya tahun ini ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti sekolah paket C dan bersyukur ny sudah menemukan sekolah paket C nya sekarang ini. Saaya mau mengambil paket C karena jurusan Aliyah saya kemarin itu IPS sedangkan saya mau mengambil kedokteran.. apakah masih berlaku seandainya saya mendaftar ujian paket C dan bisa mendaftar kedokteran atau bagaimana pak? Mohon dijawab. Terimakasih

          8. Aturan saat ini tidak bisa mendaftar Kedokteran menggunakan ijazah Paket C. Untuk mendaftar SBMPTN fakultas kedokteran harus memiliki ijazah SMA atau Madrasah Aliyah IPA.

          1. Wa’alaikum salam wr wb,

            Bisa, tidak masalah. Ujian Paket memfasilitasi siapapun untuk ikut ujian. Jika mau Ujian Paket C, berarti harus punya ijazah SMP atau Paket B.

      6. Pak.saya mau tanya..tahun 2012 saya ikut ujian paket c..dan saya lulus..waktu itu saya bayar pendaftaran.Rp.1700.000..dan saya baru bayar 7000.000.san sisa.nya 1jutaan LG blm saya bayar..akhirnya ijazah di tahan..dikarenakan blm ada uang buat melunasi…stelah 7tahunan saya mau menebus sisa.nya..tpi setelah saya tanyakan ternyata 2x lipat..jadi 2jutaan..apakah saya kena denda..

        1. Biaya administratif tiap PKBM beda-beda. Kalau Anda merasa keberatan dengan denda yang besar itu, Anda bisa mengadu ke Dinas Pendidikan

        2. Pak, saya mau tanya. Bagaimana Cara cek ijazah secara online untuk paket B tahun 2016 dan paket C tahun 2021?
          Untuk memastikan legalitasnya

      7. Pak saya ketinggalan paket c selama 1 semester di tahun ini. apakah saya bisa mendapatkan ijazah bareng temen temen yang masuk ujian paket bareng saya di tahun yang sama???

          1. Mau bertanya pak.. di ijazah paket c tahun lulus 2007..
            Apakah transikip nilai nya tidak ada?? Soalnya untuk kelengkapan CPNS 2021.

          2. Mungkin tidak ada karena di zaman itu yang ada hanya ijazah. Lebih jelas, silakan ditanyakan ke PKBM tempat Anda mendapatkan ijazah.

          1. Caranya: daftar di PKBM terdekat di kota Anda. Proses ujian Paket C baru bisa dilakukan tahun 2022 karena pendaftaran ujian 2021 sudah ditutup.

          2. Pak saya mau tanya.kan saya dulu berhenti kelas 2sd.
            Umur saya sekarang 18 mau masuk 19thn.
            Apakah saya bisa ngmbil paket ABC.
            Pliss jawap pak?

          3. Ujiannya harus bertahap. Ujian Paket A dulu, setelah itu Paket B, setelah itu Paket C. Teknisnya bisa ditanyakan ke PKBM yaaa

      8. Tolong di jawab Pak apakah paket C Bakal sama pembelajaran nya seperti paket B?trs kalo un 2021 di hapus UN paket C juga gak?

        1. Paket B untuk SMP, Paket C untuk SMA. Pelajarannya pasti beda. Kalau UN dihapus, Paket C tetap ada. Ujiannya dilakukan oleh PKBM

          1. Pak mo nanya, saya umur 20 tahun lulus smp tahun 2017 apakah bisa kejar paket c tnpa menempuh selama 3 tahun?

          2. Nah, di aturan yang dulu bisa mas. Di aturan yang sekarang syaratnya harus menyelesaikan materi belajar SMA. Mungkin harus mengerjakan semua modulnya dulu, baru bisa ujian. Kepastiannya perlu dicek di PKBM

      9. Adik saya mau daftar paket C tapi harus menyertakan surat pindah dari sekolah yg dulu..sekolah yg dulu tidak memberikan karna alasan harus melunasi spp…padahal dari awal Desember adik saya sudah bilang berhenti dari sekolah biasa karena kesehatan nya ga memungkinkan untuk sekolah normal& pihak sekolah pun mengizinkan..sekarang masa pemulihan dia ingin ambil paket C.
        Pertanyaan saya apakah paket C harus menyertakan surat pindah pak

        1. Aturan tertulisnya, untuk pindah ke PKBM memang mutasi dari sekolah. Tapi praktek di PKBM bermacam-macam. Kecuali sudah lama putus sekolah. Coba cek di PKBM lain

      10. Ronaldianto Mustapa

        pak data peserta Ujian persamaan paket A. Setara (SD) di Tahun 1994 saya
        Saya menelusuri di PKBM di dinas pendidikan dan instansi yang terkait datanya tidk ada. Tidak Terdaftar.
        Mohon petunjuknya datanya bisa di cek kemana?

        1. Di Indonesia ini data memang masih banyak yang kacau. Apalagi jika sistem di PKBM dan Dinas Pendidikan masih manual. Secara umum, data disimpan di PKBM dan/atau Dinas Pendidikan setempat.

      11. pak Aar saya keluar sekolah smk karena tidak naik kelas 3 , jika saya mau melanjutkan ke paket c apakah harus mengulang lagi di kelas 2 atau bisa langsung ke kelas 3??

        1. Untuk persiapan Ujian Paket C, tidak ada istilah naik dan tidak naik. Yang ada adalah Anda harus menyelesaikan modul belajar tingkat SMA (untuk mendapatkan nilai rapor), setelah itu mengikuti Ujian Paket C. Semua proses Ujian Paket C dilakukan di PKBM

          1. Pak mau tanya klo anak sya ikut kesetaran tingkat wustla/smp karena sekolah dipondok pesantren nti bisa mendaftar di sma…

        1. Pak mohon dijawab, untuk mengikuti ujian paket C, kira2 untuk mendapatkan ijazah SMA dari paket c itu sendiri butuh berapa lama ? apakah stelah menyelesaikan ujian, bisa lgsung keluar ijazah paket c nya?

