FESPER-Cibodas

#FESPER2015 (2): Playing, Sharing, Learning & Networking

Walaupun kegiatan FESPER (Festival Pendidikan Rumah) memiliki bentuk yang berbeda setiap tahun, FESPER selalu diusahakan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Dan sesuai namanya yaitu festival, kegiatan FESPER diharapkan menjadi suka cita bagi anak-anak dan keluarga yang mengikutinya.

FESPER-Cibodas

Bersenang-senang Bersama Keluarga dan Teman

Di tahun ke-3 ini, #FESPER2015 mengambil bentuk kegiatan berupa kemah keluarga selama 3 hari 2 malam di Cibodas Golf Park, Puncak, Cianjur. Area perkemahan adalah sebuah tanah lapang bekas lapangan golf yang sudah jarang digunakan dengan pemandangan indah puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango.

Walaupun bentuknya kemah, setting kegiatan #FESPER2015 dirancang sangat ringan supaya semua peserta bisa menikmati. Acara diharapkan bisa dinikmati oleh keluarga yang baru pertama kali atau tidak terbiasa kemah, kakek-nenek, dan anak-anak kecil. Bahkan, ternyata ada beberapa keluarga yang turut serta membawa bayinya dalam acara #FESPER2015 ini.

Fesper-Tata-ngobrol

Jadwal kegiatan #FESPER2015 juga dibuat longgar dengan banyak pilihan kegiatan. Setiap peserta bebas memilih kegiatan. Mau ikut diskusi, menemani anak, atau sekedar bersantai di tenda masing-masing. Ada jadwal-jadwal kegiatan yang dibuat peserta, tapi peserta bebas memilih sesuai kebutuhannya masing-masing. Mirip prinsip dalam homeschooling lah, setiap orang bebas memilih dan menerima konsekuensi dari setiap pilihannya.

FESPER-kegiatan

Bahagia melihat anak-anak menikmati kegiatan-kegiatan yang bermacam-macam, mulai sekedar ngobrol, mandi di sungai dan main bersama teman-teman, hingga aneka kegiatan bersama komunitas seperti panahan, peluncuran roket air, pengamatan bintang, permainan tradisional, pengamatan alam, dan lain-lainnya.

Juga, senam pagi yang lucu dan menyenangkan bersama coach Wawan Pras.

FESPER-senam

Berbagi pengalaman & belajar homeschooling

Tentu saja, dalam #FESPER2015 juga ada sesi-sesi belajar mengenai homeschooling. Setidaknya ada 4 sesi untuk orangtua yang membahas tentang homeschooling dengan format berupa sharing. Ada sharing dari beberapa narasumber kepada seluruh peserta. Ada juga sharing dalam kelompok-kelompok kecil. Materi yang dibahaskan antara lain: pengantar homeschooling, memulai homeschooling dan keseharian homeschooling.

FESPER-sharing

FESPER-diskusi5

Selain dalam bentuk formal dan terjadwal, yang berharga dalam FESPER sebenarnya adalah sharing yang terjadi secara informal. Main ke tenda orang lain, ngobrol sambil antri mandi, diskusi di tenda besar, curhat di bawah pohon. Semuanya bisa dilakukan secara intensif.

 

Membangun Persahabatan Keluarga

Tentu saja, FESPER juga menjadi ajang untuk berjejaring (networking) dengan keluarga lain. Kebutuhan untuk berteman dan berjejaring dalam homeschooling itu sangat krusial karena orangtua lah yang berfungsi sebagai pembuka jalan dan pintu-pintu bagi anak. Berteman dan berjejaring adalah salah satu pilar penting dalam pelaksanaan homeschooling.

FESPER-lengkap

Nah, FESPER adalah ajang berkumpulnya praktisi homeschooling seluruh Indonesia. Pesertanya dari berbagai kota di Indonesia dengan beragam metode homeschooling yang dijalaninya. Di #FESPER2015, ada sekitar 500 peserta yang hadir dan mengikutinya.  Melalui jaringan pertemanan, keluarga biasanya saling menguatkan dan berbagi inspirasi.

Dan tentu saja, FESPER juga menjadi ajang tumbuh bersama anak-anak. Sejak kecil mereka punya teman dari berbagai kota yang saling merindukan. Bertemu setahun sekali untuk berkegiatan dan bersenang-senang bersama, kemudian kembali lagi ke rumah masing-masing untuk mengembangkan diri.

(Bersambung)

Tulisan menarik lainnya

Share this post

5 thoughts on “#FESPER2015 (2): Playing, Sharing, Learning & Networking”

  1. mas Aar,
    Setelah kegiatan ini, adakah website teman2 homeschooling dapat ditailkan? supaya peminat hs dapat terinspirasi oleh mocel hs mereka.
    terimakasih ya

    1. Untuk cerita tentang keluarga HS lain, silakan googling dengan kata kunci “keluarga homeschooling”. Anda akan mendapat banyak cerita dari keluarga lain

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.