Remrandt Peale

Famous Homeschoolers

Rembrandt Peale

Terinspirasi dari video dari Youtube yang diputar pada waktu acara Training Motivasi untuk anak-anak homeschooling beberapa waktu yang lalu, kami membuat proyek serupa untuk Yudhis. Idenya adalah membuat video para tokoh di berbagai profesi yang pernah menjalani homeschooling. Tokoh-tokohnya dipilih yang cukup familiar untuk masyarakat Indonesia.

Waktu ide itu kami ajukan ke Yudhis, dia menerima tantangan itu.

Aku kemudian memilih daftar tokoh terkenal yang pernah homeschooling dari situs Famous Homeschoolers. Kami tambahkan 3 tokoh Indonesia, yaitu KH Agus Salim, Ki Hajar Dewantara, dan Buya Hamka.

Kami kemudian memilih theme song untuk video itu adalah “Don’t Stop Believing” yang dinyanyikan oleh Glee. Bukan hanya karena lagunya enak didengar, tapi juga spirit lagunya kuat: jangan berhenti untuk percaya, jangan berhenti untuk bermimpi dan mengejar hal-hal yang indah.

**

Setelah mendapatkan teks tokoh-tokoh homeschooling, Yudhis kemudian googling mencari foto mereka di Internet. Dia kemudian mengolah foto itu di Photoshop. Hasilnya dia masukkan sebagai bahan video dengan software Windows Live Movie Maker.

Semua proses itu dilakukan sendiri oleh Yudhis; mulai pemilihan foto (diantara banyak foto yang ditemukannya), memilih cara menampilkan foto, pemilihan font & warna, serta pengolahan videonya. Setelah semuanya selesai, kami baru memberikan feedback kepadanya dan selanjutnya Yudhis memperbaikinya sendiri.

Dalam proses ini, Yudhis sempat membuat satu kesalahan pemilihan foto John Witherspoon, presiden Princeton University. Yang dipilihnya adalah bintang yang kebetulan namanya sama.

Walaupun kami tahu bahwa Yudhis sudah mulai banyak terekspos dengan software pengolah grafik dan video, tetap saja kami terkejut dengan perkembangannya. Dia sudah mulai mengerti dasar-dasar estetika visual tanpa kami ajarkan, misalnya dalam hal pemilihan font, warna, dan juga pergerakan antar gambar. Font yang dipilih jumlahnya tak banyak dan diterapkan secara konsisten. Juga, dia memilih transisi antar gambar yang “tidak norak”.

Proyek ini dikerjakan Yudhis selama 2 hari. Sebagai “hadiah”, video Yudhis itu kemudian dibuatkan cover/title-nya oleh Lala.

**

Videonya bisa disimak langsung di Youtube atau bisa juga di bawah ini:


Video ini bisa didownload untuk diputar di handphone atau komputer. Jadi lumayan kalau dipakai untuk menjelaskan mengenai homeschooling kepada orang lain atau dipakai untuk presentasi.

Caranya:

  1. Masuk situs KeepVid
  2. Masukkan link ini: http://www.youtube.com/watch?v=nT3kX7-h1Tc ke KeepVid, kemudian tekan download
  3. Pilih file yang tersedia sesuai kebutuhan. Ada 3 format file yang ada, yaitu 3GP, FLV, dan MP4. Untuk diputar di komputer, kami biasanya memilih format MP4.
  4. Simpan dan download file. Setelah selesai tinggal diputar kapan pun diinginkan.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

4 thoughts on “Famous Homeschoolers”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.