          1. Seperti halnya ujian SMA, setelah ujian Paket menunggu pengumuman kelulusan, setelah itu menunggu proses penerbitan ijazah oleh Dinas Pendidikan setempat. Tidak bisa selesai ujian langsung keluar ijazah.

      12. Pak, saya sudah lulus ujian paket c,
        di kartu keluarga sebelumnya tercantum pendidikan SLTP. apakah harus diganti lagi kartu keluarganya?
        Terimakasih

        1. Kalau mau data yang valid, berarti perlu ke kelurahan untuk mengurus perubahan Kartu Keluarga, kak Denis

      13. Pak, saya adalah siswi smk jurusan keperawatan sosial. Setelah lulus ini rencananya ingin masuk kedokteran. Tapi ternyata tidak bisa karena syarat masuknya adalah lulusan ipa/sederajat. Pertanyaan saya, apakah bisa saya ikut ujian paket c? Apakah bisa saya punya dua ijazah di tingkat yang sama (smk dan paket c ipa)? Karena saya lulus di tahun 2022, apakah bisa di tahun 2023 lgsg mendaftar ujian paket c? Terimakasih banyak pak..

          1. Mau tanya pak, saya lulusan sma tahun 2019, karena mau ambil kuliah tahun depan saya mau ambil paket c pak. Saya sudah tanya ke beberapa pkbm katanya tidak bisa karena nanti data di kemendikbudnya jadi ada dua. Itu bagaimana ya pak solusinya? Terima kasih banyak pak

      14. Saya sudah ikut ujian paket c,dan Lulus,tetapi ijazah saya paket c masih belum saya ambil,tidak sempat disaat itu,karena saya berangkat dari kampung,untuk itu saya mohon bagaimana cara atau solusi untuk bisa saya ambil ijazah saya paket c,siapakah yg kita temui.
        Apakah pihak dinas pendindikan dikecamatan?atau
        Pihak sekolah asal,atau
        Saya lapor kepada pihak kepolisian.

        Bagaimana solusinya pak(mohon bantua)
        Terimakasih.

        1. Ijazah Paket dikelola oleh PKBM tempat Anda ujian. Jadi, proses pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek ke PKBM tempat Anda ujian Paket.

      15. Pak saya mau tanya kalo ijazah homeschooling itu buat daftar TNI bisa gak pak….dan setara kaya ijazah pada umunya atau tidak

        1. Saya tidak update dengan perkembangan terbaru, kak Rangga. Dulu sempat bermasalah, kemudian boleh. Saya tidak tahu yang sakarang. Anda bisa coba tanyakan ke instansinya langsung.

      16. Mohon izin bapak mau bertanya, apakah pada saat kita mendapat paket A, B dan C tanpa mengikuti pembelajaran dan langsung mendapatkan ijazah paket, apakah hal tersebut sah atau bisa di kategorikan tidak sah dan bisa masuk ke dalam pemalsuan dokumen mohon saran bapak terimakasih

        1. Kalau nggak ada ujian dan langsung dapat ijazah, itu berarti ijazahnya mungkin aspal (asli tapi palsu). Blanko ijazahnya mungkin asli, tapi prosesnya tidak betul. Secara hukum bisa bermasalah.

      17. Paaaf sy mau tanya
        Sekolah sya hanya lulusan SD saja SMP SMA sy tidak mempunyai ijasah. Apakah sya bisa untuk mempunyai ijasah SMP dan SMA pak .agar sya bisa melanjutkan ke kuliah

        1. Anda bisa kuliah. Caranya ikut Ujian Paket B (setingkat SMP) dan Paket C (setingkat SMA). Ujiannya di PKBM. Kalau sudah punya ijazah Paket C, Anda bisa mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri atau swasta.

          Cpba cari PKBM yang ada di kota Anda untuk Ujian Paket B yaa..

      18. Mw tanya adik syh ikut paket b.ijaza SD nya sekolah formal bukan paket.tpi knapa yah beda nis nya di ijaza paket b.ngk sma denagn nis SD?dan nis itu dari pusat pak?gmn

        1. Coba ditanyakan ke PKBMnya kak.. karena sebagian sistem belum sinkron, kemungkinan dibuatkan data NISN baru saat ujian Paket B. Yang penting data NISN Paket B-nya betul2 terdaftar di sistem, bukan abal-abal.

    2. Maaf maunanya? nama marga di ijasah pkt c saya dan di daftar nilai nya berbeda… apakah itu tidak akan mempersulit/berpengaruh saat qta melamar atau ikut tes lanjut ke jenjang kuliah?

        1. Asalammualaikum saya mau nanya,sya tahun kmrinkan berenti skola wktu kls2 smp,dan sya skrng lagu ikut paket B,apakah smk swasta bisa nerimanya?
          Tolong dijawab ya pak😊

          1. Pak..
            Anak saya putus sekolah saat kelas XI di Aliyah, apakah saat mengikuti Paket C harus 3 tahun ( dr awal ) atau 1 tahun ( melanjutkan ).

          2. Pak saya mau tanya…
            Saya sudah lulus paket c tapi sama mau sekolah SMK lagi apakah boleh nantinya punya ijazah 2 ?

