OASEmenit-kolase2

Open House OASEmenit: Proyek Kolaborasi Remaja Homeschooling

Sebagai sarana refleksi bersama sekaligus membuka pintu pembelajaran bagi publik, OASEmenit mengadakan kegiatan Open House sebagai kegiatan evaluasi, apresiasi untuk tim #OASEmenit, sekaligus pembukaan kru baru yang memenuhi syarat.

Sabtu, 22 September 2018, kegiatan Open House OASEmenit diselenggaran di ABCD School of Coffee, Menteng, Jakarta Pusat.

Apa itu OASEmenit

OASEmenit adalah sebuah proyek kegiatan kolaborasi para remaja homeschoolig yang biasa berkegiatan bersama di Klub Oase untuk membuat video satu menit untuk media sosial (Instagram & Facebook).

Para remaja ini belajar menggagas tema, membuat naskah, melakukan riset foto, melakukan wawancara, menjadi fotografer/videografer, serta mengedit video dan bekerja secara profesional dalam bimbingan mentor.

Proyek ini diinisiasi oleh salah satu orangtua homeschooling, yaitu Andi Muhyidin (kak Dio) yang sehari-hari berprofesi sebagai kepala divisi multimedia Liputan 6. Proyek ini dipimpin dan dikelola bersama oleh para mentor, yang juga orangtua homeschooling: Putri Anisa, Shanty Syahril, Mira Julia, dan Aar Sumardiono.

Tanpa terasa, proyek kolaborasi video #OASEmenit telah menghasilkan 100 video dalam jangka waktu 6 bulan. Ini semua…

Posted by Aar Sumardiono on Saturday, 22 September 2018

Dalam kegiatan OASEmenit, seluruh koordinasi, umpan balik, dan pelaksanaan pekerjaan dilakukan secara mandiri di tempat masing-masing dengan memanfaatkan grup Whatsapp dan Google Drive sebagai tools yang membantu pekerjaan.

Diinisiasi pada awal Mei 2018, dalam jangka waktu 6 bulan OASEmenit telah menghasilkan 100 video yang telah lolos kurasi para mentor. Video-video ini diproduksi oleh 16 anggota redaksi OASEmenit dengan tingkat produktivitas yang beragam.

Evaluasi dari Mentor

Ada 2 jenis evaluasi OASEmenit yang dilakukan pada saat open house, yaitu evaluasi dari mentor dan evaluasi dari profesional.

Evaluasi dari mentor dilakukan terhadap aspek produktivitas, kualitas hasil karya dan proses kerja. Aneka statistik kinerja diramu dan disajikan oleh kak Shanty Syahril sehingga adik-adik (dan orangtua) bisa belajar banyak dari proses yang sudah dijalani selama 3 bulan terakhir.

Terpilih 5 orang yang paling produktif selama 3 bulan atau biasa kami sebutkan dengan istilah TOP GLOBAL.

Sebagai pemuncak TOP GLOBAL adalah Alevko dengan 47 poin. Berturut-turut setelahnya adalah Kaysan, Aglaya, Yudhis, serta dua pemegang TOP GLOBAL dengan nilai sama yaitu, Ratri dan Vacha.

Selain apresiasi produktivitas, seluruh tim yang berhasil mencapai target 12 poin akan mendapatkan sertifikat pencapaian dan kesempatan kunjungan ke media, serta mendapatkan ID Card OASEmedia.

Selain itu, ada evaluasi dan apresiasi berdasarkan kualitas yang dilakukan langsung oleh kak Dio Andi Muhyiddin sebagai pemimpin produksi atau Ketua Dewan Redaksi.

Apresiasi kepada para redaksi OASEmenit diberikan kepada:

~ Best content original: Kaysan (“Kurangi Barang dengan Bazar”)

~ Best video editing Zaky Mubarak (“Cabor Baru Asian Games”)

~ Video posted by National Geographic Indonesia: Ratri (Savana Bekol, Jawa rasa Afrika)

 

~ Kru ter-progresif perkembangannya: Tata (video terakhirnya: Pluto)

Evaluasi dari Profesional

Supaya adik-adik redaksi OASEmenit makin bersemangat, kami juga mencari masukan dari para profesional yang bekerja di dunia kreatif dan media.

Untuk proses evaluasi dari profesional, kami merasa beruntung atas bantuan tim kreatif dari SIX DIMENSIONS, sebuah advertising agency nasional yang telah memperoleh banyak penghargaan. Kami merasa terhormat dan beruntung karena para profesional yang sibuk ini bersedia menonton 83 video #OASEmenit dan memberikan evaluasi.

Para profesional ini memilih video-video favorit mereka beserta alasannya dan kemudian mengerucutkan hingga akhirnya menjadi 2 video favorit. Yang terpilih sebagai video favorit dari profesional adalah:
~ Kurangi Barang dengan Bazar
~ Menjadi Orangtua Homeschooling Itu

Secara khusus, para profesional ini bahkan memberikan apresiasi, masukan dan penyemangat bagi adik-adik OASEmenit.

Rekrutmen Redaksi OASEmenit

Dalam Open House OASEmenit, ada acara pembukaan calon redaksi baru. Lowongan yang dibuka adalah pembuat naskah + riset foto dan editor video. Syaratnya berusia minimal 12 tahun. Untuk pembuat naskah, syaratnya sudah memiliki kemampuan menulis naskah dan bisa melakukan riset foto. Untuk editor video, memiliki alat kerja dan bisa mengolah video dengan standar OASEmenit.

Jadi, konsep OASEmenit memang bukan kursus atau diajari, tetapi belajar berkolaborasi. Oleh karenanya, anak-anak disyaratkan memiliki kapasitas minimum yang akan ditingkatkan melalui kolaborasi bersama teman lain dan masukan-masukan dari para mentor.

Selain itu, bukan hanya anak yang harus berkomitmen, tetapi juga orangtua. Para orangtua yang ingin anaknya menjadi redaksi OASEmenit diminta untuk menjadi reviewer pertama karya anaknya, baik naskah maupun video. Mereka tak boleh menitipkan anak untuk diajari sebagaimana kalau mereka mengirimkan anak ke kursus atau sekolah.

Kalau orangtua mau berkomitmen menemani proses anaknya, mari berkolaborasi bersama. Tapi kalau orangtua tak bersedia karena sibuk atau alasan lainnya, berarti pola kegiatannya memang tidak cocok dengan OASEmenit. Mungkin pola kegiatan di tempat lain bisa cocok.

Tulisan menarik lainnya

Share this post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Bagaimana Cara Belajar Anak Homeschooling?

Jangan membayangkan homeschooling hanya dengan mengundang guru privat. Proses belajar dalam homeschooling bisa sangat beragam dan kaya, tergantung pada kreativitas orangtua.

Jika orangtua ingin meningkatkan kualitas homeschooling yang dijalaninya, orangtua perlu meningkatkan kapasitas diri agar anak-anak tidak hanya belajar untuk lulus ujian, tidak hanya belajar berbasis mata pelajaran, tidak hanya belajar dengan mendengarkan ceramah dan latihan soal.

Serial webinar ini akan membahaskan tentang strategi pembelajaran berbasis dunia nyata dan keseharian. Strategi pembelajaran ini bukan hanya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri orangtua dan kapasitas keterampilan orangtua sebagai fasilitator dalam proses belajar anak.

Materi yang dibahaskan dalam webinar ini untuk anak beragam usia dari anak usia pra-sekolah hingga SMA.