Webinar Homeschooling 2015: Memulai Homeschooling

Memenuhi permintaan teman-teman yang ingin belajar tentang homeschooling, Rumah Inspirasi akan mengadakan lagi Webinar Homeschooling ke-2 di tahun 2015 ini. Tema webinar adalah “Menimbang dan Memulai Homeschooling“.

Materi webinar saat ini merupakan penyempurnaan dari webinar-webinar homeschooling sebelumnya. Webinar kali ini akan berlangsung selama 10 (sepuluh) sesi.

***

Menimbang & Memulai Homeschooling

Webinar homeschooling berlangsung selama 10 (sepuluh) sesi setiap hari Kamis malam, pukul 19.00-21.00 WIB.

Webinar berlangsung melalui internet, bisa diikuti oleh peserta dari kota manapun. Yang penting ada laptop (yang memiliki speaker) atau tablet (iPad/Android) beserta koneksi Internet.

Setiap sesi webinar berdiri sendiri dan bisa diikuti secara terpisah. Keluarga yang ingin mendapatkan gambaran lengkap tentang homeschooling disarankan untuk mengikuti seluruh sesi webinar.

Poster-WebHS2015-semester-2-A-600

Sesi 1. Basic Homeschooling & Rancangan Homeschooling (Kamis, 10 September 2015)

Sesi ini membahaskan dasar-dasar tentang homeschooling: substansi homeschooling, perbandingan homeschooling dan sekolah, keuntungan dan resiko homeschooling, critical factor dalam homeschooling.
Selain itu, akan dibahas tentang gambar besar (big picture) dan rancangan homeschooling di keluarga. Apa yang perlu dirancang? Bagaimana merancangnya? Bagaimana contoh rancangan pada beberapa praktisi homeschooling.

Sesi 2. Model dan Legalitas Homeschooling (Kamis, 17 September 2015)

Sesi ini membahaskan tentang berbagai model homeschooling, pendekatan belajar,terutama school-at-home dan Unschooling. Bagaimana memilih metode yang sesuai? Bagaimana metode/pendekatan itu terefleksikan secara praktis dalam homeschooling? Tema ini berisi wawasan untuk memperkaya pilihan-pilihan di dalam menjalankan homeschooling sehingga tak dibatasi dengan model sekolah formal seperti yang ada di Indonesia.
Selain itu, sesi ini akan membahaskan tentang 3 jalur homeschooling, legalitas homeschooling, ijazah anak homeschooling, perpindahan dari homeschooling ke sekolah.

Sesi 3. Memulai Homeschooling (Kamis, 24 September 2015)

Sesi ini akan membahas persiapan memulai homeschooling untuk berbagai tingkat usia. Apa yang harus dipersiapkan? Apa kegiatannya? Bagaimana memulai homeschooling untuk anak bayi, preschool, SD, SMP-SMA? Di mana titik-titik kritis yang perlu diketahui dan diantisipasi?
Sesi ini juga akan membahas tentang deschooling (peralihan dari sekolah ke homeschooling). Apa itu deschooling, mengenali perbedaan budaya sekolah & homeschooling, tujuan deschooling, kegiatan selama deschooling.

Sesi 4. Kurikulum, Materi Belajar, dan Pola Kegiatan Homeschooling (Kamis, 1 Oktober 2015)

Sesi ini akan membahas tentang kurikulum yang tersedia, sumber-sumber materi belajar, strategi dan contoh-contoh kegiatan yang kreatif dengan biaya terjangkau, tak membosankan, dan memiliki kualitas pembelajaran yang tinggi. Sesi ini juga akan membahas tentang proses memfasilitasi minat dan bakat anak.

Sesi 5. Menyiapkan Pembelajar Mandiri (Kamis, 8 Oktober 2015)

Sesi ini akan membahaskan tentang proses menyiapkan anak menjadi pembelajar mandiri. Mengapa? Karena orangtua bukan ahli segalanya. Orangtua homeschooling tak mungkin mengajari sendiri anaknya untuk semua materi/ilmu yang ingin dikuasai anak?
Oleh karena itu, tantangan bagi orangtua homeschooling adalah menyiapkan anak sebagai pembelajar mandiri. Ini adalah ibarat proses memberikan kail untuk anak, bukan hanya sekedar memberikan ikan.

Sesi 6. Belajar Melalui Keseharian (Kamis, 15 Oktober 2015)

Homeschooling berbeda dengan sekolah dalam pola dan kegiatan belajar anak. Salah satu kekuatan homeschooling adalah kehadiran keseharian/dunia nyata di dalam proses pembelajaran anak. Bagaimana strategi memanfaatkan keseharian? Bagaimana proses belajarnya? Apa ide-ide kegiatan untuk keseharian?

Sesi 7. Memanfaatkan Internet untuk Homeschooling (Kamis, 22 Oktober 2015)

Teknologi membuat proses homeschooling bukan hanya lebih mudah, tapi lebih berkualitas. Dengan internet, kita bisa mendapatkan materi pendidikan berkualitas internasional, tak kalah dengan anak-anak di negara maju. Apa peluang dan pilihan-pilihan yang kita miliki? Bagaimana strategi dan proses belajarnya? Termasuk, pembahasan situs-situs yang bermanfaat dengan proses belajar anak.

Sesi 8. Evaluasi Dalam Homeschooling (Kamis, 29 Oktober 2015)

Sesi kedelapan membahas praktek yang dilakukan beberapa praktisi saat mengevaluasi proses homeschooling dan membuat portofolio. Sesi ini juga akan membahas persiapan dan proses mengikuti Ujian Kesetaraan.

