Seminar Online

Seminar Online – Homeschooling

Seminar Online

Satu bulan terakhir ini, Lala mengadakan kursus online tentang membuat blog. Pesertanya adalah para ibu yang ingin belajar membuat blog sendiri. Acara berlangsung sukses, para Ibu bisa mengikuti kegiatan pembelajaran ini walaupun mereka berada di kota-kota yang beragam. Sepanjang koneksi Internet lancar, proses belajar berlangsung lancar.

Dari kegiatan Lala tersebut, kami ingin melanjutkannya dengan sebuah kegiatan baru, yaitu “Seminar Online tentang Homeschooling.” Seminar ini ditujukan untuk para pemula yang ingin mengetahui tentang homeschooling dan bagaimana persiapan homeschooling.

Karena bersifat online, kegiatan ini dapat diikuti siapa saja, sepanjang ada komputer dan koneksi dengan Internet. Kegiatan ini adalah rintisan, mudah-mudahan berhasil. Kalau berhasil, model ini dapat memfasilitasi proses belajar mengenai homeschooling bagi keluarga yang ada di luar Jakarta/luar negeri. Juga, kita dapat membuka peluang pembelajaran mengenai apa saja.

 

Seminar Online

Tema: “Pengantar Homeschooling, Titik-titik kritis dalam praktek homeschooling serta Persiapan Memulai Homeschooling”.

Pembicara: Sumardiono (praktisi homeschooling, Rumah Inspirasi)

Waktu: Rabu, 11 Mei 2011, pukul 19.00-21.00

 

Teknis Seminar Online

Pelaksanaan seminar homeschooling akan dilakukan secara online menggunakan fasilitas Internet. Seminar ini bisa diikuti oleh peserta yang tinggal di manapun, selama terhubung dengan Internet yang memungkinkan untuk melakukan koneksi suara/gambar. Peserta harus mengikuti seminar melalui browser di komputer, tidak bisa melalui handphone.

Pembicara akan melakukan presentasi secara lisan disertai ilustrasi berupa slideshow. Peserta dapat mengirimkan pertanyaan sebelum acara dimulai. Peserta juga dapat mengajukan pertanyaan secara tertulis maupun lisan pada saat sesi tanya-jawab di dalam seminar.

Prasyarat teknis:
• Sambungan internet
• Komputer
• Browser Mozilla Firefox
• Speaker (headset dengan mic jika ingin memanfaatkan fasilitas bertanya dengan suara)

Pendaftaran:
Seminar ini terbatas untuk 40 (empat puluh) peserta.
Biaya mengikuti seminar adalah Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah). Biaya pendaftaran dapat ditransfer ke:

Bank BCA No: 686-00-777-93
BCA cabang Kramat Kwitang Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Bank Mandiri No: 123-000-552-830-4
Bank Mandiri Cempaka Putih Jakarta
A.n. Mira Julia Putri Utari

Setelah melakukan transfer, pendaftar diharapkan melakukan konfirmasi pendaftaran ke support@rumahinspirasi.com. Pendaftar akan mendapatkan email tanda kesertaan. Setiap peserta akan mendapat kesempatan untuk mencoba platform yang digunakan sebelum acara seminar dimulai untuk mengecek apakah bisa mengikuti acara seminar.

(Jika ada pertanyaan, silakan meninggalkan pesan di bawah ini.)

Tulisan menarik lainnya

Share this post

48 thoughts on “Seminar Online – Homeschooling”

  1. Terobosan baru Rumah Inspirasi. ^_^ semoga lancar, pak Aar.
    Begini, Pak, saya tertarik dengan seminar ini. Apakah nanti ada semacam dokumentasi yang diberikan kepada peserta? rekaman seminar atau slide mungkin? Karena saya punya batita, jadi ada kemungkinan (besar :p) ndak bisa 100% ikutan seminarnya. ^_^ … mohon informasinya, terima kasih.

  2. Kalian memang keluarga yang sangat menginspirasi…. Indonesia kuat, karena keluarga2nya kuat. Great job, the Sumardionos! (eh, anak2 pake nama Sumardiono ga?)