        2. Pak saya mau tanya, untuk pengisian data lamaran kerja disitu ada kolom yg harus diisi,.
          Sekolah/Universitas,.
          Sedangkan saya paket C TANI KARYA, OGAN KOMERING ULU.
          Yg saya pertanyakan adalah, saya tulis TANI KARYA, OGAN KOMERING ULU atau saya tulis PENDIDIKAN KESETARAAN PROGRAM PAKET C

      1. salam pak saya siswa lulus sma tahun 2013 ingin mendaftar PTN lagi, saat ini saya adalah mahasiswa akhir di ptn kampus seni, namun saya ingin mengambil disiplin lain. jika saya mendaftar paket c untuk kepentingan mendaftar ptn karena ijazah saya sebelumnya sudah tidak bisa dipakai mendaftar karena batas pendaftaran yang ditetapkan ptn. apak ijazah saya sebelumnya hangus? apakah ijazah resmi saya tidak bisa dipakai lagi, untuk mendaftar universitas swasta misalnya. jika tidak keterima di ptn

        1. halo, mas Ardi! we’re in a same case deh kayanya😹 aku juga lulusan sma bangkotan yg ambis pengen ikut sbmptn lagi. dan kita punya pemikiran yg sama btw wkwk. aku juga mau ambil paket c tahun depan (2018) agar supaya bisa mengikuti ujian sbmptn lagi 2018. kalo menurut aku si, ijazah kamu masih bisa dipake untuk daftar pts kok. kalo mau ikut paket c lagi juga sah sah aja. disini gada pihak yg dirugikan, namun disini hanya kita saja yg harus take risks, yaitu: 1. lulus paket c di umur yg udah lumayan bangkotan, 2. jika insha allah kita udah dapet PTN setelah lolos seleksi sbmptn, kita pun jadi maba diusian 20-an. Mas sekarang umurnya 22 kan? 22 masih bisa bisa ikut sbmptn kok. Umur maksimal ikut sbmptn kalo gasalah 24. Sharing bareng yuuk mas. Aku juga bingung mau ambil paket c dimana. Kalo berkenan, sila add wa/line saya yaa di nomer 081231359182. Makasih^^

          1. dek rrahmadania… coba anda share tentang peraturan batas umur ikut sbmptn…btas umur peserta loh ya bukan batas max keulusan ijzah yg 3 x…
            karen selam ini lum ada aturan yg jelas tentang batasan umur peserta sbmptn…yg ku tahui yg di btaai ksepatan 3 x buat ijzah kelulusan
            karena kita seperjuangan…dan kemaren dah kut ujian paket c yg periode oktober… tinggal nunggu pengumuman… aku jauh lbh ambi dari pada kaian …bhn b dikatakan gila ambis e hahaahah….
            so aku akan punya 2 ijazah klu paket c ne jadi… ijazah sma& ijazah paket c…

            nie no wa ku 082298901782
            lagi cari tmn yg seambis & seperjuangan….
            rahmadania..ntar aku kontak yaaa
            ada yg mau kutanyain

        2. Anak saya mengikuti PKBM yang mengaku sebagai sekolah formal selama kelas 7. Sekarang mau pindah ke sekolah formal kelas 8 ditolak oleh diknas propinsi Jawa Timur dan harus mengulang kelas 7 lagi di sekolah formal tersebut, apa yang harus saya lakukan

          1. Saya tidak tahu kak. Pertanyaan ini bisa ditanyakan ke Dinas Pendidikan atau ke LBH (Lembaga Bantuan Hukum)

    3. Assalamu Alaikum…
      Bagaimana itu Pak,, jk lulusan paket c, apakah bisa melanjutkn sekolah perguruan tinggi?
      Krn saya lulusan paket C
      Terimakasih.

      1. Ass. pak jika saya Telah Berhenti Sekolah di kelas 2 smp smstr2 apakah jika saya melanjutkan ikut Paket B apakah saya bisa SMA/SMK. Mohon dijawab

        1. Wa’alaikum salam wr wb,

          Setelah berhenti kelas 2 SMP, bisa melanjutkan proses belajar dan ujian Paket B di PKBM. Setelah itu bisa mendaftar ke SMA/SMK (tergantung ketersediaan tempat dan hasil tes)

        2. maaf sblmnya pak, saya hanya memiliki ijazah SD dan habis tamat SD saya tdk melanjutkan ke SMP lg berhubungan perekonomian org tua saya dl memang sangat sulit, dan sekarang saya sdh berumur 40thn dan kehidupan sdh lumayan dan ingin memiliki ijazah SMP,SMA dan mempunyai Gelar klu bisa, disini pertykan saya apakah saya masi berkesempatan untuk mendapatkan impian saya dan jalur apa yg harus saya tempu tapi tidak ke sekolah bergabung dengan anak” soalnya di usia saya mungkin akan di bully tmn sekolah. mohon petunjuknya pak? terima kasih.

          1. Bisa mas Yanto. Caranya daftar di PKBM untuk ikut Ujian Paket B (SMP). Setelah lulus Paket B, Anda bisa melanjutkan untuk proses ujian Paket C (SMA). Kalau sudah punya ijazah SMA, Anda bisa mendaftar di Perguruan Tinggi swasta untuk mengejar gelar sarjana. Proses belajar di PKBM biasanya bersama orang dewasa lain yang juga mau Ujian Paket.

    4. Fera rachmatillah

      Saya mau bertanya misal saya baru lulus smp tapi saya tidak mampu untuk melanjutan sma tapi saya ingin melanjutkan sekolah sma,minimal tinggal krlas untuk melanjutkan sekolah paket c minimal berapa tahun ya?

