(c) The Anatomical Travelogue

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-8

Perkembangan Bayi Anda

Mengagumi jari mungil bayi dan kaki adalah salah satu kegembiraan dari hari pertama kehidupan. Nah, jari tangan dan kaki mereka mulai terbentuk minggu ini.Juga, lengan mereka yang bahkan dapat menekuk di siku dan pergelangan tangan. Minggu ini mata bayi menjadi semakin jelas karena pigmen (warna) di retina (bagian belakang mata) mulai berkembang.

Juga, usus semakin panjang hingga tidak ada cukup ruang untuk memuatnya di perut bayi, sehingga usus tersebut menjulur ke dalam tali pusat sampai minggu 12.

Pada saat ini, awal dari tunas yang akan berkembang menjadi alat kelamin bayi Anda telah mulai muncul meskipun belum cukup berkembang untuk mengungkapkan apakah bayi Anda laki-laki atau perempuan.

(c) The Anatomical Travelogue
(c) The Anatomical Travelogue

Perkembangan Tubuh Anda

Gejala kehamilan seperti terlambat haid, mual, kelelahan ekstrim, atau rasa ketat pada pakaian yang diakibatkan pembesaran rahim Anda mungkin mendorong Anda untuk bertanya-tanya apakah Anda sedang hamil.

Setelah Anda memiliki konfirmasi kehamilan Anda dari tes kehamilan, Anda harus mulai membuat kunjungan pertama ke dokter/bidan Anda. Kehamilan Anda perlu dimonitor oleh profesional kesehatan, termasuk dokter kandungan, perawat, bidan, atau dokter keluarga. Jika kehamilan Anda dianggap berisiko tinggi (misalnya, jika Anda pernah keguguran, lebih tua dari 35, atau memiliki riwayat komplikasi kehamilan), dokter Anda mungkin ingin secepatnya menangani dan memantau selama proses kehamilan Anda.

Perawatan prenatal yang baik sangat penting untuk pelayanan kesehatan dan aman bayi Anda. Jadi pastikan untuk membuat janji prenatal (kunjungan ke dokter/bidan) sebagai prioritas utama.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.