duta-membaca-mr-men

Membaca Lantang: Mr Greedy & His Tummy

duta-membaca-mr-menHampir setiap malam menjelang tidur, sejak kecil Duta pasti minta dibacakan buku cerita. Dari beragam buku cerita yang disukai Duta, serial yang paling sering diminta adalah Mr Men, Thomas dan (beberapa bulan terakhir) Curious George.

Sekitar setahun terakhir, Duta mulai bermain dan belajar bahasa Inggris dengan berbagai media, salah satunya adalah Reading Eggs. Dengan bertekun main setiap hari, sedikit demi sedikit Duta meningkat kemampuannya.

Nah, akhir-akhir ini, Duta mulai sering memulai ritual kegiatan menjelang tidur dengan membaca bukunya sendiri. Setelah membaca, dia baru minta dibacakan buku-buku yang lain.

Semalam aku berinisiatif untuk merekam Duta ketika dia membaca salah satu buku kesukaannya. Ternyata hasilnya di luar bayanganku.

Walau belum sempurna, kelihatan ada beberapa bagian yang “dihafal” oleh Duta, tapi kami memutuskan untuk mendokumentasikan proses ini. Selain sebagai dokumentasi, kami berharap video membaca lantang ini bisa meningkatkan kepercayaan diri Duta dalam membaca buku.

Dalam pengalaman kami, mendokumentasikan pencapaian anak dan menunjukkan hasilnya kepada mereka berdampak positif. Anak menjadi lebih bersemangat dan percaya diri.

Anda pun bisa mencobanya di rumah bersama anak-anak.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.