      1. Untuk ujian Paket C, waktunya minimal 3 tahun setelah SMP. Tergantung Anda kesiapan Anda mengikuti Ujian Paket C

    5. Pak mohon ijin mau tanya, apakah ijazah paket C bisa masuk TNI/Polisi Terutama buat Taruna TNI?

      Tolong dibalas secepatnya pak

      ~Terima kasih~

        1. Pak saya mau tanya ini

          Saya ada skhu paket b tapi ijazahnya terselip dimna dan saya kembali cari pkbm nya tidak ketemu bagaimana solusinya

          1. Halo kak,
            Prosesnya dilakukan dengan mengurus Surat Kehilangam di kepolisian, kemudian dibawa ke PKBM untuk mendapat Surat Pengganti, kemudian ke Dinas Pendidikan setempat.

            Lebih detil, silakan cek di sini.

          2. Paka sy mau bertanya
            Sy sekolah normal SD-SMP pas SMP sy tidak lulus murni sy harus ikut ujian paket B kemudian ijazah yang keluar itu dari Dinas Pendidikan setempat
            Nah sekarang sy lulus CPNS ada pengisian DRH dan butuh riwayat pendidikan
            Pendidikan SMP sy tulis nama sekolah asal sekolah sy atau yg mengeluarkan ijazah yaitu dinas pendidikan setempat?

          3. Riwayat pendidikan biasanya ditulis berdasarkan lembaga yang mengeluarkan ijazah. Jika ijazah Paket B, yang ditulis adalah lembaga tempat Anda ujian dan mengeluarkan ijazah Paket B Anda.

    6. Saya tergerak untuk lulusan SMP bisa mengikuti kesetaraan dalam dalam waktu singkat khusus Pekerja Migran Indonesia disektor formal maupun informal. Agar mereka yang tidak diberi kesempatan sekolah dibangku SMA bisa menjadi pahlawan devisa. Karena syarat calon Pekerja Migran Indonesia rata rata lulus SMA

    7. Pagi Adek saya ikut paket B tahun 2018/2019, sekarang sudah kelas 2 SMK,permasalahan sekarang ijasah di chek tidak online, mau tanya solusinya gmn, apa harus di sampaikan ke diknas tempat ijasah keluar atau bagaimana terimakasih

    8. Assalamualaikum pak saya mau tanya tolong dijawab, saya dlu pernah keluar sekolah 1 taun nah skrg saya kelas 2 smp yg seharusnya saya sudah kelas 3 saya malu pak ketinggalan setaun lalu saya berniat buat ambil paket B biar taun depan bisa masuk sma bareng temen,Tapi kata kaka saya kalo paket B bAkalan susah keterima kerja.Emang betul pak? Saya bingung

      1. Tergantung kerja di mana. Kerja itu yang utama kemampuan/skills dan attitude. Asah kemampuan sehingga jago di bidang tertentu. Jika jago, kita biasanya dicari perusahaan, bukan mencari pekerjaan.

    9. Assalamu’alaikum pak
      Saya mau nanyak nii, ini kn saya kelas 11 pak, truss saya pas pertengahan semester 1 gaa ngelanjutin, truss saya mau daftar ulang lagi tahun depan di sma yg berbeda kelas 10 apakah bisa pak?
      Mohon jawabannya pak🙏

  2. mohon penjelasan ,apakah boleh jarak ijazah paket A dengan Pakeb B Hanya 1 tahun,apakah bisa dikatakan ilegal kalau ada ijazah yang berjarak 1 tahun tersebut

      1. Apakah aturan itu berlaku pada usia diatas 30 tahun saat ini mas,karena sya 2thn lalu selesai paket B, dan sekarang mau ambil paket C, makasih sebelumnya mas, sy tunggu jawabanya

          1. Sy dulu pernah membaca buku peraturan paket bhw utk siswa yg berusia 25 th ke atas bisa 2 thn sj sekolahnya. Tapi buku itu sy cari sdh tdk ada. Apa mas Ardi pernah membaca peraturan itu? Mohon balasannya, krn sy sangat perlu. Tks.

          2. Saat ini aturannya sudah berubah. Semua proses berlangsung 3 tahun.
            Sebenarnya ada peluang lebih cepat karena kurikulum 2013 menggunakan sistem modular. Kalau bisa lebih cepat menyelesaikan modul, bisa lebih cepat lulus. Tinggal cek apakah PKBM sudah menerapkan hal ini dan sudah disetujui Dinas

    1. Selamat malam aa.. Saya mau nanyak.. J
      Saya dulu masuk kuliah 2009 dengan menggunakan suket mengikuti paket c sedangkan dalam perjalanan kuliah saya.. Saya tidak lulus sma dan paket c kuliah saya berlanjut dan saya mendapatkan ijazah sma tahun 2010..mohon pencerahannya…

      1. Kalau Anda bekerja di swasta, yang dilihat biasanya adalah ijazah terakhir. Pastikan Anda lulus dengan baik dan memiliki kemampuan kerja baik sehingga yang dilihat adalah kemampuan Anda, bukan ijazah Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda bikin bisnis dan berhasil, maka tak ada yang mempermasalahkan ijazah Anda.

    1. Secara legal seharusnya bisa. Tapi karena nilai “passing grade” yang dibandingkan berbeda & waktu pengumuman Ujian Paket sering terlambat, ini yang menjadi masalah administratif dalam proses pendaftaran.

      1. Mohon pencerahanya pak.
        Saya lulusan s1,,dulu pernah mengikuti ujian paket B di karenakan ujian smp tidak lulus.
        Nah sekarang mau daftar cpns,
        Apakah bisa dgn kelengkpan berkas ijazAh paket paket B?

        1. Saya tidak punya informasinya mas. Kalau secara hukum seharusnya tidak bisa dipermasalhkan karena status hukumnya sama dengan ijazah sekolah.

