RockstarGymRecital

Pengalaman Tata & Duta mengikuti pentas kolosal

Akhir 2014 yang lalu, Tata & Duta mengikuti pentas tari kolosal Rockstar Gym’s Annual Recital 2014 dengan judul “Big Apple’s Dream”. Pentas diadakan di gedung Usmar Ismail melibatkan sekitar 200 anak dari berbagai penjuru Jakarta dan sekitarnya.

Sebagai keluarga praktisi homeschooling, kami menganggap pengalaman ini sangat berharga. Anak-anak bukan hanya belajar mengembangkan keahlian personal di rumah, tetapi mereka juga belajar keahlian berkolaborasi dalam sebuah tim.

Melalui kegiatan Rockstar Gym’s recital, anak-anak belajar terlibat dalam persiapan kegiatan, berlatih secara rutin, bekerjasama, hingga keberanian dalam aksi di panggung. Mental dan kepercayaan diri mereka langsung atau tidak langsung diasah selama dalam proses persiapan recital.

Untuk mengikuti Rockstar Gym’s Recital, awalnya anak-anak mengikuti audisi. Setelah terpilih dalam audisi, mereka berlatih koreografi setiap minggu. Secara intensif, latihan berlangsung selama 2 bulan di cabang Rockstar Gym masing-masing.

Karena anak-anak tergabung di Rockstar Gym cabang Kota Kasablanka, mereka berlatih di Kota Kasablanka. Baru menjelang pertunjukan, mereka berlatih gabungan dengan anak-anak dari cabang lain, disusul latihan gladi kotor, gladi resik dan pertunjukan di Gedung Usmar Ismail Jakarta.

RockstarGymRecital

***

Senang anak-anak mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan recital ini. Sesuai dengan prinsip kami dalam homeschooling, kami berusaha memaparkan anak-anak dengan berbagai kegiatan dan stimulasi. Mereka tak hanya melakukan kegiatan individual di rumah, tetapi juga aneka kegiatan di luar dan dalam team work seperti dalam recital ini.

Bercermin dari manfaat kegiatan yang pernah kami ikuti waktu muda dulu, kami melihat kegiatan seni, olahraga, dan organisasi sebagai ajang belajar yang tak kalah penting daripada hal akademis.

Aku dulu ikut kegiatan gamelan, teater, tenis meja, bulutangkis, OSIS, Pramuka, dan ikut pentas tari saat perpisahan sekolah. Lala dulu juga aktif dalam aneka kegiatan musik, majalah dinding, OSIS, dan fotografi. Bahkan, usai pertukaran pelajar dulu Lala nyaris ikut pentas musik keliling dunia bersama kelompok “Up With People” sebelum akhirnya dengan berat hati melepaskan kesempatan itu karena diterima di Universitas Indonesia.

RockstarGymRecital2

***

Kami senang dengan pengalaman Tata & Duta mengikuti Rockstar Gym’s Annual Recital 2014. Homeschooling tak membatasi pilihan-pilihan kegiatan mereka. Bahkan, ternyata banyak kesempatan yang datang pada mereka.

Semoga recital ini menjadi pengalaman yang berkesan bagi Tata & Duta.

Berikut ini cuplikan persiapan dan pentas Rockstar Gym’s Annual Recital 2014:

Tulisan menarik lainnya

Share this post

2 thoughts on “Pengalaman Tata & Duta mengikuti pentas kolosal”

  1. Terima kasih sudah berbagi pengalamannya mas Aar. Sangat menginspirasi saya. Videonya mengharukan, sungguh prestasi luarbiasa, anak anak bisa bekerjasama dalam tim dan bahagia. Salam hormat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.