Yudhis menang Kompetisi Pemrograman Besut Kode 2016

Setelah menjalani kompetisi selama sekitar 3 bulan, Yudhis memenangkan kompetisi pemrograman “Besut Kode 2016” yang diselenggarakan Wikimedia, induk dari Wikipedia (ensiklopedia online). Dia membawa pulang hadiah berupa laptop bersama 2 pemenang lainnya.

yudhis-besut-kode-02

***

Kompetisi Menguji Daya Tahan

Kompetisi Besut Kode bukan perlombaan adu cepat menyelesaikan sebuah masalah pemrograman. Kompetisi ini sebenarnya setengah mentoring dan berlangsung secara maraton, 3 bulan.

Dalam kompetisi ini, para peserta diperkenalkan dengan dunia open source, mendapatkan tugas pemrograman untuk diselesaikan, dan sekaligus diberikan feedback oleh para mentor. Mereka belajar mengenali standar kerja open source sambil meningkatkan kemampuan pemrograman dengan bahasa Phyton.

Besut Kode adalah kompetisi pemrograman tingkat SMA. Pada awalnya, kompetisi ini diikuti 87 peserta dari berbagai kota di Indonesia. Saat mentoring terakhir, yang tersisa ada 9 orang.

Jadi, kompetisi ini memang menuntut daya tahan atau endurance, sebuah kemampuan yang krusial di dunia nyata dan perlu dimiliki anak-anak. Pemenangnya tak ditentukan melalui lomba dalam satu hari, tetapi setelah melewati aneka penugasan.

***

Hadiah Pemenang Besut Kode 2016

yudhis-besut-kode-03
(c) Wikimedia

Ada 3 laptop yang disediakan untuk Pemenang Besut Kode 2016. Yudhis menjadi salah satu pemenang laptop ini. Selain itu, ada 2 orang yang dipilih untuk magang berbayar di di Wikimedia.

Walaupun hadiah laptop itu membahagiakan, menurutku hadiah terpenting dalam proses ini adalah proses mentoring yang diberikan oleh John Vanderberg dan Tasya Rukmana. Mentoring itu masih terus berlangsung walaupun kompetisi Besut Kode sudah usai. Sebab, 9 orang peserta yang bertahan hingga akhir mendapatkan kesempatan mengikuti kompetisi Google Code-in, sebuah kompetisi pemrograman untuk anak SMA yang diselenggarakan oleh Google.

Tentang kompetisi Google Code-in, Yudhis diingatkan oleh John bahwa peluang untuk menangnya kecil. Sebagai pemula di dunia pemrograman open source, Yudhis sangat menyadari kemampuannya dan merasa tak masalah untuk kalah. Yang berharga dari proses Google Code-in adalah pengalaman dan pertumbuhan selama proses kompetisi berlangsung. Dengan usia masih 15 tahun, Yudhis masih memiliki kesempatan 2 kali lagi mengikuti Google Code-in di tahun-tahun berikutnya.

***

yudhis-besut-kode-01
(c) Wikimedia

Anyway, selamat ya Yudhis… Semoga Besut Kode menjadi pengalaman berharga dan menjadi bekal untuk berkarya kebaikan buat sesama dan semesta. Amin ūüôā

– WEBINAR –

Dalam proses pengasuhan, ada aspek-aspek keterampilan dasar yang krusial dan perlu dikembangkan pada anak. Jika anak memiliki keterampilan-keterampilan dasar ini, proses pengembangan mereka saat remaja akan menjadi lebih mudah dilakukan.

Webinar ini membahaskan 10 keterampilan dasar yang perlu dan bisa dikembangkan di rumah untuk anak-anaknya.

10 Keterampilan yang akan dibahaskan dalam webinar

MENJAGA KESEHATAN & KESELAMATAN

  • Pola makan
  • pola tidur
  • pola aktivitas sehat,
  • berenang
  • bela diri
  • pertolongan pertama (P3K)

LITERASI

  • Membaca dan mengerti
  • Membaca petunjuk
  • Membaca resep
  • Membaca rambu lalu lintas
  • Membaca tabel

MENGURUS DIRI SENDIRI‚Äč

  • Mengatur waktu
  • Membuat rencana
  • Menepati rencana
  • Mengetahui baik-buruk
  • Mengambil keputusan

BERKOMUNIKASI

  • Mengajukan pertanyaan
  • Mengobrol
  • Berkenalan dengan orang baru
  • Memberi & menerima feedback
  • Mengapresiasi
  • Bernegosiasi

MELAYANI

  • Mengerjakan pekerjaan rumah
  • Berkontribusi di keluarga
  • Berkontribusi di Lingkungan
  • Berkontribusi di sosial.

MENGHASILKAN MAKAN

  • Bercocok tanam
  • Berbelanja
  • Mengolah bahan pangan
  • Memasak
  • Menata masakan

PERJALANAN MANDIRI

  • Naik sepeda
  • Kendaraan umum
  • Membaca peta
  • Bisa pergi ke manapun dan kembali ke tempat asal

MEMAKAI TEKNOLOGI

  • Memakai gadget
  • Mengenal batas hukum & etik
  • Menghindari kecanduan
  • Menggunakan secara produktif

TRANSAKSI KEUANGAN

  • Belanja
  • Mendapat penghasilan
  • Menabung
  • Berinvestasi
  • Transaksi dalam sistem keuangan

BEKERJA

  • Menghasilkan karya
  • Membuat output (tulisan, lagu, musik, cerita/presentasi, video, animasi, dll) sesuai minat & kemampuan

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.