Sesi 9. Manajemen Keseharian Homeschooling (Kamis, 5 November 2015)

Sesi ini akan membahas tentang hal-hal praktis yang berhubungan dengan praktek homeschooling sehari-hari, seperti: manajemen waktu, proses belajar, materi belajar, evaluasi belajar dalam pelaksanaan homeschooling. Tips-tips praktis menjalani keseharian homeschooling yang efektif dan menyenangkan.

Sesi 10. Tanya Jawab, Sharing, dan Diskusi (Kamis, 12 November 2015)

Sesi terakhir adalah sesi bebas untuk membahaskan hal-hal yang belum jelas atau pertanyaan-pertanyaan lain tentang homeschooling.

 

***

TEKNIS WEBINAR

Pelaksanaan seminar homeschooling akan dilakukan secara online menggunakan fasilitas Internet. Seminar ini bisa diikuti oleh peserta yang tinggal di manapun, selama terhubung dengan Internet yang memungkinkan untuk melakukan koneksi suara/gambar. Webinar bisa diikuti melalui browser di komputer atau melalui aplikasi di tablet (iOS dan Android), tidak bisa melalui handphone.

Pembicara akan melakukan presentasi secara lisan disertai ilustrasi berupa slideshow. Peserta dapat mengirimkan pertanyaan sebelum acara dimulai. Peserta juga dapat mengajukan pertanyaan secara tertulis maupun lisan pada saat sesi tanya-jawab di dalam seminar.

Prasyarat Teknis:
* Sambungan internet broadband (Speedy, Firstmedia, Telkomsel Flash, Smartfren, XL, IM2, 3, dan lainnya).
* Komputer/laptop dengan speaker atau tablet (iPad/tablet Android).
* Komputer windows: http://www.wiziq.com/desktop/
* Tablet (iPad/Android): http://www.wiziq.com/mobile/
* Komputer Mac: browser Chrome atau Firefox

Simulasi Webinar:
Sebelum webinar, akan ada sesi Simulasi Webinar  untuk mencoba ruang webinar. Peserta dapat memilih salah satu dari jadwal sesi Simulasi Webinar : Selasa (25/8), Selasa (1/9), atau Selasa (8/9) pukul 19.00-20.00.

***

BIAYA WEBINAR

Biaya per Sesi (Rp 40.000/sesi)

Biaya mengikuti webinar adalah Rp. 40.000 (empat puluh ribu rupiah) untuk setiap sesi. Biaya seluruh sesi adalah 10 sesi x Rp 40.000 = Rp 400.000. Pendaftaran per sesi dilakukan paling lambat sehari sebelum webinar.

Paket Webinar (Rp 280.000/seluruh sesi)

Pendaftaran untuk paket seluruh sesi (10 sesi) menjadi Rp. 280.000 (dua ratus delapan puluh ribu rupiah). Selain berhak mengikuti seluruh sesi webinar, Anda akan mendapat BONUS berupa Materi Webinar Homeschooling Anak Usia Dini & Usia Sekolah 2014 (ebook, podcast).

Re-seat Webinar (Rp 150.000/seluruh sesi)

Bagi alumnus Webinar Homeschooling sebelumnya yang ingin menyegarkan kembali pengetahuannya mengenai homeschooling, biaya kesertaan dalam Webinar Homeschooling adalah Rp 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah).

CARA MENDAFTAR

Untuk mendaftar, silakan transfer sesuai pilihan Anda, kemudian konfirmasi ke support@RumahInspirasi.com dengan melampirkan bukti transfer.

Untuk memudahkan pengecekan, tambahkan angka unik (0-999) yang jumlahnya terserah Anda pada nilai transfer, misalnya: Rp 280.123, Rp 280.777, Rp 280.432, dan sebagainya.

Biaya pendaftaran webinar dapat ditransfer ke:

Bank BCA No: 686-00-777-93
BCA cabang Kramat Kwitang Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Bank Mandiri No: 123-000-552-830-4
Bank Mandiri Cempaka Putih Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Setelah melakukan transfer, pendaftar diharapkan melakukan konfirmasi pendaftaran ke support@rumahinspirasi.com dengan melampirkan bukti transfer. Pendaftar akan mendapatkan email tanda kesertaan dan petunjuk untuk mengikuti proses seminar.

***

YANG DIDAPAT PESERTA

Dalam webinar tentang homeschooling ini, Anda akan mendapatkan berbagai hal yang sudah kami siapkan, antara lain:

  1. Sesi Simulasi Webinar sebelum jadwal webinar sebenarnya.
  2. Ebook bertema homeschooling yang sesuai dengan tema yang dibahaskan, antara lain.
  3. Podcast tentang homeschooling.
  4. Presentasi webinar selama 2 jam x 10 sesi = 20 jam, lengkap dengan tanya jawab secara langsung selama sesi webinar.
  5. Slideshow yang digunakan dalam webinar.
  6. Rekaman webinar secara penuh, sesuai dengan proses yang berlangsung dalam ruang webinar, lengkap dengan tanya-jawabnya. Jika berhalangan hadir pada sesi webinar, Anda tetap akan bisa menikmati webinar melalui rekaman yang ada.

Kumpulan-ebook-WebinarHS-2015

***

 

Jika ada pertanyaan, silakan disampaikan dalam kolom komentar di bawah atau melalui support@RumahInspirasi.com atau SMS: 0878-7700-9997.