    1. Hehehehe… terima kasih mbak Devi. Setuju. Mari sama-sama kita berangkat dari hal-hal kecil di dalam keluarga yang bisa kita kelola untuk menuju Indonesia yang lebih baik. Karena belum ada rencana membuat klan, tiap anak punya nama masing-masing mbak, hehehehe 🙂

  3. asyik.. ikut ah.. pak Aar, bisa ga lebih malem lagi, jadi anak2 sudah tidur, hehehe… Jadi ibunya bisa lebih khusyu..:D

    1. Karena pengumumannya sudah disebarkan, kita mulai dulu dengan waktu yang ada sekarang ya.. Menurut mbak Rika bagusnya jam berapa mbak? Soalnya harus mempertimbangkan juga teman2 yg di Indonesia Tengah dan Timur.. 🙂

    1. Mari mbak Mila… saya juga harap-harap senang (bukan cemas) utk acara pertama ini. Harapannya ini bisa menjadi pintu pembuka utk kegiatan2 lainnya 🙂

  4. Salam.. saya mau ikutan dong.. seminarnya kapan ya (tgl brp)?.. kalau bisa pagi jam 8 s.d. 12 akan sangat membantu karena saat itu saya punya me time. atau jam 1 siang s.d. jam 4 saat anak2 tidur siang.. 🙂 tengah malam juga oke saat anak2 tidur malam. tapi kalau bisa jangan sabtu minggu ya, its family time.. hehe.. thanks atas pertimbangannya pak… konfirmasi segera.

    1. Mari mbak. Silakan transfer dan kemudian konfirmasi. Seperti yg sudah dituliskan di atas, acara seminarnya hari Rabu, 11/5, pukul 19.00-21.00. Semoga kita bisa atur lagi jadwal dalam seminar2 berikutnya 🙂

  5. salam, saya ikut ya pa, ntar kalo dah transfer saya konfirm. saya setuju kalo lebih malam lagi. setelah anak2 tidur… 🙂

  6. Akhirnya…
    Rampung Juga Rencana Seminar Online nya Mas,
    Semoga SUKSES n Lancar dan Di Dukung Koneksi yang mumpuni dari para pesertanya 😀
    Bravo..!!! 😉

  7. micke mirzania

    Saya masih bisa ikut ?? Insyaallah pada saatnya koneksi internetnya berjalan lancar.. Amiiinnnn

  8. Saya dah transfer mas aar jangan lupa daftarkan ya…hehehe… smoga internet sy ga trganggu pas acara seminar, soalnya terkadang speedy sy suka lambat…mungkinkrna langganannya yg murah…hehehe.. smoga smua brjalan lancar ya…amiiin…

    1. Sudah diterima mbak Citra dan sudah dijawab emailnya. Semoga semuanya lancar dan mendapatkan yang dibutuhkan dalam seminar.. 🙂

  9. wahhh…saya sedih sekali nieh…padahal seminar on line ini yg saya butuhkan.. tapi atm di negara cianjur selatan ini sudah beberapa hari terakhir ini rusak … 🙁 pengen banget daftar karena banyak pertanyaan yg akan saya ajukan..
    any suggest pak aar ?? saya berharap sekali.. dan semoga internetnya juga berjalan lancar.. many thanks.. 🙂

    1. Jangan khawatir. Masih ditunggu mbak. Kalau tidak bisa via ATM, bs via setor langsung. Atau, minta tolong teman/saudara, hehehe 🙂

  10. Pak Aar, sy sdh kirim email konfirmasi pembayaran ya.. a.n: indah. smoga acara n koneksi internet lancarrrrrrrrr 😉 :mrgreen:

  11. Pak Aar, saya coba cek spesifikasi dg komputer kantor.. ini hasilnya:

    Tes 1.
    Your System passed the configuration test

    Tes 2.
    Java 1.5 or above : Failed
    Java in working mode : Failed
    Supported Browser : Passed
    System Requirements for Screen Sharing

    Java’s JRE version 1.6
    Java is enabled in your browser.
    One of these browsers: Internet Explorer 6 or above and Firefox 3.5.0 or above on Windows OS , and Safari 4.0 on MAC
    —> smoga laptop di rumah lulus tes no.2 ini

    Tes 3.
    Speaker Test ok

    Tes 4.
    Microphone Test.. not ok (blm sempet bl yg baru) :mrgreen: –> Pak, apakah nanti pertanyaan peserta harus dg lisan? atau tersedia chat box/ layar chat untuk peserta bertanya/ngobrol?

    Tes 5.
    Video Test–> Pak Aar, video ini maksudnya hanya pembicara yg terlihat kan ya.. ? :mrgreen: ) atau malah hanya suara tanpa video tp ada slide yang bisa dibaca peserta?

    1. Oke mbak. Yg penting sistem dan speaker oke (tes 1-3). Pertanyaan bisa diajukan dengan text di forum nanti. Nanti malam kita coba tes ya.. nanti saya kirimkan undangannya.. 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.