BuatKeju

Presentasi tentang Keju

Yudhis suka keju. Bahkan waktu kecil wajahnya sampai kotak (sudah tidak bundar lagi saking gendutnya), mungkin karena kebanyakan makan keju. Kesukaannya waktu masihkecil adalah makan Party Cubes® pagi siang sore.

Sekarang setelah besar, kesukaan Yudhis pada keju tidak berkurang. Sebenarnya sih Yudhis suka makanan apa saja yang enak, hehehe… Dan termasuk di dalamnya adalah kesukaannya pada keju.

Makanya aku tak heran ketika dia memilih keju sebagai materi lapbook untuk kegiatannya kali ini.

Lapbook tentang Keju

Yang aku kagum adalah kenyataan bahwa Yudhis betul-betul melakukan riset tentang keju. Banyak sekali hal yang dia pelajari selama proses pembuatan lapbook tentang keju ini.

Hampir setiap hari dia datang dan menceritakan aneka fakta baru yang dia temukan tentang keju. Dalam lapbook dan presentasi tentang keju ini, Yudhis belajar bermacam-macam, mulai sejarah keju, proses pembuatan keju, jenis-jenis keju, negara-negara penghasil keju, negara pengkonsumsi keju, serta aneka fakta-fakta menarik tentang keju.

Proses riset, membuat lapbook, dan mengisi data hingga presentasi tentang keju ini memakan waktu sekitar 2 minggu. Ada masa-masa longgar di awal dan masa-masa ngebut di akhir untuk menyelesaikan proyeknya.

Semua proses ini dilakukan sendiri olehYudhis. Tugas kami adalah mengawal prosesnya, memberikan feedbacak agar proses yang dilakukannya tak hanya asal jadi. Juga, tentu saja tugas kami adalah memastikan bahwa proyek ini tidak berhenti di tengah jalan dan bisa selesai sampai akhir.

Proses ini tidak berjalan mulus dan lancar begitu saja. Ada kala Yudhis stuck, ada kala Yudhis butuh feedback, ada kala Yudhis butuh semangat, dan ada kala di butuh lecutan yang akhirnya membuatnya berhasil menyelesaikan proyeknya ini.

Membuat Keju Sendiri

Dalam proses belajar tentang keju ini, Yudhis mencoba membuat keju sendiri dari susu segar. Walau proses pembuatan kejunya tidak terlalu mulus dan mengalami 2 kali kegagalan, tapi pada percobaan ketiga akhirnya Yudhis berhasil membuat kejunya sendiri. Senang & bahagia rasanya melihat kegigihan dan proses belajarnya.

Membuat Keju Sendiri

Petunjuk untuk membuat keju rumahan sendiri yang diikuti Yudhis bisa dibaca di Food Wishes Video Recipes.

Video Presentasi Keju

Berikut dokumentasi video presentasi Yudhis tentang keju:

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.