printer

Tata menyiapkan materi belajar

printer“Pak, kok di komputernya nggak ada homeschooling sih?”
Pagi-pagi Tata sudah bertanya dengan suara keras sementara aku sedang berada di kamar mandi.
“Kenapa Ta?”
“Aku kan lagi cari buku Reading A to Z. Aku cari homeschooling di Document, tapi nggak ada,” Tata mencoba menjelaskan maksudnya.

Oo.. rupanya Tata sedang menyiapkan bahan belajarnya, yaitu bacaan bahasa Inggris “Reading A to Z”. Materi itu ada di direktori My Document/homeschooling/readingAtoZ. Tata sudah tahu tempatnya dan langkah-langkah untuk menyiapkan bukunya.

Aku perkirakan, dia sudah mengklik Windows Explorer di Windows 7, tapi tidak menemukan materi yang dicari (yang berada di bawah direktori My Document). Sementara, yang muncul di layar adalah direktori Document yang berada di atas My Document.

“Coba klik My Document, Ta!” jawabku masih dari kamar mandi.
“Sudah pak. Ketemu akhirnya.” teriak Tata dengan gembira.

Begitu selesai dari kamar mandi, aku segera menuju komputer. Aku lihat Tata sedang memilih judul buku yang akan dipelajarinya. Aku kemudian membantunya meletakkan kertas di printer dan kemudian Tata men-print isi dan covernya. Setelah itu, dia melipat dan menyusun isi buku. Aku membantunya di bagian terakhir dengan menjilidnya dengan stapler.

**

Senang rasanya melihat Tata semakin mandiri. Dia sudah mulai mengenal “konsep direktori di komputer”. Dia juga sudah bisa memilih file, membuka, dan mencetaknya. Hanya, dia masih perlu dibantu kalau ada urusan dengan printer karena letaknya masih susah buat jangkauannya.

Pencapaian Tata ini bukan sebuah hal yang instan. Ini adalah hasil selama bertahun-tahun dia memperhatikan apa yang kami lakukan. Dia juga selalu ada dan ikut belajar ketika Yudhis diajari menyiapkan bukunya sendiri. Lama-lama, Tata juga bisa melakukannya sendiri.

**

Proses menyiapkan materi belajar sendiri adalah satu langkah dari bangunan belajar mandiri yang sedang dijalani anak-anak dalam proses HS/HE-nya.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.