Tata-IXL Math-K7c

Tata menyelesaikan IXL Math kelas 7

Pagi ini saat sedang bekerja di kamar, tiba-tiba Tata datang sambil tersenyum.

“Bapak, come here!”

Tumben-tumben Tata memanggilku untuk melihat pekerjaannya. Biasanya yang melakukan hal seperti ini adalah Duta yang ingin aku melihat hasil pertandingan caturnya saat menang.

Aku beranjak dan menuju meja belajarnya. Dengan senyuman lebar, Tata menunjuk ke layar yang menampilkan daftar awards yang menunjukkan bahwa dia sudah menyelesaikan seluruh materi belajar matematika kelas 7.

“Wah, selamat ya Tata!” kataku sambil memberikan pelukan selamat kepada Tata.

IXL Math kelas 7

Untuk proses belajar matematika anak-anak, kami menggunakan tools online, yaitu IXL Math. Penggunaan materi belajar online ini memudahkan bagi kami untuk mengelola proses belajar dalam homeschooling yang dijalani anak-anak.

Sedikit demi sedikit Tata belajar matematika secara mandiri (hampir) setiap hari. Selain menggunakan IXL Math, terkadang Tata menggunakan Khan Academy jika membutuhkan penjelasan yang lebih detil mengenai materi matematika yang sedang dipelajarinya.

Dalam materi belajar IXL Math kelas 7, ada 289 math skills yang harus diselesaikan, mulai number theory, integers, decimals, consumer math, linear function, Pythagorean theorem, data and graph, statistics, hingga probability.

Walaupun kurikulum dan materi belajar yang digunakan dalam IXL Math adalah kurikulum matematika di Amerika Serikat yang tak sama persis dengan kurikulum nasional, kami tak terlalu mempermasalahkannya.

Jika diperlukan untuk persiapan Ujian Paket B setara SMP (nanti), kami tinggal memaparkan Tata dengan matematika versi kurikulum nasional.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.