(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-28

Perkembangan Bayi Anda

Berat bayi Anda sekarang sekitar 1000 ons dan panjangnya sekitar 10 inci (25 cm).

Pada konsultasi Anda berikutnya, dokter/bidan Anda mungkin memberitahu apakah posisi bayi Anda: kepala di bawah atau kaki di bawah (posisi sungsang).

Bayi yang berada dalam posisi sungsang memiliki kemungkinan untuk lahir dengan operasi caesar.  Tapi bayi Anda masih memiliki waktu 2 bulan untuk mengubah posisi. Jadi, jangan khawatir jika saat ini bayi Anda berada dalam posisi sungsang. Kebanyakan bayi akan beralih posisi mereka dengan usaha sendiri.

Lipatan dan alur otak bayi Anda terus berkembang dan meuas. Selain itu, bayi Anda terus menambah lapisan lemak dan terus mengalami pertumbuhan rambut.

(c) Anatomical Travelogue
(c) Anatomical Travelogue

 

Perkembangan Tubuh Anda

Dokter mungkin meminta Anda untuk melakukan beberapa tes darah. Salah satu tes darah adalah mengukur faktor Rh, zat yang ditemukan dalam sel-sel darah merah dari kebanyakan orang. Jika Anda tidak memiliki Rh (jika Anda Rh negatif) tetapi bayi Anda tidak (Rh positif), ada potensi bayi Anda memiliki masalah kesehatan, seperti penyakit kuning dan anemia. Dokter Anda dapat mencegah masalah ini dengan memberikan vaksin yang disebut immune globulin Rh pada minggu ke-28 dan sekali lagi setelah melahirkan.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.