presentasi

Seminar Homeschooling 2011

Komunitas Berkemas bersama dengan Rumah Inspirasi akan mengadakan seminar pendidikan anak berjudul “Menimbang dan Mempersiapkan Homeschooling.” Seminar ini ditujukan untuk keluarga yang berminat untuk menjalankan homeschooling, baru memulai homeschooling, atau ingin menambah wawasan dalam pendidikan anak.

**

Tema:

“Menimbang dan Mempersiapkan Homeschooling”

Waktu & Tempat

Hari/tanggal: Sabtu, 12 Februari 2011
Pukul: 09.00 – 13.00 WIB
Tempat: Hostel Pradana/SMK 57, Jl. Taman Margasatwa 38B, Jakarta Selatan

Pembicara:
Yayah Komariah (Ketua Komunitas Berkemas)
Sumardiono (praktisi homeschooling – Rumah Inspirasi)
Ines Puspita (guru, aktivis pendidikan)


Dalam seminar akan membahas tentang:
* pengantar dan konsep dasar tentang homeschooling
* kurikulum, legalitas dan ijazah homeschooling
* persiapan dan titik-titik kritis yang perlu diketahui dalam homeschooling
* tips dan praktek homeschooling
* inovasi dan ide kreatif dalam kegiatan belajar
* menjadi warga dunia dengan budaya lokal

Biaya seminar:
Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah)
Pembayaran melalui BCA No.Rek. 375-135-940-1 an. Kesuma Dewi

Informasi & pendaftaran:
Sekretariat Berkemas: Ibu Ikke (Kesuma Dewi)
Tel. 085717983789/97269889

Konfirmasi pembayaran dilakukan kepada ibu Ikke (Kesuma Dewi) atau melalui email kepada:
aar@rumahinspirasi.com

Lain-lain:
TEMPAT TERBATAS. Peserta akan dilayani dengan prinsip first-in first-served; yang melakukan transfer pembayaran dan konfirmasi yang akan dicatat sebagai peserta sesuai dengan urutan waktu.

**

Tentang Pembicara:
Yayah Komariah adalah ketua Komunitas Berkemas. Beliau juga adalah seorang praktisi homeschooling untuk 5 orang anaknya; yang paling besar tingkat SMA, yang paling kecil tingkat SD. Komunitas Berkemas banyak memfasilitasi anak-anak homeschooling dari berbagai kota untuk mengikuti ujian persamaan. Beliau akan membahas tentang peraturan Diknas, ujian persamaan, dan hal-hal yang berhubungan dengan legalitas. Beliau juga akan berbagi tips praktis homeschooling yang dijalaninya.

Ines Puspita adalah co-founder milis sekolahrumah. Beliau adalah seorang aktivis pendidikan yang sangat senang berbagi informasi mengenai pendidikan-pendidikan berkualitas internasional. Ines adalah pengajar di Deutsche Internationale Schule (German International School). Selain itu, beliau aktif menjadi penggiat kegiatan belajar di komunitas virtual Second Life, bekerjasama dengan berbagai lembaga internasional, antara lain NASA dan North Carolina University. Dalam seminar ini, Ines akan berbagi informasi dan gagasan tentang inovasi dan ide-ide kreatif di dalam proses belajar. Juga, membuka wawasan peserta untuk mengantarkan anak-anak menjadi bagian dari warga dunia dengan memanfaatkan teknologi, tanpa kehilangan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

Sumardiono (Aar) adalah seorang praktisi homeschooling tunggal, tidak bergabung dengan Komunitas Homeschooling tertentu. Sampai saat ini Aar menjalankan homeschooling untuk 3 anak bersama isterinya, Lala. Mereka menjatuhkan pilihan homeschooling sejak awal pernikahan (sebelum anak-anak lahir) dan sampai sekarang sangat menikmati perjalanan belajar (journey of learning) mereka. Mereka senang memfasilitasi proses berbagi informasi dan pengetahuan melalui Internet (a.l. Situs Sumardiono, Rumah Inspirasi, SekolahRumah, milis SekolahRumah, Serial Belajar Mandiri) dan juga melalui buku (Homeschooling Lompatan Cara Belajar, Warna-warni Homeschooling – kumpulan tulisan bersama praktisi homeschooling). Dalam seminar ini Aar ingin berbagi pengalaman tentang titik-titik kritis di dalam persiapan dan pelaksanaan homeschooling. Aar juga akan berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dijalaninya dalam homeschooling selama ini.

UPDATE (25/01/2011): pendaftaran DITUTUP karena jumlah peserta sudah maksimal.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

3 thoughts on “Seminar Homeschooling 2011”

  1. Hai, salam kenal. saya sgt tertarik utk HS utk ke2 anakku, kemana sy bisa menghubungi/konsul? kpn akan diadakan seminar lagi di jkrt? it will helpful. thanks

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.