- WEBINAR RUMAH INSPIRASI -

HOMESCHOOLING ANAK REMAJA

Ketika homeschooling dijalani oleh anak berusia sekolah (SD) hingga remaja (SMP/SMA), proses dan peran orangtua berbeda dengan saat anak berusia dini. 

Orangtua tidak lagi bisa memberikan perintah kepada anak dengan mudah karena anak mulai membentuk identitas dirinya yang seringkali berbeda dengan orangtua. Kondisi ini sering menjadi sumber konflik antara anak dan orangtua.

Webinar ini memberikan wawasan dan tips praktis orangtua yang ingin memulai homeschooling untuk anak-anak tingkat SMP dan SMA, serta memberikan panduan peran orangtua sebagai pelatih (coach) yang membantu anak meraih tujuan-tujuannya.

Walaupun materi webinar membahaskan homeschooliing tingkat remaja, materinya masih relevan untuk anak SD.

PESERTA WEBINAR

ORANGTUA

Orangtua yang ingin atau sedang menjalani homeschooling usia SD, SMP & SMA dengan penekanan khusus untuk remaja

ORANGTUA

Orangtua yang ingin meningkatkan kapasitas parenting & pendampingan anak

ORANGTUA

Orangtua yang ingin menghantarkan anaknya masuk ke dunia profesional

WAKTU & MATERI WEBINAR

Studi Kasus

Yudhistira GS (Yudhis, 18 tahun), anak homeschooling yang tidak pernah menjalani pendidikan formal sejak kecil. Dia lulus ujian Paket A, Paket B, dan Paket C. Yudhis baru saja mengikuti ujian SBMPTN dan diterima kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Wanita PB (Tata, 14 tahun) – anak homeschooling tingkat SMP. Tata menyukai dunia grafis/visual dan saat ini sedang dalam proses membangun portofolio karya.

MEMULAI & menjalani HOMESCHOOLING usia REMAJA
Selasa, 30 Juli 2019

Belajar tentang mindset homeschooling, model dan legalitas homeschooling.

Bagaimana memulai homeschooling tingkat sekolah? Bagaimana perpindahan dari homeschooling ke sekolah? Bagaimana menjalani proses homeschooling anak remaja?

POLA BELAJAR & MEMBANGUN JEJARING sosial
Jumat, 2 agustus 2019

Mengenali pola kegiatan dan pola belajar anak homeschooling.

Mengembangkan jejaring sosial untuk memenuhi kebutuhan sosial remaja homeschooling, baik yang dilakukan dalam konteks komunitas homeschooling maupun konteks umum di masyarakat.

membangun DOKUMENTASI, evaluasi & Portfolio KARYA
Selasa, 6 agustus 2019

Membangun sistem dokumentasi dan evaluasi yang baik.

Menyiapkan remaja setahap demi setahap untuk membangun keterampilan yang bermanfaat untuk membangun kepercayaan diri, sarana berkarya, dan bekal untuk terjun di masyarakat dan dunia profesional.

Menjadi volunteer & Magang PROFESIONAL
Jumat, 9 Agustus 2019

Persiapan dan tahapan yang dilakukan remaja untuk mengembangkan keterampilan berkontribusi di masyarakat dan berkarya yang terhubung dengan dunia profesional.

Materi yang Didapat Peserta

SIMULASI WEBINAR

Sebelum webinar, akan ada sesi Simulasi Webinar bagi para peserta webinar untuk mencoba ruang webinar.  Jadwal sesi Simulasi Webinar Jumat (27/7) pukul 19.00-20.00 WIB

LIVE WEBINAR

Webinar adalah seminar yang bisa diakses secara online. Setelah mendaftar dan melakukan konfirmasi, peserta akan mendapatkan email menuju ruang member.

REKAMAN WEBINAR

Anda terlambat mengikuti webinar? Jangan khawatir, setiap sesi Live Webinar akan ada rekamannya yang bisa diunduh lengkap dengan SLIDE dalam bentuk PDF.

Sepanjang ada koneksi Internet, Anda bisa mengikuti Webinar dari rumah, jalan, kafe di seluruh dunia, melalui laptop ataupun telpon genggam Anda.

eBook

4 eBook tentang Strategi Homeschooling untuk Remaja

Podcast

8 Podcast tentang Homeschooling Usia Remaja

Contoh

Ide dan contoh kegiatan anak-anak homeschooling tingkat remaja

Support Group

Grup Whatsapp untuk sharing & diskusi peserta webinar

Menjalani homeschooling bukanlah sekedar memindahkan sekolah ke rumah.. Orangtua dan anak remaja yang menjalani homeschooling perlu belajar agar bisa memanfaatkan berbagai peluang besar dalam homeschooling.

Sa;lah satu peluang dalam proses homeschooling remaja (SMP & SMA) adalah mengintegrasikan homeschooling dengan pendidikan yang selaras dengan abad 21, yang menjadi dunia tempat hidup mereka.

webinar pendidikan abad 21

PEMATERI

Materi webinar akan dibawakan oleh Aar (Sumardiono) & Lala (Mira Julia), praktisi homeschooling, founder Rumah Inspirasi.

Sebagai praktisi homeschooling, Aar & Lala telah menjalani homeschooling selama hampir 18 tahun untuk 3 anaknya. Aar & Lala terlibat langsung dalam proses pengasuhan dan pendidikan anak-anaknya.

Rumah Inspirasi adalah simpul pendidikan dan resource untuk belajar homeschooling, parenting, dan manajemen keluarga. Berdiri sejak 2007, secara periodik Rumah Inspirasi menyelenggarakan webinar tentang homeschooling & parenting bagi keluarga Indonesia.

PENDAFTARAN

BIAYA

  • Biaya Webinar Pendidikan Abad 21 adalah Rp. 200.000,-
  • Biaya Webinar HS Anak Remaja adalah Rp. 200.000,-
  • Biaya Webinar bulan Juli 2019 (Pendidikan Abad 21 & Anak Remaja) adalah Rp. 400.000 Rp. 350.000. 

TUJUAN TRANSFER:
BCA: 686-00-777-93
BCA cabang Kramat Kwitang Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Mandiri: 123-000-552-830-4
Bank Mandiri Cempaka Putih Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

PROSES PENDAFTARAN
Untuk mendaftar, silakan langsung melakukan transfer, kemudian melakukan konfirmasi. Pada saat melakukan transfer, tambahkan angka unik terserah untuk memudahkan pengecekan, misalnya: Rp 350.005, Rp 350.123, dst.

Setelah melakukan transfer, silakan melakukan konfirmasi pendaftaran melalui form berikut ini: 

Pendaftar akan mendapatkan email tanda kesertaan dan petunjuk untuk mengikuti proses seminar.

Bagi yang baru pertama kali mengikuti, peserta akan mendapat kesempatan untuk mencoba platform yang digunakan sebelum acara seminar dimulai untuk mengecek apakah bisa mengikuti acara webinar.