          1. Pak saya mau tanya,kalo sudah punya ijazah paket B,lalu ingin melanjutkan ke SMK swasta belajar 3 tahun sprt umumnya,apakah nantinya di akhir tahun kelulusan ijazahnya juga akan tertulis “program ijazah paket c” atau akan mendapatkan ijazah seperti biasa pada umumnya pak.trims

  3. Saya dulu ikut ujian paket c tahun 2007 waktu itu saya tidak sempat lihat pengumuman kelulusan karena harus krja dimalaysa terus kalau saya sekarangnya mengurunya saya harus kemana dulu. Makasi

          1. maaf pak iku nimbrung…. saya peserta unjian pket C dan sudah di nyatakn lulus bulan juli 2018. tp sampe sekarang ijazah belum keluar,katanya memang dr pemerintah belom d kluarin.bahkan mereka bilang ijazah yg sekolah formal saja blum keluar..
            .pertanyaanya :
            1..apa bener ijzah paket c smua pkbm belum keluar?termasuk yg formal..
            2..kalau memang benar blum keluar knp??
            3.. kalau di misalkan ini penipuan kana saya mengadu?
            terimakasih.mohon bantuan

  4. Sebelumnya terima kasih pak untuk pe jelasannya tapi maaf PKBM itu dimana ya kmrin saya juga ke diknas malang tapi belum ada kabar

  5. Maaf pak mau tanya ,kalau seandainya punya ijazah lulusan sd tapi paket,,apakah bisa masuk smp negri atau swasta dengan ijazah paket sd tadi,,sekian terimakasih pak

    1. Secara hukum bisa, tapi masalahnya alat seleksi masuk negeri adalah Nilai Ujian Nasional. Kalau untuk swasta mestinya tidak masalah.

  6. Mohon dibantu Mas Aar, Apa yang harus dilakukan jika anak saya ikut Paket B , dan ingin masuk SMA Negeri agar tidak terlambat ikut di pendaftaran online?

  7. rubieabdurahman@gmail.com

    maaf pak nama diijazah paket b apakah bisa dirubah . kalau bisa kemana harus merubah . atau diperbolehkan menghapus secara manual nama tersebut.

          1. Bisa. Tapi karena jadwal keluar ijazahnya suka terlambat, anak lulusan Paket B biasanya masuknya ke sekolah swasta yang membutuhkan murid

          2. Usia saya 20th pak sekarang…semisal mau masuk paket c bisa gak ya..saya lulusan SMP sudah 3th lalu

          3. Bisa. Tapi pendaftaran tidak bisa mendadak. Mulai sekarang, Anda datang ke PKBM dan tanyakan proses ujian Paket C. Ujiannya baru akan dilakukan tahun 2021.

          4. Pak saya ingin bertanya, saya sekarang kelas 11 ips, saya salah jurusan. Saya ingin pindah ke IPA krn saya ingin kuliah kedokteran tp sekolah tdk mengijinkan pindah jurusan. Saya ingin pindah paket C. Apakah univ PTN kedokteran menerima lulusan paket c?

          5. Sayangnya saat ini aturan penerimaan mahasiswa baru Kedokteran di PT Negeri harus pakai ijazah sekolah, tidak bisa memakai ijazah Paket

      1. vinsensia ujur@gmail.com

        selamat pagi pa….q salah satu peserta lulusan paket C dan sudah menempuh perguruan tinggi di makassar …pertanyaam saya apakah bisa masuk kalau saya ajukan dapodik pak …mohon pencerahanya karena sekarang q lagi ngajar di SMA NEGERI

        1. Mengajukan Dapodik itu maksudnya apa?

          Kalau sudah punya Ijazah Paket C, berarti ijazahnya Paket C. Kalau PKBM yang mengeluarkan Paket C resmi, datanya ada di Dinas Pendidikan. Kalau sudah kuliah dan lulus sampai sarjana, untuk bekerja biasanya yang dilihat hanya ijazah terakhir (S1)

  8. rubieabdurahman@gmail.com

    maaf pak ditempat kami anak SMA ketika mengikuti ujian akhir sekolah harus berusia 20 tahun. sedang saya berusia 21 tahun saya baru kelas 2 sma otomatis saya berhenti sekolah atau kami merubah kk dan akte. padahal kan menuntut ilmu tidak pandang umur. skrg saya tidak bersekolah lagi. apa solusi bpk untuk kami penerus bangsa ini trims

  9. tidak ada sekolah lain pak karena ini peraturan sekabupaten.ujian paket c kan masih sulit untuk melanjutkan ke ptn. dan di paket c tidak ada jurusan karena cita cita saya ingin menjadi dokter. pak aar sekiranya dapat membantu kami semoga tuhan yang membalas . trimz

    1. Saya tak tahu aturan legal tentang batasan umur di SMU ini. Mungkin bisa dikonsultasikan ke LBH di kota Anda atau pindah sekolah SMU di kota lain. Tentang Ijazah Paket C, aturan ini menegaskan bahwa tidak boleh menjadi hambatan utk kuliah.

