intro-computer-science

Yudhis: belajar Computer Science di Code.org

Sebagaimana anak-anak digital (digital natives) lainnya, kesukaan Yudhis adalah teknologi dan dunia komputer. Waktu kecil cita-citanya pengin bikin game. Tapi ternyata perjalanan untuk membuat game bukanlah sebuah hal yang mudah. Banyak aspek yang harus dipelajari saat membuat game. Beberapa tahun lalu, Yudhis sempat membeli aplikasi untuk membuat game seharga Rp 500 ribu dengan tabungannya, tetapi ternyata proses yang dibutuhkan masih terlalu sulit untuknya.

Walaupun pernah gagal, tetapi semangat untuk mempelajari dan membuat hal-hal yang berbau digital tak pernah berhenti. Setelah bersama Tata belajar pemrograman di Code.org, Yudhis terus melanjutkan proses belajarnya.

Yudhis-one-hour-code

Beruntungnya kita hidup di zaman Internet, anak-anak memiliki kesempatan dan resource belajar yang sangat luas. Yang penting adalah mengenali minat anak, setelahnya tinggal mencari resource untuk belajar mereka di Internet.

Bagi yang belum tahu, Code.org adalah situs gratis yang sangat membantu bagi anak-anak yang ingin belajar pemrograman dan membuat game. Anak-anak belajar step-by-step logika pemograman, mulai yang sederhana hingga semakin kompleks. Materi di Code.org ini semuanya gratis.

Tahapan setelah belajar pengantar pemrograman (The hour of code) adalah belajar Intro to Computer Science Course. Walaupun kegiatan belajar ini ditujukan untuk anak K-8 (SMP), tetapi materinya bisa dipelajari oleh siapapun, baik anak SD maupun orangtua yang ingin belajar pemrograman.

intro-computer-science

Tata (9 tahun) juga belajar materi ini. Dia belajar suka-suka. Kalau lagi pengin, dia belajar. Tapi kalau sedang ingin belajar hal lain, dia tinggalkan dulu belajar pemrogramannya.

Sementara itu, Yudhis sudah menyelesaikan proses belajar pengantar Computer Science ini. Mengapa anak-anak belajar pemrograman? Karena mereka suka. Apakah mereka akan menjadi programmer atau kuliah di bidang komputer? Kami tak tahu.

Yang penting bagi kami, belajar itu sangat asyik ketika anak menikmati atau membutuhkannya.

K-8 Intro to Computer Science

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.