Gingerbreadman Pancake

Sebenernya ini pancake biasa. Cetakannya saja pakai cetakan berbentuk gingerbread man. Tapi aku cocok banget dengan resep ini, karena mudah nggak pakai bahan yang aneh-aneh tapi rasanya enak dan ngembangnya top.

Resep Pancake:

  • 150gr Tepung Terigu
  • 10gr Baking Powder
  • 50gr Gula Pasir
  • 50gr Susu Bubuk
  • 50gr Mentega cair
  • 2 Butir Telur
  • 150cc Susu Segar

Cara Pembuatan:

  1. Tepung+Gula+Susu Bubuk+ Baking Powder -> aduk rata
  2. Masukkan Susu Cair+Telur+Mentega -> aduk rata

Untuk membuat pancake bentuk aneh-aneh, kita bisa pakai cookie cutter biasa yang tahan panas. Harganya lebih murah daripada beli cetakan khusus untuk pancake. Caranya, cetakan ditaruh di atas teflon, tuang adonan yang sudah disiapkan, tutup panci sebentar – gunakan api kecil, tunggu sampai adonan mengembang ke atas (nyaris sejajar cetakan), balik cetakannya, tekan-tekan pancake yang ada di dalam cetakan (supaya rata sejajar di bawah). Tunggu sebentar, angkat, taruh di piring baru tekan keluar pancakenya pakai sendok pelan-pelan. Gampang surampang dan yang pasti enaaak…. ➡

Tulisan menarik lainnya

– WEBINAR –

Dalam proses pengasuhan, ada aspek-aspek keterampilan dasar yang krusial dan perlu dikembangkan pada anak. Jika anak memiliki keterampilan-keterampilan dasar ini, proses pengembangan mereka saat remaja akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Webinar ini membahaskan 10 keterampilan dasar yang perlu dan bisa dikembangkan di rumah untuk anak-anaknya.

10 Keterampilan yang akan dibahaskan dalam webinar

MENJAGA KESEHATAN & KESELAMATAN

  • Pola makan
  • pola tidur
  • pola aktivitas sehat,
  • berenang
  • bela diri
  • pertolongan pertama (P3K)

LITERASI

  • Membaca dan mengerti
  • Membaca petunjuk
  • Membaca resep
  • Membaca rambu lalu lintas
  • Membaca tabel

MENGURUS DIRI SENDIRI​

  • Mengatur waktu
  • Membuat rencana
  • Menepati rencana
  • Mengetahui baik-buruk
  • Mengambil keputusan

BERKOMUNIKASI

  • Mengajukan pertanyaan
  • Mengobrol
  • Berkenalan dengan orang baru
  • Memberi & menerima feedback
  • Mengapresiasi
  • Bernegosiasi

MELAYANI

  • Mengerjakan pekerjaan rumah
  • Berkontribusi di keluarga
  • Berkontribusi di Lingkungan
  • Berkontribusi di sosial.

MENGHASILKAN MAKAN

  • Bercocok tanam
  • Berbelanja
  • Mengolah bahan pangan
  • Memasak
  • Menata masakan

PERJALANAN MANDIRI

  • Naik sepeda
  • Kendaraan umum
  • Membaca peta
  • Bisa pergi ke manapun dan kembali ke tempat asal

MEMAKAI TEKNOLOGI

  • Memakai gadget
  • Mengenal batas hukum & etik
  • Menghindari kecanduan
  • Menggunakan secara produktif

TRANSAKSI KEUANGAN

  • Belanja
  • Mendapat penghasilan
  • Menabung
  • Berinvestasi
  • Transaksi dalam sistem keuangan

BEKERJA

  • Menghasilkan karya
  • Membuat output (tulisan, lagu, musik, cerita/presentasi, video, animasi, dll) sesuai minat & kemampuan

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

8 thoughts on “Gingerbreadman Pancake”

  1. Nggak mbak, langsung aja di atas teflon. Kalau mau ada bentuk-bentuknya baru di atas teflon ditaruh cetakannya. Gampang dan enak ^_^

  2. halo mbak lala 🙂
    klo boleh saran nih, daripada pake bahan tambahan makanan ky baking powder, mendingan putih ma kuningnya dipisah. putihnya dikocok sampe kaku, trus diublek deh semuanya. Insya Allah ngembang mbak 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.