  10. Pak,, saya lulusan SMK tahun 2016 ini, apa diperbolehkan jikansaya ikut ujian paket C karna untuk melanjutkan kuliah di luar negri tdk mengenal ijazah smk, jadi harus menyetarakan SMA. Jadi nanti saya punya 2 ijzah apa diperbolehkan? Trims jawabanya 🙂

    1. Saya tidak punya jawabannya mbak. Jika Anda punya ijazah SMP/Paket B, mestinya Anda bisa ikut Ujian Paket C. Silakan dikonsultasikan dengan PKBM penyelenggara ujian

          1. pak saya mau tanya, saya baru ujian paket b tahun ini, apakah tahun 2021 nanti bisa langsung ikut ujian paket C? mohon bantuannya pak saya berharap bisa ikut kuliah seperti teman² saya

            saya sudah umur. 19 tahun jadi apa kah bisa setelah ujian paket b saya tahun ini, saya bisa langsung ujian paket c tahun depan?
            trimakasih sblumnya pak

          2. Aturan yang ada saat ini tidak bisa, mbak. Ujian Paket berjarak 3 tahun dari ijazah sebelumnya. Jika Anda sudah berusia 19 tahun, mungkin bisa ada kebijakan khusus. Coba dicek dan ditanyakan di PKBM tempat Anda ujian Paket B

    2. Mohamad Arbaz Khan

      Mas Raditya, apakah kuliah di luar negri tidak mengenal ijazah smk? saya sekarang kelas 3 di smk swasta, dan saya ingin kuliah di liar negri, apakah saya seharusnya keluar saja dari smk sekarang? mohon penjelasaannya tentang syarat kuliah di luarnegeri

  11. Om, saya mau tanya. Saya punya ijazah SMA, tapi saya mau buat ijazah paket c lagi untuk mengikuti sbmptn. Apakah sah hukumnya memiliki ijazah SMA dan ijazah paket c? Mohon penjelasannya ya om:) terimakasih.

      1. Anak saya anak abk, dulu pihak sekolahnya terlambat mendaftarkan anak saya utk paket a (karena gak bisa mengikuti un sd) (ujian paket a nya pas duduk di bangku sl sekolah lanjutan kls 2,(yayasan sekolahnya sama) ,,trus apa bisa anak saya ikut ujian un smp/paket b dikelas 3 sl/smp nanti pak, mohon pencerahan bapak

  12. Permisi pakk,,
    Kalau sudah punya ijazah SMK apa gabisa ikut paket C untuk dapat ijazah setara dengan SMA, dengan alasan agar bisa masuk ke Sekolah pilot negeri yg hanya menerima lulusan SMA/ berijazah SMA. terimakasih pak

      1. Febri handayani

        Pak aar maaf mau tumpang tanya jarak keluar ijazah paket b itu berapa lama yaa dari ujian bulan april 2018
        Karena saya tanya dari pihak tempat daftar katanya belum di tanda tangani jadi belum bisa di ambil.
        Terima kasih

        1. Ijazah Paket biasanya keluar lebih lama dibandingkan ijazah sekolah. Setiap kota berbeda-beda. Kalau dibutuhkan untuk urusan lain, bisa minta surat keterangan lulus dulu dari PKBM

      2. Kalau saya tak pernah sekolah tapi ingin mempercepat memgejar pake a, b, bisa kah pak… saya membutuhkan paket c … jika harus 9 tahun itu memakan waktu

        1. Tidak ada percepatan/akselerasi di Ujian Paket. Jika usia sudah lebih dari 20 tahun, biasanya ada kebijakan khusus tentang waktu ujian. Silakan ditanyakan langsung ke PKBM.

  13. Ass.. bang aku ikut Paket C juga sudah hampir 5 tahun ijazahnya gak kunjung ada alasannya krn blm ada blangko dll… bagaimana ya bisa dapatkan ijazahnya,, mau ikut di tempat lain, tp katanya sudah terdaftar no induknya,
    thx sblmnya

      1. Assallamuallaikum pak.
        Maap saya mau nanya? Saya punya ijazah paket B, sekarang saya ingin melanjutkan sekolah lagi di SMA. Apakah bisa pak?
        Tapi usia saya sekarang sudah 22 tahun. Apakah bisa pak?

        1. Wa’alaikumm salam wr wb

          Mestinya bisa ya, tapi di SMA Swasta, bukan negeri. Dengan ijazah Paket B (setara SMP) Anda bisa mendaftar SMA swasta.
          Jika ada kendala, Anda bisa ikut PKBM untuk proses Ujian Paket C. Setelah memiliki ijazah Paket C, Anda bisa kuliah di PT manapun

          1. Rezaa Hermawan

            Assallamuallaikum pak,
            Saya mau tanya pak
            Saya putus sekolah kelas 4 sd pak
            Kalo saya ikut ujian paket untuk dapat izasah SMA saya harus gimana ya pak?bagaimana tahap nya agar saya bisa dapat izasah Paket SMA dan lanjut ke perguruan tinggi? Mohon info dan bantuannya pak 🙂 terima kasih

          2. Wa’alaikum salam.
            Kalau mau kuliah, pertama ikut Ujian Paket A (setara SD), ujian Paket B (setara SMP), dan ujian Paket C (setara SMA). Ujiannya di PKBM. Proses teknisnya bisa ditanyakan di PKBM terdekat

          3. tien febrianingsih

            Pa mau tanya kalau pindah dari SMA kelas XI dengan pertimbangan lain hal, bisakah melanjutkan ke Paket C? Kalau bisa persyaratannya apa dan bagaimana. Meminta pencerahan. Terimakasih Pa🙏😊

          4. Bisa. Dari SMA pindah ke PKBM. Syaratnya mutasi dari sekolah ke PKBM yang dipilih. Nanti, dari proses PKBM akan ada persiapan untuk ujian Paket C

  14. Sya mau tnya pak sy ijasa smp sy hilang trus sy ambil paket c apakah sy bisa ambil jurusan paket c atau ga klu sy tidak pnya ijasa smp.mohom penjelasannya pak.

      1. Permisi pak. Mau tanya. Kalau saya putus sekolah di kelas 5 sd, dan mau melanjutkan ny lagi. Saya harus ikut paket A dari kelas 1 sd atau kelas 5 atau bagaimana pak? dan kalau sekolah nya paket a, b, c, saya bisa kuliah di univ negri ga pak? Terima kasih

        1. Ikut Paket A kelas 6, tanda lulus SD. Setelah itu ujian Paket B tanda lulus SMP. Setelah itu ujian Paket C tanpa lulus SMA. Jika sudah lulus Paket C bisa mendaftar ke PT Negeri melalui jalur SBMPTN.

