benny-mice

Workshop Komik bersama Benny Rachmadi

100 Peristiwa yang Bisa Menimpa Anda

Hari ini (Sabtu, 15/10), anak-anak ikut kegiatan workshop membuat komik bersama Benny Rachmadi di Bentara Budaya Jakarta (BBJ). Benny Rachmady adalah komikus terkenal pembuat seri “Benny & Mice” yang biasa dimuat di Koran Kompas. Workshop ini gratis.

Kami berangkat bersama diantar Dimas alias Masdimboy. Wah.. Jakarta tetap saja macet di mana-mana walaupun hari Sabtu.

Sesampai di BBJ yang letaknya di depan gedung Kompas Gramedia (Jl. Palmerah Selatan 17), ternyata di sana ada Raihan bersama mbak Tika Hapsari dan mas Mufid. Selain itu, peserta workshop membuat komik ini diikuti para pelajar yang rata-rata anak SMA dan umum.

Workshop Komik bersama Benny Rachmadi

Mas Benny memulai workshop dengan menjelaskan teori tentang komik dan jenis-jenis komik. Mas Benny juga memberikan sampel komik. Setelah itu, para peserta mendapatkan tugas membuat komik strip dengan pilihan: perubahan momen atau perubahan aksi.

Komik perubahan momen adalah aksi tunggal yang digambarkan dalam rangkaian momen. Contohnya: tanaman yang tumbuh hingga berbunga. Komik perubahan aksi adalah sebuah atau seorang obyek tunggal dalam sebuah rangkaian aksi. Contoh: orang minum, dari buka botol hingga muntah.

Asik sekali belajar LANGSUNG dari ahlinya komik

Peserta mendapat waktu 45 menit untuk membuat komik. Temanya terserah. Yang penting memilih salah satu jenis komik tadi: komik perubahan momen atau perubahan aksi.

Serius menyimak workshop komik
Gambar Abby yang dipuji mas Benny karena ada unsur kejutan di belakangnya
Anak-anak suka menggambar komik

Di akhir acara, mas Benny memilih 3 peserta yang membuat komik terbaik. Salah satu yang terpilih adalah Dimas. Ya iyalah… Masdimboy gitu lho… Yang juga membahagiakan, komik Abby termasuk yang dipuji karena ada unsur kejutan di akhirnya.

Terima kasih mas Benny Rachmadi atas ilmu, pengalaman juga hadiah bukunya ^_^

Hadiah untuk 3 komik terbaik adalah buku terbaru karya Benny Rachmadi berjudul “100 Peristiwa yang Bisa Menimpa Anda.” Dalam perjalanan pulang, aku sempat membaca buku itu. Gila, bagus dan konyol sekali. Betul-betul hiburan sepanjang jalan pulang yang macet tanpa henti dari Palmerah menuju Cipinang Muara.

***

Senang bisa membawa anak-anak untuk mengikuti workshop membuat komik ini. Mereka menikmati kegiatan ini karena salah satu kegiatan yang sering mereka lakukan adalah belajar membuat komik dengan alat Bitstripsforschools.

Anak-anak terekspos dan belajar dari seorang master, walaupun sebentar. Apalagi, kami sempat melihat Pameran Tujuh Perempuan Urban “Seven Recipes Dialoque” yang diadakan di tempat yang sama.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

1 thought on “Workshop Komik bersama Benny Rachmadi”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.