fbpx

Pengalaman mengalahkan grandmaster (GM)

Blessing in Diguise

Corona dan karantina Covid-19 membuat kegiatan anak-anak menjadi terbatas. Satria Duta Cahaya (Duta) tak bisa latihan basket dan mengikuti aneka kegiatan komunitas.

Tapi pada saat bersamaan, kondisi di rumah saja ini juga membukakan kesempatan yang sebelumnya tak ada.

Duta yang menekuni catur mendapatkan banyak kesempatan untuk belajar karena ada beragam turnamen catur online yang digelar, baik yang diselenggarakan dalam skala komunitas, nasional, maupun terbuka (internasional). Ketika mengikuti turnamen catur online, peluang bertemu dengan pemain kuat menjadi sangat terbuka. Apalagi jika turnamennya berlangsung internasional. Padahal, dalam turnamen biasa yang bertemu fisik, kemungkinan itu sangat kecil, nyaris tidak ada.

Nah, dari kegiatan pertandingan online yang diikutinya, Duta juga mendapatkan pengalaman menarik itu. Dia mendapatkan kesempatan dan pengalaman bertemu cukup banyak IM (International Master) dan GM (Grandmaster). Tentu saja dalam pertandingan itu Duta lebih sering kalah. Walaupun begitu, pengalaman bertanding melawan IM & GM saja sudah menjadi pembelajaran berharga.

Dan tadi malam, Duta berbahagia mendapatkan pengalaman bertanding melawan GM Matthias Bluebaum, pecatur kuat dari Jerman. Pertandingan itu diadakan dalam turnamen Sundays with Unity yang berlangsung di Lichess. Yang lebih membahagiakan, ternyata Duta di usia 11 tahun bisa memenangkan pertandingan melawan Grandmaster.

Apapun sebab kemenangan itu (mungkin sedang beruntung), tapi peristiwa itu menjadi penambah semangat Duta belajar catur. (Hari ini, pengalaman Duta itu dijadikan proses belajar oleh Mira Julia dengan mengajari Duta membuat video dokumentasi menggunakan screen recorder)

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Aar Sumardiono (@aarsumardiono) on

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

belajar homeschooling

Pengantar
Legalitas
Sosialisasi
Kurikulum
Sumber Belajar
Komunitas
Kunci Berhasil
Keseharian

Buku Homeschooling

Sekolah ada model pendidikan yang paling umum di masyarakat, tapi bukan satu-satunya.

Buku ini sangat penting untuk orangtua yang sedang menimbang homeschooling, pendidik & pemerhati pendidikan, serta masyarakat yang ingin mengetahui konsep homeschooling dengan jelas.

artikel terbaru

tulisan lain