          1. Bisa, asal di SMA Negeri ada kursi kosong dan data Anda sesuai dengan standar/kriteria di SMA Negeri

  15. Maaf apakah bisa ujian paket b tahun 2016 akan tetapi di ijazah pket b trsebut tahun kelulusannya disesuaikan dengan tahun kelulusan smp jika bersekolah dulu, misal tahun 2005

  16. Maaf pak ..saya mau tanya,saya baru ngijuti ujian pake b di bulan mei,tapi sampe sekrang blm ada pengumuman ijazah,saya mau lanjutkan ke paket c, apa bisa saya cek diknas

    1. Om, maaf mau tanya. Apakah bisa melanjutkan sekolah paket B di semester 2? Lalu,apakah ada kemungkinan jika tidak naik pada kelas 8 harus mengulang lagi dari awal yaitu kelas 7? Terimakasih om

      1. Secara teknis pindah ke PKBM (Paket B) biasanya di awal tahun ajaran. Kalau Paket B jangan cuma mikir naik kelas dan lulus, tapi pikirkan mau punya keterampilan apa karena yang lebih dihargai adalah keterampilan nyata yang kamu miliki, bukan sekedar lulus dan punya ijazah saja

      1. Pak sodara saya dulu SD di Kalimantan sekarang di di jawa . Dia pengen kerja di luar negri dan butuh ijazah SD nah ijazah nya entah masih ada atau tidak pihak sekolah SD enggan mengurusnya . Langkah yang dilakukan apa ya

  17. Apakah bs dalam senggang waktu setahun lulus dua paket sekolah contoh… Lulus paket B 2008 paket C 2009 apakah disyahkan dlm undang2…

  18. Mohamad Arbaz Khan

    Mas Aar, saya seorang siswa kelas 3 di smk swasta cilacap, saya ingin keluar sekolah karena saya tidak betah dan ingin mengikuti ujian paket c, dan apakah Ijazah paket c itu bisa untuk kuliah di indonesia atau di luar negeri? mohon penjelasannya. Terimakasih.

    1. Ijazah Paket C bisa digunakan untuk melanjutkan kuliah di dalam negeri dan di luar negeri. Tentu saja setelah lulus ujian & persyaratan masuk ke Perguruan Tinggi yang dituju ya..

  19. Om,.saya pernah ikut paket B tahun2014 di NTT FLORES,.tapi izasah saya belum di ambil alasan KERJA di sidoarjo,dan sekarang sy berdomisili di sidoarjo,sy mau tanya om,apakah bisa,saya ikut paket c di sidoarjo?

  20. Mau tanya ni pak
    Sayan kan lulus smp dengan pket B
    Jadi kbetulan pas lagi butuh ijazah
    Ijazahnya gak ada
    Terus udah pernah coba ngurus ke sekolah, kata pihak sekolah ngurusnya ke DIKNAS
    Pas ngurus ke diknas katanya nggak ada arsip nya
    Mohon solusinya pak
    Trimakasi

    1. @Minta surat pengantar dan keterangan dari tempat penyelenggara PAKET B. Kalau ada datanya, pasti bisa didapatkan salinannya

  21. Kang aar saya mau tanya…saya ikut ujian paket c di kebumen tahun 2015…tapi kok ijazah saya masih belum keluar..apakah benar selama itu ijazah paket c dibagikan..makasih kang aar

    1. @Abdi: pernah ada edaran dari Mendiknas bahwa ijazah Paket tidak boleh dibedakan/didiskriminasikan dengan ijazah anak sekolah.

    1. @Hasianda: pernah ada edaran dari Mendiknas bahwa ijazah Paket tidak boleh dibedakan/didiskriminasikan dengan ijazah sekolah biasa

  22. Selamat pagi pak Aar..ijazah paket A 2016 anak saya hingga hari ini belum dikasih oleh Homeschooling primagama Bali.dgn alasan dlm proses penulisan dan blum dpt legalitas dari Dinas pendidikan Denpasar.sementara pihak Smp sdh minta terus.mohon pencerahan untuk jalan keluarnya pak

    1. @Indri: silakan dicek di lembaga penyelenggara ujian atau Diknas. Proses keluarnya ijazah di PKBM jangka waktunya memang berbeda-beda

        1. Wa’alaikum salam wr wb. Kalau SMP terbuka mestinya bisa. Kalau SMP negeri biasa proses pendaftarannya langsung setelah ujian SD.
          Atau, Anda bisa menjalani SMP di PKBM

      1. Assalamualaikum pak mau bertanya , saya mau ikut paket b akan tetapi ijazah trakhir saya (sd) nama nya tidak sesuai dengan nama saya di akta kk dan ktp , bagaimana solusinya pak?

        1. Kalau mau aman dalam jangka panjang, harus diperbaiki dan disamakan dulu. Ambil basisnya yang paling pas yaitu Akta Lahir. Berdasarkan akta lahir, ajukan permohonan perbaikan nama di ijazah SD. Prosesnya bisa tanyakan ke SD asal.

  23. Selamat pagi Kang Aar akhirnya Ijazah paket A anak saya sudah dapat setelah ke Diknas.Tetapi ada kesalahan penulisan nama orang tua.apa yg hrs saya lakukan ? Mohon pencerahannya dan terima kasih

  24. Mas, saya mau tanya status SMU swasta yang ujian nya dinegeri. apakah ijazahnya nanti bisa untuk mendaftar ke PTN? thanks

  25. pak mau nanya adek sy putus sekolah kelas 2 smp dan dia seharusnya sekarang sudah kuliah. bisa tidak ikut paket B tahun 2017 dan paket C 2018 secara berturut turut. thanks

  26. Om saya mau ikut ujian paket c thn depan. Tapi saya bingung apa yg harus di pelajari, denger2 ujian paket c itu hanya formalitas saja jadi gak usah terlalu serius karena dipastikan lulus. Apa benar? Dan tlg berikan tips2 buat yang mau ikut ujian paket c. Mungkin tips belajar gitu. Terimakasih.

