- WEBINAR RUMAH INSPIRASI -

Strategi Pembelajaran Homeschooling

Thematic
Learning

Belajar lintas-disiplin, tak berbasis mata-pelajaran, tetapi berbasis tema yang mengikat beragam mata pelajaran dalam proses pembelajarannya.

Project-based Learning

Belajar berbasis pertanyaan, keseharian, dan keingintahuan  yang memiliki hubungan nyata dengan kehidupan anak untuk membuat  proses belajar makin bermakna.

Game-based Learning

Proses belajar tak konvensional memanfaatkan game dan prinsip game yang diolah menjadi materi dan proses pembelajaran, baik secara langsung maupun tak langsung.

Service-
Learning

Belajar dengan cara menggabungkan proses penguasaan keterampilan dengan kontribusi di dunia nyata sebagai pondasi pengembangan anak berkarya nyata di masyarakat.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.

WEBINAR

STRATEGI PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING

ditujukan untuk

Orangtua

yang sedang menimbang homeschooling dan ingin tahu cara belajar dalam homeschooling

Orangtua

yang baru memulai homeschooling dan ingin meningkatkan kapasitas keterampilannya

Orangtua

yang ingin meningkatkan kualitas proses belajar yang dijalaninya

Siapapun

yang ingin belajar tentang homeschooling dari praktisi yang menjalaninya

Belajar dari Keingintahuan

Pertanyaan dan keingintahuan anak adalah pintuk masuk yang besar untuk proses belajar. Jika orangtua bisa mengaitkan keingintahuan anak dengan dunia nyata dan keseharian yang bisa dipelajari dan dilakukan anak, maka itu bisa menjadi proyek belajar yang kualitasnya luar biasa.

Belajar dari Game

Game adalah dunia yang menjadi keseharian anak-anak saat ini. Bagaimana mengelola penggunaan game pada anak-anak? Bagaimana anak-anak belajar dari game? Bagaimana anak-anak belajar tentang dunia game? Bagaimana memanfaatkan game sebagai materi belajar buat anak, baik secara langsung maupun tidak langsung? Bagaimana contoh-contoh pembelajaran menggunakan game?

Itulah materi yang akan dibahaskan dalam Webinar Game-Based Learning.

Belajar secara tematik

Aneka tema dalam keseharian bisa digunakan sebagai proses dan materi belajar anak, baik yang selaras dalam kurikulum maupun untuk memenuhi keingintahuan anak, serta berkaitan hal-hal yang dianggap penting oleh orangtua untuk dipelajari anak.

Pembelajaran lintas-disipling akan meningkatkan kedekatan anak dengan materi yang dipelajarinya sehingga proses belajar tak hanya bersifat hafalan dan kognitif semata, tetapi melibatkan pengalaman seluruh indera.

Belajar dengan Melayani

Pembelajaran bukan hanya untuk membuat anak cerdas. Belajar juga adalah menyiapkan anak sebagai manusia yang baik, yang bisa berkontribusi kebaikan untuk masyarakat dan dunia sekitarnya melalui profesi dan karya-karya yang dilakukannya.

Penting bagi orangtua untuk membimbing anak agar memiliki sifat dan sikap empati, yang menjadi pondasi belajar dalam proses membangun keterampilan anak dalam menciptakan manfaat .

Belajar perlu bermakna dan menumbuhkan relasi anak dengan sekitarnya.
Belajar bukan sekedar untuk lulus dan mendapat ijazah.

-sumardiono-

Materi yang Didapat Peserta

SIMULASI WEBINAR

Sebelum webinar, akan ada sesi Simulasi Webinar bagi para peserta webinar untuk mencoba ruang webinar. Peserta dapat memilih jadwal sesi Simulasi Webinar Jumat (17/8) atau Jumat (24/8) pukul 19.00-20.00 WIB

LIVE WEBINAR

Webinar adalah seminar yang bisa diakses secara online. Setelah mendaftar dan melakukan konfirmasi, peserta akan mendapatkan email menuju ruang member.

REKAMAN WEBINAR

Anda terlambat mengikuti webinar? Jangan khawatir, setiap sesi Live Webinar akan ada rekamannya yang bisa diunduh lengkap dengan SLIDE dalam bentuk PDF.

Sepanjang ada koneksi Internet, Anda bisa mengikuti Webinar dari rumah, jalan, kafe di seluruh dunia, melalui laptop ataupun telpon genggam Anda.

eBook

4 eBook tentang Strategi Pembelajaran homeschooling

Podcast

8 Podcast tentang Strategi Pembelajaran Homeschooling

Contoh

- Contoh kegiatan tematik
- Contoh project-based learning
- Contoh game-based learning
- Contoh service-learning

Support Group

Grup Telegram & Whatsapp untuk sharing & diskusi peserta webinar

Jadwal Webinar

Webinar diselenggarakan secara online pada pukul 19.00-21.00 WIB. Setiap sesi webinar akan ada rekamannya yang bisa diunduh oleh seluruh peserta.

