Membuat Pelangi

Percobaan Sains: Membuat pelangi

Membuat Pelangi

Kemarin Yudhis membuat kejutan. Siang hari, di saat waktu istirahat dan panas yang terik, tiba-tiba Yudhis berteriak memanggilku.

“Pak, aku bisa bikin pelangi…!” teriaknya dengan gembira.

Aku kemudian mendatanginya. Ternyata dia sedang bermain dengan semprotan air yang disemburkan secara halus ke udara di tengah sinar matahari yang cerah. Akibatnya, terlihat bayangan pelangi warna-warni yang terlihat jelas.

Wah… Yudhis terlihat bahagia karena berhasil menemukan kegiatan itu. Abby dan Tata pun menikmati proses itu.

“Menurut kamu, mengapa bisa terjadi pelangi, Dhis?” aku bertanya.

“Aku masih inget pelajaran bude Titing,” jawab Yudhis. “Pelangi itu terbentuk karena ada butir-butir air yang halus yang kena sinar matahari. Sinar matahari itu kemudian dibiaskan menjadi warna-warni pelangi.” Yudhis menjawab dengan penuh percaya diri.

“Bagaimana kamu bisa menemukan kegiatan ini?”

“Aku nggak sengaja. Tadi aku main-main semprotan air buat tanaman. Ternyata waktu aku semprotkan ke tempat yang panas, jadi pelangi deh.”

Hehehe… ini betul-betul kejutan dan pengalaman belajar yang menyenangkan. Penemuan bisa terjadi secara tidak sengaja. Percobaan sains ternyata bisa dilakukan dengan media sederhana dan biaya murah.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

3 thoughts on “Percobaan Sains: Membuat pelangi”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.