webinar3

Seminar Model & Metode HS

Terima kasih kepada teman-teman yang telah hadir dan mengikuti seminar online sesi pertama yang berjudul “Pengantar Homeschooling.”  Terima kasih atas antusiasme yang datang dari berbagai kota, mulai Sidoarjo, Malang, Yogyakarta, Medan, hingga negeri Singapora dan Belanda.

Dalam sesi pertama yang lalu, ada beberapa materi yang dibahas, antara lain tentang substansi homeschooling, legalitas dan ijazah, juga menjawab pertanyaan-pertanyaan peserta mengenai hal-hal praktis di dalam homeschooling yang ingin mereka ketahui.

Minggu depan (Rabu, 1/6), seminar online Rumah Inspirasi akan dilanjutkan dengan sesi tentang Model dan Metode Homeschooling. Pembahasan akan mengeksplorasi model school-at-home dan unschooling, baik secara konseptual maupun praktis. Juga akan dibahaskan beberapa model metode homeschooling lainnya.

Tema seminar ini cocok untuk memperluas wawasan peminat dan praktisi awal homeschooling agar memiliki nuansa yang lebih kaya di dalam praktek homeschooling yang dijalaninya.

***

 

Seminar ini diadakan secara online dari merupakan rangkaian 6 seri seminar online mengenai homeschooling yang diadakan oleh Rumah Inspirasi. Pendaftaran masih dibuka. Berikut ini informasi lengkapnya:

 

1. Pengantar Homeschooling (Rabu, 25 Mei 2011, pukul 20.00-22.00) – (DONE)

2. Model dan Metode Homeschooling (Rabu, 1 Juni 2011, pukul 20.00-22.00)
Tema ini membahaskan tentang berbagai model homeschooling, pendekatan belajar, metode homeschooling, terutama school-at-home dan Unschooling. Selain itu,  dibahaskan pengantar tentang ragam metode-metode yg lain. Bagaimana memilih metode yang sesuai? Bagaimana metode/pendekatan itu terefleksikan secara praktis dalam homeschooling? Tema ini berisi wawasan untuk memperkaya pilihan-pilihan di dalam menjalankan homeschooling sehingga tak dibatasi dengan model sekolah formal seperti yang ada di Indonesia.

3. Mempersiapkan Pembelajar Mandiri (Rabu, 8 Juni 2011, pukul 20.00-22.00)
Orangtua bukan ahli segalanya. Orangtua homeschooling tak mungkin mengajari sendiri anaknya untuk semua materi/ilmu yang ingin dikuasai anak? Oleh karena itu, tantangan bagi orangtua homeschooling adalah menyiapkan anak sebagai pembelajar mandiri. Ini adalah ibarat proses memberikan kail untuk anak, bukan hanya sekedar memberikan ikan. Bagaimana prosesnya?

4. Memanfaatkan keseharian untuk proses belajar (Rabu, 15 Juni 2011, pukul 20.00-22.00)
Homeschooling berbeda dengan sekolah. Salah satu kekuatan homeschooling adalah kehadiran keseharian/dunia nyata di dalam proses pembelajaran anak. Bagaimana  strategi memanfaatkan keseharian? Bagaimana proses belajarnya? Apa ide-ide kegiatan untuk keseharian?

5. Homeschooling berbasis Internet (Rabu, 22 Juni 2011, pukul 20.00-22.00)
Teknologi membuat proses homeschooling bukan hanya lebih mudah, tapi lebih berkualitas. Dengan internet, kita bisa mendapatkan materi pendidikan berkualitas  internasional, tak kalah dengan anak-anak di negara maju. Apa peluang dan pilihan-pilihan yang kita miliki? Bagaimana strategi dan proses belajarnya? Termasuk, pembahasan situs-situs yang bermanfaat dengan proses belajar anak.

6. Manajemen keseharian homeschooling (Rabu, 29 Juni 2011, pukul 20.00-22.00)
Manajemen waktu, proses belajar, materi belajar, evaluasi belajar dalam pelaksanaan homeschooling. Tips-tips praktis menjalani keseharian homeschooling yang  efektif dan menyenangkan.

 

TEKNIS SEMINAR ONLINE

Pelaksanaan seminar homeschooling akan dilakukan secara online menggunakan fasilitas Internet. Seminar ini bisa diikuti oleh peserta yang tinggal di manapun,  selama terhubung dengan Internet yang memungkinkan untuk melakukan koneksi suara/gambar. Peserta harus mengikuti seminar melalui browser di komputer, tidak
bisa melalui handphone.

Peserta dapat memilih judul-judul yang diinginkannya. Pembicara akan melakukan presentasi secara lisan disertai ilustrasi berupa slideshow. Peserta dapat mengirimkan pertanyaan sebelum acara dimulai. Peserta juga dapat mengajukan pertanyaan secara tertulis maupun lisan pada saat sesi tanya-jawab di dalam seminar.

Prasyarat teknis:
• Sambungan internet.
• Komputer.
• Browser Mozilla Firefox, Internet Explorer, atau Chrome yang sudah terinstalasi dengan Adobe Flashplayer & Java Runtime Environment (Proses ini akan dipandu jika mengalami kesulitan teknis).
• Speaker (headset dengan mic jika ingin memanfaatkan fasilitas bertanya dengan suara).

 

PENDAFTARAN

Biaya mengikuti seminar adalah Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah) untuk setiap tema/judul.

Biaya pendaftaran dapat ditransfer ke:

Bank BCA No: 686-00-777-93
BCA cabang Kramat Kwitang Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Bank Mandiri No: 123-000-552-830-4
Bank Mandiri Cempaka Putih Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Setelah melakukan transfer, pendaftar diharapkan melakukan konfirmasi pendaftaran ke  support@rumahinspirasi.com. Pendaftar akan mendapatkan email tanda kesertaan. Bagi yang baru pertama kali mengikuti, peserta akan mendapat kesempatan untuk mencoba platform yang digunakan sebelum acara seminar dimulai untuk mengecek apakah bisa mengikuti acara seminar.

(Jika ada pertanyaan, silakan meninggalkan pesan di bawah ini.)

Tulisan menarik lainnya

Share this post

4 thoughts on “Seminar Model & Metode HS”

  1. Pak Aar,

    alangkah baiknya jika seminar online ini direkam sehingga yang tidak sempat ikut [kadang karena macet mungkin tidak bisa sampai di rumah on time] bisa juga mengikutinya melalui rekaman.

    Wass.

  2. Hello,

    saya tertarik untuk melihat seminar 1 dan 2, yang sudah lewat?
    bagaimana persyaratannya untuk bisa melihat mungkin rekamannya atau slidesnya…

    Terimakasih banyak sebelumnya.

    -Annisa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.