(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Kondisi Kehamilan dan Bayi Minggu ke-14

Perkembangan Bayi Anda

Pada minggu ini, beberapa rambut halus telah mulai tumbuh di wajah bayi Anda. Rambut yang berwarna lembut ini disebut lanugo, dan pada akhirnya akan menutupi sebagian besar tubuh bayi Anda sampai menjelang kelahiran.

Sekarang, alat kelamin bayi Anda telah berkembang penuh, meskipun mungkin masih sulit untuk terdeteksi pada pemeriksaan USG. Selain itu, bayi Anda mulai memproduksi hormon tiroid karena kelenjar tiroid telah masanya berkembang.

Berat bayi anda sekarang sekitar 1,6 ons (45 gram) dan panjangnya sekitar 3,5 inci (9 cm).

(c) Anatomical Travelogue
(c) Anatomical Travelogue

Perkembangan Tubuh Anda

Dalam keadaan tertentu (misalnya, jika Anda berusia lebih dari 35 atau jika tes skrining Anda menunjukkan bahwa mungkin ada masalah dengan janin), dokter/bidan Anda dapat mendiskusikan amniosentesis dengan Anda.

Amniosentesis adalah tes yang biasanya dilakukan saat kehamilan antara 15 dan 18 minggu yang dapat mendeteksi kelainan pada janin, seperti sindrom Down. Selama tes ini, jarum yang sangat tipis dimasukkan ke dalam cairan ketuban yang mengelilingi bayi di dalam rahim dan sampel cairan yang diambil dan dianalisis.

Amniosentesis membawa sedikit resiko keguguran, jadi bicarakan dengan dokter Anda tentang keprihatinan Anda, risiko dan keuntungan dari tes ini.

Referensi: KidsHealth.org

 

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.