Seminar Homeschooling

Penampilan Anak Homeschooling

Ada yang berbeda dalam Seminar Homeschooling kemarin dibandingkan seminar sebelumnya. Bukan karena temanya atau pembicara, tetapi karena ada anak-anak homeschooling yang tampil dan ikut memberikan kesaksian dalam seminar. Ada beberapa anak bernyanyi bersama, dipimpin oleh Maghfi. Mereka menyanyikan beberapa lagu bersama-sama dengan iringan gitar. Bagus sekali penampilan mereka.

Kalau tidak percaya, simak video penampilan mereka di bawah ini:

Kemudian, ada kesaksian Binar, seorang anak homeschooling usia 16 tahun dari Bangka yang berhasil lulus ujian Paket C (tingkat SMA) dan diterima masuk Universitas Islam Negeri Malang (UIN Malang) jurusan psikologi. Selain bercerita tentang pengalamannya, Dinar juga menjawab langsung pertanyaan-pertanyaan dari para peserta seminar tentang bagaimana dia belajar, peran orangtuanya, sosialisasi, dan lain-lain.

Selain itu, ada kejutan yang tak direncanakan. Mbak Neno Warisman yang hadir dalam acara seminar itu ikut memberikan kesaksian dan bercerita mengenai pengalamannya melakukan homeschooling untuk anak-anaknya. Sebuah surprise yang menyenangkan…!

**

Seminar homeschooling itu sendiri bertema “Belajar Tanpa Batas”, diadakan oleh Komunitas Berkemas bekerja sama dengan Rumah Inspirasi. Waktu pelaksanaannya tanggal 7 Agustus 2010. Lokasinya di Hostel Pradana, Jakarta Selatan. Pembicaranya Yayah Komariah (Komunitas Berkemas), Sumardiono (Rumah Inspirasi), dan Ines Setiawan (SLED Indonesia).

Materi seminarnya sendiri adalah pengenalan tentang homeschooling, baik dari sisi konseptual maupun praktis. Ada bu Yayah Komariah yang menjelaskan tentang basic homeschooling dan ijazah homeschooling. Aku sendiri sharing tentang pengalamanku menjalani homeschooling. Sementara mbak Ines menjelaskan tentang kurikulum, khususnya kurikulum internasional.

**

Senang rasanya bertemu dan sharing bersama teman-teman yang antusias dan ingin tahu mengenai homeschooling untuk kepentingan anak-anaknya. Seminar ini juga menjadi ajang untuk kopdar alias bertemu teman-teman yang biasanya hanya dikenal di dunia maya lewat milis atau Facebook. Dengan bertemu secara fisik, ada sebuah ikatan hati dan energi yang membuat lem perekatnya semakin kental daripada sekedar berjumpa di dunia maya. Selain itu, pertemuan dengan praktisi homeschooling juga merupaka sarana yang penting untuk saling meneguhkan dalam pelaksanaan homeschooling.

O ya… dalam seminar homeschooling ini, para peserta mendapatkan satu paket yang berisi 8 (delapan) buku kecil (booklet) tentang homeschooling yang aku tulis. Judulnya: Pengantar Homeschooling, Homeschooling Anak Usia Dini, Homeschooling dan Masa Depan Anak, Model dan Metode Homeschooling, Kurikulum Homeschooling, Gaya Belajar, Homeschooling dan Internet, serta Evaluasi dalam Homeschooling.

Kami mohon maaf kalau bookletnya kurang sempurna. Proses pencetakannya yang baru selesai hari Kamis membuat kami harus begadang semalam suntuk untuk menyusun bookletnya, dan ternyata waktunya tidak mencukupi untuk finishing touch.

Tapi overall, hari ini aku bahagia sekali.  Senang bertemu dan berbagi dengan teman-teman yang antusias dan sangat perhatian dengan pendidikan. Mudah-mudahan bola kesadaran ini semakin menyebar dan membesar. Amin.

Terima kasih Tuhan atas segala kemudahan dan berkah yang Engkau berikan kepada kami hari ini. Semoga acara ini pun bisa menjadi berkah bagi teman-teman yang lain. Amin.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.