    1. @Puspa: materi yang perlu dipelajar mirip materi sekolah. Untuk hidup yang baik; kita harus menyiapkan dan melakukan sebaik-baiknya pada semua hal yang kita lakukan.

      1. Ahmad kahar imbran

        Pak anak saya mau tes TNI AD
        Tamtam Dengan menggunakan ikaza Paket B apa bisa ya pak….mohon info nya…

        1. Mohon maaf, kami tidak mengikuti persyaratan pendaftaran TNI AD. Kami sarankan Bapak bertanya langsung ke panitia atau KODIM terdekat

  27. Halo pak, saya mau tanya. Saya baru mengambil ujian paket B tahun 2016 ttp umur sy 17 karena sy sblmnya di sekolah internasional. Apa sy hrs menunggu 3 tahun untuk mengambil paket C? Kalau iya, apakah ada cara utk mempercepat ujian dengan cara permintaan/petisi ke mendikbud dan cara2 lain?

      1. Apakah ada aturan dan undang2 nya ijazah paket B tahun 2015 baru bisa ambil paket c tahun 2018. Mohon pencerahannya Mas🙏🙏🙏🙏

  28. Maaf pak,saya mau tanya,saya kan lulusan paket-c,saya mau ikut test tni,dan saya baca di website tni.mil.id untuk mengikuti jalur tamtama dan untuk persyaratan ijazahnya seperti ini. serendah-rendahnya berijazah/lulusan SMP/sederajat atau yang setara baik negeri atau swasta yang terakreditasi (berlaku juga bagi remedial nilai pengulangan dan Paket B). Apakah itu artinya lulusan paket-c bisa?

  29. Pak saya kemarin batal untuk melamar jadi anggota polri 2015 dikarenakan berijazah paket b , untuk tahun ini apakah polri menerima yang berijazah paket b tolong dijawab pak

  30. maaf pak mau tanya apakah bisa ijazah paket c dipakai untuk ikut akademi angkatan udara, dan bagaimana jika saya di tolak karna lulusan paket c.

  31. Maaff pa y sya mau tanya,,apakah ijazah paket c itu ijazah resmi negara juga,,,trusss klo misalkan buat melamar pekerjaan atau mau buat daftar kuliah apakah pasti bisa soalnya saya masih belum yakin mau daftar paket,ada yang bilang katanya orang yang lulusan sekolah paket kalo jadi guru misalnya katanya statusnya bukan PNS tapi honorer,,katanya saya juga g tau….mohon pencerahannya y pak wassalam….

  32. Ijasah paket b thn 2008 saya hilang dan dr pihak pkbm tidak bisa dan sulit dimintai informasi dan keterangan saat ini. sedangkan saya sdh mnempuh tingkat SMA dan perguruan tinggi dan skarang butuh ijazah lngkap untuk kepentingan pekerjaan.apa yang seharusnya saya lakukan skarang agar dpt mmproleh ijazah yang baru

  33. Sudah pak aar tp katanya suruh bawa surat kehilangan polsek dan surat kterangan mengikuti dr pkbm yg bersangkutan.tp masalahnya pihak pkbm nya sangan sulit untuk dimintai surat keterangan saja dan bertele tele..mohon bantuanya bpk terimakasih

        1. Klo misal saya ikut ujian paket B yang tahun sekarang 2017 apabisa untuk melengkapi ijasah SMA dan PT saya yg dlu?atau harus menggunakan ijasah yg terdahulu yg saya peroleh sblum masuk SMA?terimakasih sebelumnya

  34. Saya sudah lulus dan mendapatkan ijasah dengan jalur formal sekolah. Namun saya membutuhkan ijasah ipa untuk kuliah apakah diperbolehkan memilki 2 ijasah? Paket C ipa dan ijasah formal ips.

  35. slmat sore pak,saya bisa menulis,membaca, bahkan english speking sya juga lancar inggris karna sya kerja dengan orng bule.dan saya jga banyak ikut kursus kursusan,contohnya seperti kursus menajemen keungan,business administration ,personality development dan comunication,english class.tetapi sya akan ikut paket C tahun 2017 rencana sya mau lanjud kuliah di bali,n sya mau ambil juru bahasa tpi katanya kalo ijasa paket C tdk bisa daftar di pariwisata kecuali ambil perguruan.n ijasa paket C jga tdk bisa pake kuliah di kampus negri

    1. Pemegang ijazah Paket C bisa melanjutkan ke PT manapun di Indonesia, baik negeri maupun swasta. Jalur tesnya adalah tes mandiri

      1. Ass…pak saya mau nanya,,saya sekolah hanya 1 semester di Sma kalau saya mau ngambil paket.saya ngambil paket apa???
        Mohon di jawab pak..

      2. Pak saya mau tanya anak saya mau masuk pkbm paket b setelah semester 1 mau pindah ke sekolah smp negeri bisa ga pak terima kasih mohon penjelasanya

        1. Secara hukum pindah di kelas 2 bisa. Kalau kelas 1 harus mengikuti tes masuk bersama. Tinggal dicek apakah ada kursi kosong atau tidak. Selain menggunakan data rapor semester 1, Anda harus mengikuti placement tes bahwa Anda memang sudah layak berada di kelas 2.