fbpx

Pentingnya Membangun Kenangan Baik Saat Usia Dini

Masa-masa perkembangan anak usia dini merupakan masa penting yang berdampak besar terhadap bawah sadar anak dalam jangka panjang. Kenangan masa kecil akan terbawa pada anak, sadar maupun tidak sadar.

Selain membangun koneksi dan relasi antara orangtua-anak, melakukan stimulasi tumbuh kembang, orangtua juga perlu membangun kenangan baik bersama anak.

Hal Kecil Yang Bermakna

Banyak hal yang menjadi bagian dari diri kita saat dewasa merupakan dampak dari kejadian-kejadian yang terjadi saat kita kecil. Anak-anak sangat mudah menyerap berbagai hal yang mereka alami, rasakan, terima, dan lihat dilakukan oleh orang dewasa di sekitarnya.

Contoh sederhana adalah respon dari orang dewasa ketika anak jatuh.

Orang dewasa yang terbiasa menyalahkan lantai ketika anak jatuh bisa menyebabkan anak lebih terbiasa untuk menyalahkan orang lain. Stereotype dan prasangka yang dimiliki oleh orang dewasa di sekitar anak juga dapat mempengaruhi cara anak memandang orang lain.

Sikap orang tua kepada anak yang tidak pernah puas dan selalu menuntut juga dapat menimbulkan insekuritas pada anak. Dampaknya, ketika sudah dewasa anak selalu membutuhkan pengakuan dari orang lain karena merasa tidak percaya diri dan kurang berharga.

Membangun Rasa Aman dan Nyaman

Dalam perkembangan otak anak, ada tiga aspek perkembangan berkaitan dengan otak yang perlu diperhatikan.

Otak survival mengontrol keperluan untuk bertahan hidup, otak emosi yang meregulasi emosi dan sikap, lalu otak neocortex yang berkaitan dengan perkembangan kecerdasan. Bagian otak neocortex ini baru bisa bertumbuh dengan optimal ketika kedua bagian otak sebelumnya telah terpenuhi.

Oleh karena itu, rasa aman dan rasa nyaman perlu menjadi fokus bagi orang tua ketika sedang mendidik anak usia dini.

Podcast ini juga membahas sedikit tentang “Conscious Parenting”.

Masyarakat banyak mengira parenting adalah tentang mengurus dan mengubah perilaku anak. Padahal, yang terjadi sebenarnya adalah tentang usaha orangtua memperbaiki diri agar bisa efektif saat bersama anak.

Menurut Shefali Tsabary, penulis buku The Conscious Parenting:, fokus dari parenting adalah proses transformasi diri sendiri sebagai orang tua. Slogannya: Transforming Ourselves, Empowering Our Children.

 

Selengkapnya, silakan dengarkan podcast “Ngobrol Bareng Rumah Inspirasi” di Spotify dan Anchor melalui link berikut ini:

Spotify:

Anchor:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

belajar homeschooling

Pengantar
Legalitas
Sosialisasi
Kurikulum
Sumber Belajar
Komunitas
Kunci Berhasil
Keseharian

Buku Homeschooling

Sekolah ada model pendidikan yang paling umum di masyarakat, tapi bukan satu-satunya.

Buku ini sangat penting untuk orangtua yang sedang menimbang homeschooling, pendidik & pemerhati pendidikan, serta masyarakat yang ingin mengetahui konsep homeschooling dengan jelas.

artikel terbaru

tulisan lain