Thematic Learning

(Selasa, 27 November 2018)

Salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum 2013 adalah belajar tematik. Webinar ini akan membahaskan prinsip dan proses pembelajaran tematik berbasis keluarga yang bisa digunakan dalam proses homeschooling serta membangun keterhubungan antara belajar tematik dengan kurikulum. Peserta juga akan mendapatkan sampel kegiatan belajar tematik.

Project-Based Learning

(Kamis, 29 November 2018)

Bagaimana melakukan proses pembelajaran yang bukan hanya multi-disiplin, tetapi juga memiliki makna dan konteks yang kuat dengan kehidupan anak-anak. Webinar ini akan membahas tentang prinsip dan proses pembelajaran berbasis proyek, beserta sampel kegiatannya bersama anak.

Game-Based Learning

(Selasa, 4 Desember 2018)

Ketika dunia keseharian anak dipenuhi permainan, salah satu tantangan dalam proses keseharian bersama anak adalah menjaga agar permainan yang dilakukan anak tidak menimbulkan kecanduan dan membuat permainan yang dilakukan menjadi kegiatan pembelajaran yang produktif. Bagaimana strategi, proses, dan sampel-sampel kegiatan berbasis permainan?

Service-Learning

(Kamis, 6 Desember 2018)

Service-learning adalah proses pembelajaran berbasis dunia nyata yang menggunakan prinsip experiential learning dan community service. Bagaimana model pembelajaran ini dilakukan dalam konteks keluarga? Bagaimana menggunakan service-learning sebagai pondasi kuat untuk mengembangkan profesionalitas anak?

“65 Percent of Today’s Students Will Be Employed in Jobs That Don’t Exist Yet”

Teknis Webinar

Pelaksanaan webinar akan dilakukan secara online menggunakan fasilitas Internet. Webinar ini bisa diikuti oleh peserta yang tinggal di manapun, selama terhubung dengan Internet yang memungkinkan untuk melakukan koneksi suara/gambar. Webinar bisa diikuti melalui browser di komputer atau melalui aplikasi di tablet (iOS dan Android).

Pembicara akan melakukan presentasi secara lisan disertai ilustrasi berupa slideshow. Peserta dapat mengirimkan pertanyaan sebelum acara dimulai. Peserta juga dapat mengajukan pertanyaan secara tertulis maupun lisan pada saat sesi tanya-jawab di dalam seminar.

Persyaratan Teknis

  • Sambungan internet broadband (Indihome, Firstmedia, Telkomsel Flash, Smartfren, XL, IM3, 3, dan lainnya).
  • Komputer/laptop dengan speaker atau tablet (iPad/tablet Android)
  • Komputer Mac: browser Chrome atau Firefox
  • Mengunduh aplikasi Mobile Virtual Classroom:

PEMATERI

Materi webinar akan dibawakan oleh Aar (Sumardiono) & Lala (Mira Julia), praktisi homeschooling, founder Rumah Inspirasi.

Sebagai praktisi homeschooling, Aar & Lala telah menjalani homeschooling selama hampir 17 tahun untuk 3 anaknya. Aar & Lala terlibat langsung dalam proses pengasuhan dan pendidikan anak-anaknya.

Rumah Inspirasi adalah simpul pendidikan dan resource untuk belajar homeschooling, parenting, dan manajemen keluarga. Berdiri sejak 2007, secara periodik Rumah Inspirasi menyelenggarakan webinar tentang homeschooling & parenting bagi keluarga Indonesia.

PENDAFTARAN

BIAYA
Biaya Webinar seluruh sesi adalah Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) untuk 4 sesi webinar.

TUJUAN TRANSFER:
BCA: 686-00-777-93
BCA cabang Kramat Kwitang Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Mandiri: 123-000-552-830-4
Bank Mandiri Cempaka Putih Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

PROSES PENDAFTARAN
Untuk mendaftar, silakan langsung melakukan transfer, kemudian melakukan konfirmasi. Pada saat melakukan transfer, tambahkan angka unik terserah untuk memudahkan pengecekan, misalnya: Rp 250.005, Rp 250.123, dst.

Setelah melakukan transfer, silakan melakukan konfirmasi pendaftaran melalui form berikut ini: 

Pendaftar akan mendapatkan email tanda kesertaan dan petunjuk untuk mengikuti proses seminar.

Bagi yang baru pertama kali mengikuti, peserta akan mendapat kesempatan untuk mencoba platform yang digunakan sebelum acara seminar dimulai untuk mengecek apakah bisa mengikuti acara webinar.

Ada Pertanyaan?